Di Cina, Tragedi AirAsia QZ8501 Ramai Disebut Target Konspirasi

RedditAirAsia
Postingan salah seorang bloger China tentang ancaman bahaya terbang dengan maskapai AirAsia pada 13 hari sebelum kejadian.

 

POJOKSATU- Di Cina, tragedi AirAsia QZ8501 ramai menjadi pergunjingan sebagai upaya konspirasi menghancurkan maskapai Malaysia. Ada sebuah peringatan oleh seseorang di forum blog China yang kini ramai dibicarakan di situs Reddit. Situs ini belakangan sempat di-hack.

Tepat 13 hari menjelang kejadian menimpa AirAsia QZ 8501, pemilik akun di dunia maya itu memberi peringatan agar tidak menggunakan pesawat AirAsia. Ini terkait dengan teori konspirasi yang sebelumnya juga ramai dibicarakan.

Peringatan yang diberikan seseorang dengan akun LandLord di forum bbs.tianya.cn itu diceritakan kembali oleh seorang pengguna Reddit bernama lolrus_bukkit. Disebutkan, peringatan sang pengguna forum di China itu jelas isinya, yaitu pihak yang telah menjatuhkan MH370 juga sedang mengincar Airline Malaysia lainnya. Tujuannya untuk menghancurkan industri penerbangan Malaysia atau semacamnya.


Postingan original di forum China itu, melansir dari DailyMail tertanggal 15 Desember 2014 dan mengundang banyak komentar. Bahkan, ada yang menyebut bahwa LandLord itu gila. Lantaran LandLord sempat melakukan peringatan terus menerus dan berhenti beberapa hari hingga tak ada postingan apa pun, sampai akhirnya terjadi musibah menimpa pesawat AirAsia QZ8501.

Posting asli berbahasa China, kemudian ditranslate oleh salah satu pengguna Reddit itu, dan terjemahan ke dalam setidaknya seperti berikut ini;

Teori Konspirasi
Black hand, sebuah organisasi bayangan yang melakukan pekerjaan di balik layar menembak jatuh MH370 dan MH17. Kejadian ini cukup melumpuhkan maskapai penerbangan besar ke-6 dunia, Malaysia Airline. Sekarang, Black Hand sedang menargetkan AirAsia, yang juga milik Malaysia. Saya sarankan agar semua orang Tiongkok menghindari perjalanan dengan AirAsia, sehingga anda tidak menghilang seperti yang terjadi pada MH370.

Sampaikan pesan ini kepada teman-teman Anda untuk menghindari Malaysia Airline dan AirAsia.

Seseorang kemudian bertanya; “Bagaimana kau tahu ini?”. Anggota forum lain juga ada yang menertawakan peringatan tersebut.

LandLord (user forum tersebut) kembali memposting peringatan terhadap mereka yang seolah tak menghiraukan.

“Anda semua warga sipil, bisa menghindari. Semua orang yang melihat posting ini bisa menyelamatkan diri. Setelah semuanya reda, akan aman melakukan perjalanan ke Malaysia. Jangan menjadi korban, menghindarlah.”

Setelah banyak olok-olok, LandLord kembali mengulangi peringatannya.

“Ini adalah pesan untuk menyelamatkan jiwa. Jangan abaikan ini. Setelah terjadi, Anda akan menemukan peringatan ini sudah terlambat.”

Lagi, Landlord mengulangi peringatannya.

“Jangan menjadi korban, pergilah bersembunyi dan hindari Malaysia Airline dan AirAsia dengan kehidupan yang berharga, dan kemana Anda adalah yang terpenting.

Postingan itu mengundang perhatian netizen hingga dilihat 650.000. Ketika banyak mengolok-olok, LandLord hanya membalas dengan nada seolah menghasut “Curigalah terhadap…”.

Di tengah banyak yang tidak percaya, ada juga anggota forum yang mempercayai dan memilih menghindari maskapai tersebut.
Setelah tanggal 17 Desember, LandLord tidak memunculkan postingan lagi.

Dalam sebuah komentar, ada pengunjung yang mengatakan bahwa kata “LandLord” adalah sebuah kesalahan penerjemahan yang dalam arti sebenarnya adalah “OP”.

Sang pembuat diskusi, lolrus_bukkit kemudian juga menyebut ada informasi dari berbagai situs China, bahwa orang yang memberi peringatan tersebut adalah seorang intelejen China, atau seorang hacker yang berhasil mendapatkan informasi sensitive dan berusaha menyelamatkan orang-orang.

Apakah spekulasi benar atau tidak, faktanya musibah AirAsia QZ 8501 belum diketahui pasti penyebabnya. Semua turut berduka, dan berharap agar nasibnya tak menyusul MH370 yang masih tetap berkabut. (ps/dailymail)