Wajib Coba, 5 Kuliner Legendaris di Kota Semarang

Semarang dan kuliner ini adalah dua hal yang selalu melekat dan tidak bisa dipisahkan. Kota Semarang ini memiliki warisan kuliner beragam, sampai mendapatkan sebuah pengakuan dari Kementrian Pariwisata di tahun 2015, bahwa venesia-nya Jawa ini adalah salah satu destinasi kuliner terbaik di Indonesia.


Banyak orang lebih mengenal Semarang sebagai Kota Lumpia, padahal ada banyak kuliner lainnya yang ada di Semarang selain lumpia. Bisa dibilang ada puluhan sampai ratusan tempat wisata kuliner di Semarang yang siap untuk memanjakan lidah para pemburu kuliner.

Yang menariknya, beberapa kuliner yang ada di Kota ini memang berasal dari akulturasi budaya yang berbeda. Maklum, pengaruh Belanda dan juga Tiongkok cukup kuat di Kota ini.

Anda penasaran kuliner apa saja yang ada di Semarang yang wajib Anda coba ? Dibawah ini ada beberapa kuliner legendaris yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke kota ini.


1. Mie Siang Kie

Bagi Anda yang sangat menyukai mie, maka kuliner yang cukup legendaris ada di Kota Semarang yang wajib Anda coba adalah Mie Siang Kie yang berada di Gang Lombok. Kedai yang menjajakan kuliner ini buka sejak 80 tahun lalu ini sampai sekarang masih memiliki banyak peminat setia.

Di kedai Mie Siang Kie Anda bisa mencoba beragam jenis mie dan yang menjadi andalan dari kedai ini adalah Mie Godog atau dikenal juga dengan nama mie rebus. Dalam satu porsi Mie Godog ini ada potongan telur dadar, kekian dan bahan – bahan tersebut disajikan dengan kuah kaldu yang khas dan juga gurih.

2. Ayam Goreng Khas Pakne Heksa

Menu ayam goreng saat ini memang sudah termasuk makanan populer di Indonesia. Jika ada rencana untuk liburan ke Semarang, maka wajib mencoba ayam goreng khas pakne heksa. Ayam goreng ini memiliki rasa gurih, ditambah bumbu rempahnya begitu meresap sampai ke bagian dalam dagingnya dan tekstur daging ayamnya sangat lembut.

Pengunjung bisa menikmati ayam goreng khas pakne heksa ini dengan sambal cobek. Pengunjung juga bisa memesan secara khusus untuk jumlah cabai yang digunakan di sambal cobeknya. Jadi yang tidak suka pedas bisa langsung memesan cabai yang sedikit saja.

Penasaran ? Yuk segera meluncur ke Semarang dan untuk ke Semarang lebih enak naik pesawat dari Jakarta ke semarang dan pesan tiket pesawat di traveloka. Setelah sampai semarang, Anda bisa ke Jalan Ki Mangunsarkoro No. 15 disana Anda akan menemukan kedai ini.

3. Gulai Kambing Bustaman

Ternyata kuliner legendaris di Semarang tidak hanya seputar mie, Anda juga bisa menemukan gulai legendaris disana. Nama gulai tersebut adalah Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar yang sudah memanjakan lidah penikmat gulai sejak tahun 1969. Warungnya ini terletak di kawasan Kota Lama. Untuk menuju kesana Anda bisa berjalan ke bagian belakang Gereja Blenduk untuk menemukan warung yang menjual gulai ini.

Gulai ini memiliki ciri khas tersendiri dan salah satunya ada pada bagian kuahnya yang encer tapi masih tetap gurih. Anda yang sangat menyukai kambing pasti akan dipuaskan dengan hidangan ini, tidak hanya daging, Anda juga bisa menemukan potongan jeroan di kuah gulainya ini. 

Satu porsi gulai ini cukup besar sehingga bisa disantap oleh dua orang. Gulai ini akan menjadi lebih nikmat dan segar dengan menambahkan perasan jeruk nipis dan juga potongan bawang merah mentah sehingga rasanya mantap di lidah.

4. Bakmi Jawa Pak Ateng

Salah satu bakmi terenak yang ada di Kota Semarang adalah Bakmi Jawa Pak Ateng. Jika membeli bakmi disini harus ekstra sabar dikarenakan setiap harinya selalu padat dengan pengunjung. Anda harus sabar antre jika ingin makan bakmi ini. Hal itu karena bakmi ini termasuk kuliner legendaris yang ada di Semarang.

Konsistensi rasa dari tahun ke tahunnya telah berhasil dijaga keasliannya sampai sekarang. Bakmi Jawa Pak Ateng ini memiliki rasa yang khas, rasa tersebut berasal dari kuah kaldu ayam kampung dan juga proses memasaknya menggunakan kompor tradisional atau disebut dengan anglo. Satu porsi bakmi dilengkapi dengan suwiran daging ayam kampung, sayuran dan juga telur.

5. Babat Gongso Pak Karmin

Jika Anda pernah makan babat biasanya memiliki bau dan juga amis jika proses memasaknya asal dan tidak teliti. Tapi, hal tersebut tidak akan ditemukan di Babat Gongso Pak Karmin ini yang merupakan salah satu kuliner legendaris di Kota Semarang. 

Kedai Babat gongso ini sudah berdiri sejak tahun 1971 dan sampai sekarang tetap ramai dan tidak pernah gagal memanjakan pemburu kuliner nusantara.

Kedai yang dimiliki Pak Karmin ini bisa dibilang sederhana. Namun, pengunjung tetap meramaikan kedai sederhana ini. Lokasi kedai ini berada di Jln Pemuda yang tidak jauh dari Jembatan Berok.

Itulah tadi pilihan kuliner legendaris yang wajib Anda coba di Kota Semarang. Alokasikan waktu Anda di Semarang untuk mencicipi makanan di atas agar liburan terasa lebih sempurna. 

Meski kota ini bisa dicapai dengan semua moda transportasi, ke Semarang naik pesawat masih jadi pilihan populer. Anda bisa beli tiket pesawat ke Semarang dengan mudah melalui Traveloka lho! Ada banyak promo menarik yang bisa menghemat biaya liburan Anda. Pastikan tetap patuhi protokol kesehatan dimanapun Anda berada ya!