6 Langkah Tepat Merawat Kulit Wajah, Pasti Glowing !

(Ist)

POJOKSATU.id – Setiap orang punya jenis kulit berbeda. Misalnya, kulit kering, berminyak, berjerawat, kombinasi, atau kulit sensitif. Tentunya, perawatan yang dilakukan juga berbeda sesuai dengan jenis kulitnya.


Meski begitu, merawat kulit wajah sebenarnya tidak harus dengan pergi ke klinik kecantikan dan menghabiskan banyak biaya, lho.

Sebab, melakukan perawatan muka bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah. Melakukan perawatan kulit wajah dengan tepat dapat membantu mengurangi timbulnya berbagai masalah kulit.

Misalnya kulit kusam, noda jerawat, flek hitam, keriput, dan garis halus yang pastinya akan mengurangi rasa percaya diri.


Langkah Tepat Merawat Kulit Wajah

Tahukah kamu kalau tampilan kulit wajah dapat mencerminkan kondisi kesehatan tubuh? Inilah mengapa, menjaga kesehatan kulit wajah jadi hal yang sama pentingnya seperti kamu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Tidak sulit, kok, berikut langkah merawat kulit wajah sendiri yang dapat kamu lakukan :

1. Membersihkan wajah dengan cara yang tepat

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan cerah adalah membersihkan wajah secara rutin. Mulai dengan membasuh wajah menggunakan air hangat untuk membantu membuka pori-pori kulit dan mengangkat sel kulit mati serta kotoran yang menempel pada wajah.

Lakukan pijatan ringan, secara perlahan, dan lembut padai wajah dengan gerakan memutar sehingga wajah terasa relaks.

Berikutnya, bilas kembali wajah dengan air hangat dan keringkan dengan cara menepuk menggunakan handuk bersih khusus wajah secara perlahan.

2. Konsisten membersihkan wajah

Langkah selanjutnya yang tidak boleh kamu lupa adalah secara teratur dan konsisten membersihkan wajah.

Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari, pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur agar wajah tetap bersih dan segar. Terutama kalau kamu menggunakan produk kecantikan.

Dengan membersihkan wajah secara rutin, kotoran, debu, sisa kosmetik, debu, dan polusi yang menempel selama beraktivitas hilang dari wajah.

Selain itu, kamu juga perlu membersihkan wajah segera setelah berolahraga untuk membantu membersihkan keringat dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori kulit pada wajah dan memicu terjadinya peradangan kulit.

3. Gunakan sabun pembersih muka secara teratur

Supaya wajah bersih optimal, kamu bisa membersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Contohnya, jika kamu memiliki kulit kering atau sensitif, ada baiknya memilih produk sabun muka yang tidak mengandung alkohol dan parfum.

Sementara itu, untuk wajah yang cenderung berminyak, disarankan menggunakan produk pembersih wajah yang berbahan dasar lembut serta mampu melembabkan kulit wajah, misalnya sabun pembersih yang mengandung gliserin. Sebab, kulit berminyak lebih rentan mengalami komedo dan jerawat.

4. Gunakan pelembab

Menggunakan pelembab juga salah satu hal penting dalam merawat wajah. Tujuannya tentu saja untuk menjaga kulit tetap lembab.

Gunakan pelembab setelah kamu memakai serum dan sebelum memakai tabir surya pada pagi hari dan malam hari tanpa diikuti dengan pemakaian tabir surya.

Pemilihan pelembab juga tergantung dengan jenis dan kondisi kulit wajah. Sebaiknya, pilih produk pelembab yang memiliki fungsi untuk mengembalikan dan menjaga keseimbangan pH kulit, mengurangi efek radikal bebas, dan memperbaiki jaringan serta sel kulit mati.

5. Gunakan tabir surya

Penggunaan krim tabir surya berguna untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari langsung yang berdampak pada perubahan warna kulit, munculnya bintik hitam, hingga meningkatkan risiko kanker kulit. Pilih tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30.

Gunakan produk setiap hari pada pagi sampai sore hari meski cuaca sedang tidak panas. Penggunaan tabir surya juga sebaiknya digunakan berulang setiap dua jam sekali atau lebih sering ketika sedang beraktifitas di luar ruangan.

6. Menjaga pola hidup sehat

Merawat kulit wajah yang baik tidak hanya dari luar, tetapi juga dari dalam tubuh. Caranya dengan menjaga pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang serta membatasi mengonsumsi makanan tinggi lemak.

Jangan lupa, penuhi juga kebutuhan cairan tubuh, rutin olahraga, istirahat yang cukup, tidak merokok dan minuman yang mengandung alkohol, serta mengelola stres.

Beli Produk Perawatan Muka dan Kuku Palsu di Shopee

Itu tadi langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan mengurangi munculnya tanda penuaan.

Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Kamu bisa mencari berbagai produk untuk perawatan muka dan kecantikan lainnya di Shopee.

Beli Produk Kecantikan Lainnya di Shopee

Selain itu, kamu pun dapat mencari berbagai aksesori kecantikan lain, misalnya kuku palsu untuk mempercantik penampilan di Shopee.

Ada banyak promo dan penawaran menarik yang bisa kamu dapatkan, salah satunya gratis ongkir. Belanja barang apa saja, percayakan saja di Shopee! (adv/pojoksatu)