Pakai Flip, Bayar Tagihan Listrik Jadi Lebih Murah? Buktikan Sendiri!

Sumber foto: Unsplash.com.

POJOKSATU.id – Listrik menjadi salah satu kebutuhan pokok yang pasti dibutuhkan semua orang. Hal ini dikarenakan hampir semua alat untuk kebutuhan sehari-hari membutuhkan daya listrik untuk tetap bekerja.


Maka dari itu, setiap rumah pastinya akan membayar tagihan listrik setiap bulannya. Sekarang ini banyak sekali penyedia layanan untuk bayar tagihan listrik.

Masing-masing dari mereka menawarkan fitur yang berbeda-beda, namun ada satu hal yang mirip, yakni penyedia layanan bayar tagihan listrik memberlakukan biaya admin.

Sebagai konsumen yang cerdas, tentunya Anda akan mencari layanan dengan biaya admin paling terjangkau bukan? Flip adalah jawabannya.


Flip merupakan aplikasi fintech karya anak bangsa yang didirikan seak 2015. Tak lama setelah berdiri, pada 2016, Flip resmi mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia.

Layanan pertamanya adalah transfer antarbank di Indonesia tanpa biaya transfer alias gratis. Seiring berjalannya waktu, Flip melebarkan sayap dengan membuka layanan produk-produk digital.

Salah satu produknya adalah pembayaran tagihan listrik. Salah satu jaminan yang diberikan Flip adalah harga pasti lebih murah dari tempat bayar tagihan listrik lainnya.

Saat redaksi mencoba membuktikan, per 10 November 2022, klaim Flip ini bisa dibilang benar adanya. Harga token listrik di aplikasi Flip hanya selisih Rp500 dari nominal token yang didapatkan pembeli.

Misal Anda membeli token listrik senilai 1 juta rupiah, maka Anda hanya perlu membayar sebesar Rp1.000.500.

Kemudian saat mencoba bayar tagihan listrik pascabayar, Anda hanya akan dibebani biaya admin sebesar Rp1500. Nominal yang sangat murah.

Cara Bayar Tagihan Listrik Menggunakan Flip

Selain lebih murah, proses membayar tagihan listrik menggunakan Flip juga bisa dibilang sangat mudah. Tentunya pertama-tama Anda harus menginstal Flip di ponsel Anda.

Aplikasi Flip bisa diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. Setelah itu lakukan proses pendaftaran hingga akun bisa digunakan.

Saat akan membeli token listrik, cukup cari menu Listrik. Setelah itu tampilan aplikasi akan secara otomatis memunculkan pilihan nominal token yang tersedia.

Terlebih dahulu Anda perlu mengisikan nomor meter atau ID pelanggan PLN. Setelah itu cek validitas nomor meter. Setelah nomor meter valid, pilih nominal sesuai kebutuhan.

Selain token, Flip juga melayani pembayaran tagihan listrik pascabayar. Cara pembayarannya tak jauh berbeda dengan membeli token.

Fitur tagihan listrik ini berada di samping fitur token listrik. Anda tinggal mengubah side bar di aplikasi lalu langsung muncul kolom nomor meter untuk mengecek nominal tagihan.

Setelah diisi dan dicek jumlah tagihan, Anda bisa langsung membayarnya.

Pilihan pembayaran baik untuk token listrik dan tagihan listrik secara umum sama. Anda bisa menggunakan virtual account atau transfer dari rekening Anda. Semuanya dijamin gratis biaya transfer.

Produk Digital Flip

Selain menyediakan layanan pembayaran listrik, Flip juga menyediakan produk digital lain seperti pulsa elektrik dan paket data.

Tak kalah istimewa dengan pembayaran listrik yang murah, isi pulsa dan paket data di Flip mendapatkan harga agen sehingga lebih murah.

Fitur ini memudahkan anda yang ingin memulai usaha jual pulsa dan paket data. Anda masih bisa mendapatkan laba yang rasional apabila menjual pulsa dan paket data melalui aplikasi Flip.

Setelah mengetahui berbagai layanan yang disediakan Flip, Anda tak perlu ragu lagi dalam menggunakan aplikasi ini.

Selain lisensi dan pengawasan dari Bank Indonesia, pada tahun 2022 Flip juga mendapatkan penghargaan sebagai juara pertama LinkedIn Top Startup 2022.

Hal ini tentunya menjadi sebuah bukti tambahan bahwa Flip layak diperhitungkan di dunia digital. (kik/pojoksatu)