POJOKSATU.id, SUMUT - Sumatera Utara (Sumut) merupakan provinsi dengan ibu kota di Kota Medan. Sumatera Utara merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia, setelah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa tengah.
Secara administrasi Sumut memiliki 8 kota dan 25 kabupaten. Dengan jumlah penduduk mencapai 15 juta jiwa.
Pada tahun 2023, Sumut memiliki Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp 2.710.493. Namun, besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) di Kabupaten/Kota Sumut pada tahun 2023 berbeda-beda. Tetapi 7 diantaranya mengikuti provinsi.
Berikut adalah daftar lengkap besaran Upah Minimum Kabupaten/Kota di Sumut pada tahun 2023.
1. Tertinggi ada Kota Medan dengan besaran UMK Rp 3.624.117 atau naik 7,52 persen dari UMK 2022
2. Kabupaten Batu Bara dengan besaran UMK adalah Rp 3.410.034,02, atau naik 6,85 persen dari UMK 2022
3. Kabupaten Deli Serdang dengan besaran UMK 2023 adalah Rp 3.400.015 atau naik 6,63 persen dari UMK 2022
4. Besaran UMK 2023 di Kabupaten Karo adalah Rp 3.274.725 atau naik 6,37 persen dari UMK 2022
5. Besaran UMK 2023 di Kota Sibolga adalah Rp 3.197.759 atau naik 6,35 persen dari UMK 2022
6. Besaran UMK 2023 di Kabupaten Labuhanbatu adalah Rp 3.116.458 atau naik 7,30 persen dari UMK 2022
7. Besaran UMK 2023 di Kabupaten Labuhanbatu Selatan adalah Rp 3.152.341 atau naik 7,29 persen dari UMK 2022
8. Besaran UMK 2023 di Kabupaten Tapanuli Tengah adalah Rp 3.019.194 atau naik 6,65 persen dari UMK 2022
9. Besaran UMK 2023 di Kabupaten Tapanuli Selatan adalah Rp 3.090.695 atau naik 6,46 persen dari UMK 2022
10. Besaran UMK 2023 di Kabupaten Labuhanbatu Utara adalah Rp 3.081.813 atau naik 7,32 persen dari UMK 2022
11. Besaran UMK 2023 di Kabupaten Asahan adalah Rp 3.024.300 atau naik 7,26 persen dari UMK 2022
12. Besaran UMK 2023 di Kabupaten Serdang Bedagai adalah Rp 3.070.171 atau naik 7,00 persen dari UMK 2022
13. Besaran UMK 2023 di Kota Tanjungbalai adalah Rp 3.022.759 atau naik 6,85 persen dari UMK 2022
14. Besaran UMK 2023 di Kabupaten Langkat adalah Rp 2.902.505 atau naik 7,06 persen dari UMK 2022
15. Besaran UMK 2023 di Kabupaten Padang Lawas adalah Rp 2.959.919 atau naik 7,29 persen dari UMK 2022
16. Besaran UMK 2023 di Kabupaten Padang Lawas Utara adalah Rp 2.959.919
17. Besaran UMK 2023 di Kota Padang Sidempuan adalah Rp 2.885.309, atau naik 6,59 persen dari UMK 2022
18.Besaran UMK 2023 di Kabupaten Mandailing Natal adalah Rp 2.874.312, atau naik 6,78 persen dari UMK 2022
19.Besaran UMK 2023 di Kabupaten Simalungun adalah Rp 2.800.790, atau naik 7,14 persen dari UMK 2022
20.Besaran UMK 2023 di Kabupaten Toba adalah Rp 2.882.740 atau naik 6,72 persen dari UMK 2022
21.Besaran UMK 2023 di Kabupaten Nias adalah Rp 2.723.199 atau naik 6,36 persen dari UMK 2022
22.Besaran UMK 2023 di Kabupaten Tapanuli Utara adalah Rp 2.739.641 atau naik 6,85 persen dari UMK 2022
23.Besaran UMK 2023 di Kabupaten Pakpak Bharat adalah Rp 2.716.161 atau naik 7,67 persen dari UMK 2022
24.Besaran UMK 2023 di Kota Tebingtinggi adalah Rp 2.731.150 atau naik 6,46 persen dari UMK 2022
25.Besaran UMK 2023 di Kota Binjai adalah Rp 2.803.941 atau naik 6,59 persen dari UMK 2022
26.Besaran UMK 2023 di Kota Gunungsitoli adalah Rp 2.776.496, atau naik 6,36 persen dari UMK 2022
27.Besaran UMK 2023 di Kabupaten Nias Selatan adalah Rp 2.710.493 atau setara UMP Sumut 2023
28.Besaran UMK 2023 di Kabupaten Humbang Hasundutan adalah Rp 2.710.493 atau setara UMP Sumut 2023
29.Besaran UMK 2023 di Kabupaten Samosir adalah Rp 2.710.493 atau setara UMP Sumut 2023
30.Besaran UMK 2023 di Kabupaten Nias Utara adalah Rp 2.710.493 atau setara UMP Sumut 2023
31.Besaran UMK 2023 di Kabupaten Nias Barat adalah Rp 2.710.493 atau setara UMP Sumut 2023
32.Besaran UMK 2023 di Kota Pematangsiantar adalah Rp 2.710.493 atau setara UMP Sumut 2023 (TIK/pojoksatu)




