Rekomendasi Mobil Bekas Murah di Bawah Rp 50 Juta Terbaik

POJOKSATU.id – Membeli mobil bekas murah bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi harga mobil bekas di bawah Rp 50 juta memang tak menyisakan banyak pilihan model.


Paling banyak adalah mobil keluaran tahun 90-an akhir atau awal 2000-an. Agar bisa mendapatkan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan, berikut rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan.

1. BMW Seri-3

Meski pamornya semakin menurun, kapan lagi bisa mendapatkan mobil sedan Eropa dengan harga di bawah Rp 50 juta? Satu model yang paling masuk akal adalah BMW Seri-3 yang merupakan salah satu sedan legendaris yang banyak ditemui di pasaran.


Untuk model keluaran 1995-1997 bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp 50 jutaan.

Ciri khas mobil Eropa membuat Seri-3 dibekali dengan rangka yang kokoh dan built in quality menawan menawarkan kenyamanan berkendara.

Jika tak ada masalah berarti dan dengan perawatan yang telaten, mobil berusia hampir 30 tahun ini bahkan tetap menyenangkan untuk dibawa.

Yang patut diperhatikan adalah menghindari mobil yang sudah lama tak dikendarai dan diperbaiki.

Ini bisa mengakibatkan Anda merogoh kocek lebih dalam untuk menggantikan spare part yang tak bisa dibilang murah.

Oleh karena itu, jangan lupa cek kondisi mobil, seperti kondisi mesin, transmisi, kaki-kaki, dan interior sebelum membelinya.

2. Honda Accord

Satu lagi model sedan yang tak lekang oleh zaman. Menjadi primadona di masanya, Honda Accord keluaran tahun 2000-an bisa dibeli dengan harga Rp 50 juta.

Jika pandai memilih, Anda bahkan bisa mendapatkan Accord dengan harga yang lebih murah. Desainnya timeless.

Perpaduan klasik dan modern dipadukan gaya berkendara yang fun to drive khas Honda.

Meski tak jarang mobil dengan spare part dan tampilan asli pabrikan sudah sangat jarang ditemukan.

Pengguna lebih menyukai mengoprek mobil dan memberikan modifikasi sesuai dengan keinginan mereka.

Nah, perhatian khusus tentunya perlu dilakukan apabila Anda menemukan Accord yang sudah dimodifikasi.

Jangan lupa tanyakan perubahan apa saja yang dilakukan oleh pemilik lamanya.

Tak ketinggalan periksa segala sistem kelistrikan, mesin, sampai dengan riwayat servis berkala jika memungkinkan.

3. Hyundai Avega

Meski kini dikenal sebagai pabrikan yang fokus menawarkan mobil bergaya SUV dan MPV, tapi Hyundai pernah memiliki Avega yang populer di Indonesia pada era 90-an.

Mobil ini memang sudah tak lagi muda, tapi masih banyak Hyundai Avega bekas yang bisa dengan mudah ditemukan. Tentu saja ditambah dengan harga yang lebih terjangkau.

Depresiasi harga dari mobil asal Korea Selatan ini memang cukup tinggi, sehingga mobil bekas Hyundai dibanderol jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan model lain di segmennya.

Padahal Hyundai saat ini sudah memiliki pabrik yang khusus menawarkan spare part mobil lama Hyundai. Membuat ketersediaan spare part Avega tanpa harus mencari susah payah lagi.

Tapi sekali lagi, kelemahannya terdapat pada harga jual kembali yang turun cukup signifikan. Peminatnya juga tak sebesar pabrikan Jepang atau model Amerika.

Namun hal tersebut tentu saja tak menjadi penghalang bagi kami merekomendasikan Hyundai Avega sebagai mobil bekas murah di bawah Rp 50 juta bagi Anda.

4. Isuzu Panther

Jika dilihat dari popularitasnya, Isuzu Panther masih tetap perkasa sebagai salah satu pilihan mobil keluarga yang kokoh, tangguh di segala medan, dan banyak digemari karena harganya yang sangat terjangkau.

Bahkan banyak model Panther bekas yang bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp 50 juta.

Kenyamanannya terlihat dari banyaknya pemilik angkutan travel yang masih ‘mempekerjakan’ Panther walaupun mobil ini sudah berusia uzur.

Suspensinya kokoh dan lembut ketika harus menghadapi jalanan yang bergelombang di perjalanan keluar kota. Konsumsi BBM yang irit juga memberikan keunggulan tersendiri pada mobil ini.

Sayang fitur di dalamnya masih jauh tertinggal dibandingkan mobil baru saat ini, misalnya sistem infotainment dan fitur keselamatan yang ‘apa adanya’.

Begitu pula untuk mobil yang masih dirawat dengan baik dan spare part asli, harganya memang jauh lebih tinggi. Tapi Panther standar keluaran tahun 90-an hingga awal 2000-an ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

5. Toyota Kijang

Siapa pula yang tak kenal dengan mobil ini? Populasinya masih banyak ditemukan di jalanan Tanah Air walaupun Toyota sudah tak lagi memproduksi mobil ini.

Digantikan dengan Toyota Kijang Innova yang lebih premium, harga Toyota Kijang saat ini berada di angka Rp 40 jutaan sampai Rp 70 jutaan.

Kenyamanannya bisa diadu dengan mobil keluarga lainnya yang lebih baru. Kaki-kakinya yang empuk disandingkan dengan ruang kabin yang lapang.

Memberikan jawaban bagi Anda yang ingin mencari mobil murah bagi keluarga dengan harga yang terjangkau.

Apalagi spare part mobil ini masih bisa dengan mudah ditemukan, begitu pula dengan biaya perawatannya yang sangat terjangkau.

Biaya perawatan dan penggantian spare part bisa ditekan mengingat mobil ini tak memiliki banyak fitur canggih layaknya Innova terbaru.

Perhatikan pula kondisi kaki-kaki yang sering dikeluhkan oleh pembeli mobil bekas Toyota Kijang.

Sebisa mungkin lakukan uji jalan untuk mengetahui apakah mobil berada dalam kondisi terbaik serta bebas dari masalah mesin dan transmisi.

6. Suzuki Grand Escudo

Tak banyak yang tahu jika Suzuki pernah memiliki SUV kokoh yang sanggup melahap berbagai medan.

Harganya pun jauh lebih murah jika dibandingkan dengan SUV lainnya yang lebih baru, contohnya saja Grand Escudo.

Suzuki Grand Escudo menawarkan ruang kabin yang luas dan bisa menampung penumpang dengan nyaman. Performa mesin yang bertenaga juga menjadi kelebihannya.

Disandingkan dengan ground clearance yang tinggi, membuatnya mampu dengan mudah dibawa ke jalanan luar kota atau perkebunan yang cukup ekstrim.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah bahwa mobil ini memiliki konsumsi BBM yang lebih boros dibandingkan dengan model lain di daftar ini.

Escudo juga bukan model yang bertumpu pada akselerasi karena bobotnya yang berat dan bantingan suspensi yang cukup keras untuk dibawa di jalanan perkotaan.

7. Volvo 960

Mungkin pilihan terakhir dari rekomendasi mobil bekas murah kali ini jarang ditemui di artikel lainnya.

Ya, Volvo 960 merupakan sedan lawas yang sering dikaitkan sebagai mobil pejabat karena berasal dari Eropa dan dilengkapi dengan berbagai fitur baru pada masanya.

Walaupun mobil ini tak banyak lagi ditemui di jalanan, tapi popularitasnya masih tetap diminati.

Harganya yang berada di kisaran Rp 35 juta sampai dengan Rp 60 jutaan membuatnya bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang menginginkan mobil dengan harga terjangkau. Build in quality kokoh khas Volvo juga bisa dinikmati.

Volvo memang tak lagi berjualan di Indonesia, sehingga ketersediaan spare part mobil ini patut diperhitungkan. Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa Volvo kemungkinan besar akan kembali ke Tanah Air.

Bukan tak mungkin membuat harga mobil ini semakin naik di kemudian hari. Hal yang paling penting ketika membeli mobil bekas berusia lebih dari 15 tahun adalah memeriksa segala kondisi mobil.

Perhatikan pula dealer maupun e-commerce dimana Anda membeli mobil. Anda bisa membeli mobil bekas murah di Otomurah yang menawarkan berbagai pilihan mobil bekas berkualitas dengan harga terjangkau di seluruh penjuru Indonesia. (adv/pojoksatu)