8 Inspirasi Warna Cat Pintu Rumah Kekinian, Terlihat Unik dan Menarik

Ilustrasi warna cat pintu. (Ist)

POJOKSATU.id – Pintu merupakan salah satu elemen arsitektur yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah bangunan, warnanya pun sangat berpengaruh terhadap tampilan rumah.


Namun meski begitu, masih banyak orang yang menilai bahwa fungsi pintu hanya untuk privasi dan keamanan saja, jadi tak jarang pemilik rumah menganggap sepele warna cat pintu.

Warna cat yang sering digunakan untuk pintu depan rumah pun hanya warna-warna netral, seperti cokelat atau putih. Yang padahal, masih banyak inspirasi warna lain yang bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan mengulas beberapa inspirasi warna cat pintu kekinian yang akan membuat tampilan rumah jadi unik dan menarik. Penasaran? Mari simak ulasannya.


Baca Juga : 6 Inspirasi Model Pintu Kamar Tidur yang Cocok untuk Semua Model Rumah

1. Cat Pintu Rumah Warna Very Peri

Warna very peri merupakan paduan dari periwinkle blue dengan sentuhan undertoned violet red  yang menjadi kombinasi dari dua energi, yakni ketenangan dan keceriaan.

Pemberian cat warna very peri pada pintu dapat memberi kesan modern. Meski warna ini masih terdengar asing di telinga, namun secara kasat mata warna ini mirip dengan warna lavender.

2. Cat Pintu Rumah Warna Hijau Mint

Jika Anda telah memiliki dinding eksterior berwarna khas, khususnya hijau. Anda bisa memberikan warna hijau mint pada pintu agar senada atau sering disebut dengan tehnik tone on tone, di mana warna pintu dan dinding mempunyai warna yang senada.

Agar lebih tampak menyatu, Anda dapat memilih cat warna hitam atau putih untuk kusen pintunya.

Baca Juga : 13 Warna Cat Ini Bisa Bikin Ruang Tamu Jadi Terasa Sejuk dan Lebih luas

3. Cat Pintu Rumah Warna Kuning

Tak banyak orang yang berani memilih warna kuning untuk cat pintu. Padahal, sejatinya warna kuning merupakan warna yang paling cepat membawa efek cerah pada eksterior rumah.

Pintu warna kuning ini sangat cocok dipadukan dengan warna dinding putih. Jika terlalu mencolok, Anda bisa mengkontraskannya dengan warna gelap seperti abu-abu.

4. Cat Pintu Rumah Warna Oranye

Cat pintu dengan warna oranye mampu menghadirkan energi positif dan kehangatan bagi rumah Anda.

Dengan warnanya yang menonjol pun akan membuat mata setiap orang yang melihat langsung tertuju kepadanya.

Anda bisa memadukan warna ini dengan dinding berwarna netral seperti pitih atau abu-abu agar lebih kalem.

Baca Juga : 4 Warna Cat Rumah Penuh Hoki Menurut Feng Shui, Hidup Harmonis dan Sehat

5. Cat Pintu Rumah Warna Misty Blues

Pemilihan warna misty blues atau biru pucat tak kalah menarik jika diimplementasikan sebagai warna cat pintu. Tambahkan juga pot bunga disamping pintu.

Warna yang cocok untuk rumah bergaya vintage, american classic, atau minimalis ini pun dapat memberikan rasa tenang dan kesan damai ketika kita hendak memasuki rumah.

6. Cat Pintu Rumah Warna Pink Pastel

Warna pink pastel memang identik dengan kesan girly, namun nyatanya tidak selalu begitu. Pemilihan warna pink pastel untuk pintu rumah malah akan memberikan kesan klasik dan suasana tenang.

Anda hanya perlu memadukan warna tersebut dengan cat dinding berwarna putih atau biege. Jika ingin menimbulkam kesan maskulin, Anda cukup memberi ornamen dari bahan metal.

7. Cat Pintu Rumah Warna Sage Green

Warna sage green atau turunan hijau yang kalem pada pintu ini dapat memberikan nuansa sejuk dan tenang bagi rumah Anda.

Warna ini sering digunakan sebagai cat pintu pada zaman kolonial. Oleh karena itu, warna sage green ini sangat cocok untuk rumah bergaya vintage.

Cukup memadukannya dengan dinding berwarna putih atau dinding bata exposed, Anda pun akan mendapatkan kesan jadul yang nyaman.

8. Cat Pintu Rumah Warna Magenta

Jika mengacu pada Feng Shui, cat pintu rumah berwarna magenta yang memiliki kesan semangat ini sangat cocok diterapkan pada pintu yang menghadap ke arah Selatan, karena mewakili elemen api.

Selain itu, jika Anda memadukan warna ini dengan dinding putih, maka rumah Anda pun akan terkesan, artistik juga elegan. (*/pojoksatu)