AP-2 Janjikan Insentif Maskapai Nge-RON ke Luar Bandara Soekarno Hatta

Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta
Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta/net

Tebakan Menteri Arief Yahya benar. Masih ada lagi, kata Awaluddin, manajemen juga mendapatkan insentif lain dari pesawat-pesawat yang datang di malam hari dan biaya pelayanan bandara (PSC).
“Pastinya kami tidak mengalami kehilangan pendapatan, walau kelihatannya ada yang hilang, tapi kan kami dapat PSC dari penumpang,” kata Awaludin.

Pesawat yang disarankan untuk melakukan RON di luar bandara Soekarno-Hatta ialah pesawat-pesawat kecil, yang jumlahnya sekitar 20 sampai 30 unit.
“Kalau ini dilakukan, selain menguntungkan pihak maskapai, karena bebas dari biaya parkir dan landing pesawat, juga akan sangat mengurangi beban bandara Soekarno-Hatta dari kepadatan,” jelasnya.

Di Bandara Soekarno-Hatta, slot penerbangan pada malam hari cukup longgar, terutama untuk penerbangan mulai pukul 22:00 sampai pukul 03:00 WIB.
“Slot penerbangan di malam hari memang banyak kosong tapi ketika landing, pesawat kesulitan masuk apron area. karena sudah sangat padat oleh pesawat yang nge-RON. Makanya kami dorong pesawat-pesawat itu untuk nge-RON di luar Soekarno-Hatta,” jelasnya.

Data Bandara di bawah PT Angkasa Pura 2 di wilayah barat Indonesia :


* Bandara Internasional Soekarno-Hatta
* Bandara Halim Perdanakusuma
* Bandara Husein Sastranegara
* Bandara Internasional Kuala Namu menggantikan Bandara Internasional Polonia
* Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II
* Bandara Sultan Syarif Kasim II
* Bandara Minangkabau
* Bandara Supadio
* Bandara Raja Haji Fisabilillah
* Bandara Sultan Thaha
* Bandara Radin Inten II
* Bandara Sultan Iskandar Muda
* Bandara Silangit

(Iya/pojoksatu)