4 Langkah Mudah Membersihkan Filter Air Purifier yang Dipenuhi Debu

Sumber : ruparupa.com

POJOKSATU.id – Tinggal di kota besar pasti kita akan berhadapan dengan tingkat polusi udara yang cukup tinggi. Namun, bukan berarti kita tidak bisa menghirup udara segar.


Kita tetap dapat menjaga kesehatan tubuh dengan memasang air purifier atau alat penjernih udara di rumah.

Hal yang paling penting adalah pilih air purifier yang dilengkapi dengan filter HEPA atau High Efficiency Particulate Air.

Soalnya, filter ini memiliki efektivitas untuk menyaring debu dan kotoran hingga 99,99% sampai yang ukurannya 0,3 mikron.


Tentunya, kita harus rutin membersihkan filter tersebut untuk menikmati udara segar. Tenang, berikut beberapa langkah yang bisa kamu terapkan saat membersihkan filter air purifier.

1. Buka Filternya

Pertama-tama, kamu perlu memastikan bahwa mesinnya sudah mati dengan mencabut colokan listrik. Setelah itu, buka dan lepas bagian filternya dari mesin air purifier.

Namun, kamu perlu melakukan langkah ini di luar rumah karena filternya pasti dipenuhi debu dan kotoran yang menempel. Jika dilakukan di dalam rumah, debunya bisa berjatuhan ke atas lantai.

2. Bersihkan Kotoran dari Filter

Tahap berikutnya adalah membersihkan kotoran yang menempel di filter menggunakan kuas atau sikat lembut. Pastikan kamu membersihkan semua bagian filter sampai tidak ada debu yang tersisa.

Hindari memakai sikat yang bahannya keras atau kasar karena bisa merusak bagian tertentu pada filternya.

3. Bilas Filter Sampai Bersih

Saat mencuci filter air purifier, kamu hanya perlu membilas di bawah air bersih yang mengalir.

Awalnya, air yang mengalir akan berwarna kecoklatan karena sisa-sisa debu yang menempel di filter. Namun, bilaslah selama beberapa saat hingga airnya jadi bersih.

4. Pasang Kembali Setelh Kering

Setelah dicuci, kamu bisa langsung menjemur filter dan tunggu sampai kering. Hindari penggunaan filter yang masih basah atau lembab karena dapat mengganggu fungsi air purifier.

Kalau sudah kering, kamu bisa memasang semua komponennya kembali dan air purifier pun siap untuk digunakan.

Jika menerapkan keempat langkah di atas, air purifier di rumah akan selalu bekerja secara maksimal.

Nah, kamu bisa mendapatkan air purifier dengan mengunjungi situs ACE Hardware Online atau toko offline ACE Hardware terdekat.

Di sini, kamu juga bisa menemukan berbagai perlengkapan rumah tangga, mulai dari alat kebersihan hingga alat perkakas.

Selamat Belanja!