Tips agar Hobi Jajan dan Wisata Kuliner Tak Bikin Pengeluaran Makin Boros

POJOKSATU.id – Kemunculan berbagai brand kuliner baru memang selalu menarik bagi sebagian besar orang. Setiap hari selalu ada saja produk kuliner kekinian yang menggugah untuk dicoba.


Kalau Anda termasuk orang yang hobi jajan dan wisata kuliner, tentu saja Anda tak akan melewatkan kesempatan mencicipi produk kuliner baru yang sedang menjadi tren.

Hobi jajan dan wisata kuliner memang menyenangkan sekaligus membuat wawasan Anda seputar dunia kuliner makin bertambah.

Namun, jangan sampai hobi tersebut membuat Anda kalap sehingga pengeluaran jadi makin boros.


Sebaiknya Anda melakukan beberapa tips berikut ini agar tetap hemat meski hobi jajan dan wisata kuliner:

1. Memanfaatkan Traveloka Eats dan Traveloka PayLater

Mencari aneka jajanan terbaru rasanya belum lengkap jika Anda tidak mengandalkan Traveloka Eats. Fitur Traveloka yang satu ini membantu Anda memesan makanan dan minuman secara online sehingga sangat praktis.

Ada banyak rekomendasi restoran, kafe, maupun pusat kuliner lainnya yang difasilitasi Traveloka Eats. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai promo menarik dari Traveloka Eats supaya bisa membeli makanan dan minuman dengan harga lebih terjangkau.

Kini, Anda tak perlu khawatir soal urusan pembayaran Traveloka Eats sebab Anda bisa mengandalkan Traveloka PayLater.

Proses pendaftaran Traveloka PayLater sangat praktis dan bunga cicilannya relatif ringan sehingga tak akan mengganggu kondisi finansial Anda.

Bagi Anda yang belum tahu, Traveloka PayLater merupakan salah satu metode pembayaran, yang memungkinkan penggunanya untuk membeli suatu produk sekarang, tapi bayar kemudian.

Ini merupakan sebuah inovasi yang dibiayai oleh perusahaan pembiayaan bernama PT Caturnusa Sejahtera Finance (PT CSF). Tidak perlu khawatir buat Anda yang mau menggunakan Traveloka PayLater, karena PT CSF sudah berlisensi dan berada di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan.

Sudah pasti aman dan nyaman untuk penggunaan inovasi Traveloka PayLater!

Jika ingin memiliki akun Traveloka PayLater, Anda hanya perlu memenuhi 2 syarat, yaitu memiliki KTP dan berusia antara 21 hingga 70 tahun.

Kini, kemudahan yang disiapkan Traveloka PayLater pasti membuat Anda leluasa menikmati hobi tanpa menguras isi kantong.

2. Menyiapkan Bujet Khusus untuk Hobi

Sama seperti hobi lainnya, hobi jajan dan wisata kuliner sebaiknya juga disertai bujet khusus. Anda bisa menyisihkan bujet dengan jumlah tertentu setiap bulan untuk mendukung hobi yang satu ini.

Ketersediaan bujet khusus membantu Anda menata kondisi finansial secara cermat supaya uang Anda tak mudah habis hanya karena hobi.

Selanjutnya, Anda harus mengupayakan agar bujet tersebut cukup hingga akhir bulan. Jangan mudah tergoda mengeluarkan uang tambahan demi memuaskan hobi jajan dan wisata kuliner.

3. Memesan Makanan dengan Sistem Sharing

Upaya penghematan saat jajan atau berwisata kuliner juga dapat diwujudkan dengan memesan makanan secara sharing.

Anda bisa mengajak keluarga, sahabat, atau rekan kerja untuk jajan atau wisata kuliner bersama.

Kemudian, pilihlah menu yang diinginkan dalam porsi besar supaya bisa dinikmati bersama. Nantinya, Anda tak akan terbebani saat membayar karena pembayaran dilakukan secara kolektif.

Tak hanya mendukung upaya penghematan Anda, momen jajan dan wisata kuliner bersama orang-orang terdekat pasti terasa lebih mengasyikkan.

4. Mencicipi Aneka Kuliner Kaki Lima

Kuliner kaki lima memiliki cita rasa yang tak kalah dibandingkan kuliner mahal di kafe atau restoran. Jadi, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk mencicipi aneka kuliner kaki lima favorit di sekitar tempat tinggal Anda atau daerah lainnya.

Jangan lupa mencermati beberapa hal penting berikut ini ketika hendak berwisata kuliner di kawasan kaki lima :

  • ‌Pastikan bahwa destinasi kuliner kaki lima tujuan Anda menjual makanan dengan harga bersahabat.
  • Prioritaskan kebersihan lokasi kuliner agar kesehatan Anda tetap terjaga.‌
  • Luangkan waktu untuk mencari ulasan tentang destinasi kuliner tersebut sebelum mengunjunginya. Semakin banyak ulasan positif yang diterima, maka semakin berkualitas pula tempat wisata kuliner kaki lima yang ingin Anda kunjungi.

5. Mencari Promo di Media Sosial

Cara efektif lainnya yang bisa Anda lakukan untuk berhemat saat jajan atau wisata kuliner adalah mencari promo di media sosial.

Saat ini, mayoritas bisnis kuliner memiliki akun media sosial untuk menampilkan promo dan informasi menarik seputar bisnisnya.

Jadi, jangan ragu untuk mengakses media sosial secara rutin jika ingin mencari promo menarik sebelum jajan atau berwisata kuliner.

Bukan mustahil bila Anda mendapatkan diskon besar atau penawaran istimewa lainnya bila jeli berburu promo di media sosial.

6. Mendatangi Destinasi Kuliner Baru

Berwisata kuliner tak selalu identik dengan tempat-tempat legendaris yang ramai pengunjung. Anda bisa mendapatkan sensasi berbeda dengan mengunjungi destinasi kuliner baru.

Selain suasana yang nyaman karena tidak terlalu ramai, biasanya tempat wisata kuliner yang baru buka juga menyiapkan berbagai promo dan diskon menarik bagi para pelanggannya.

Sehingga Anda tidak hanya berkesempatan mencicipi kuliner baru tetapi juga bisa tetap berhemat selama berwisata kuliner.

7. Membawa Air Minum

Salah satu hal yang membuat pengeluaran makin boros saat berwisata kuliner adalah memesan minuman. Tak dapat dipungkiri bahwa harga minuman sering kali terasa lebih mahal dibandingkan makanan.

Oleh sebab itu, Anda patut menyiasatinya dengan cara membawa air minum dari rumah.

Selain mendukung penghematan, membawa air minum juga membuat Anda lebih sehat karena tidak tergugah memesan minuman manis.

Bawalah air minum dalam jumlah secukupnya agar kebutuhan Anda selama berwisata kuliner dapat terpenuhi.

Trik sederhana ini akan membantu Anda menjalani pola hidup sehat secara lebih konsisten sambil tetap berhemat.

Usai menyimak ulasan lengkap ini, semoga Anda semakin mahir menata kondisi finansial sambil menikmati hobi.

Jangan biarkan hobi jajan dan wisata kuliner mengganggu kesehatan dan kestabilan kondisi finansial Anda. (adv/pojoksatu)