Kenali Ciri, Cara Atasi dan Cegah Akun Instagram Dibajak

POJOKSATU.id – Seperti kebanyakan media sosial pada umumnya, Instagram juga rentan untuk jadi sasaran peretasan oleh orang tidak bertanggung jawab.


Peretasan tersebut tidak hanya terjadi pada kalangan public figur, atau akun dengan jumlah pengikut banyak, namun juga pengguna biasa.

Umumnya, hacker atau peretas akan memanfaatkan akun Instagram yang sudah diambil alih untuk melakukan tindakan kriminal siber.

Hal tersebut tentu saja akan merugikan pemilik akun asli. Sebab namanya dicatut untuk melakukan tindakan kriminal.


Agar Anda lebih waspada, ketahui beberapa ciri-ciri akun Instagram dibajak, dirangkum dari careercenter.id :

– Pengguna tidak dapat masuk ke akun Instagram
– Terdapat gambar di halaman feed yang tidak pernah diposting secara pribadi oleh pemilik akun
– Akun Instagram Anda tiba-tiba mengikuti akun pengguna lain
– Adanya aktivitas aneh
– Ada informasi pribadi yang diubah

Hal yang harus dilakukan jika akun Instagram dibajak

Segera ganti password akun Instagram Anda. Gunakan opsi pemulihan akun dengan klik “Lupa password” dan ikuti langkah berikutnya dengan segera. Apabila sudah sukses login kembali, segera aktifkan fitur keamanan otentikasi dua faktor (2FA).

Laporkan kasus peretasan akun ke pihak Instagram, dengan memanfaatkan fitur “bantuan” yang bisa dibuka lewat profil > pengaturan > bantuan > laporkan masalah.

Periksa aktivitas login Anda, dengan klik profil > pengaturan > keamanan > aktivitas login. Anda akan melihat lokasi mana saja akun Anda pernah login.

Apabila terdapat lokasi yang mencurigakan, klik ikon titik tiga di lokasi tersebut, lalu klik “logout” Cabut akses ke aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan, dengan buka Instagram via browser, lalu klik settings > apps and websites > pilih situs/aplikasi mencurigakan > revoke access untuk mencabut akses atau view and edit untuk melakukan penyesuaian.

“Pastikan nomor telepon dan alamat email Anda di pengaturan akun adalah milik Anda,” demikian ulasan yang tertulis di dalam tersebut.

Cara mencegah akun Instagram dibajak

Berikut adalah beberapa cara mencegah akun Instagram dibajak, yang bisa Anda terapkan sekarang juga :

Jangan menghubungkan akun Instagram ke Facebook

Tidak jarang pengguna memanfaatkan akun Facebook untuk dapat login ke akun Instagram dan aplikasi lain secara mudah. Meski praktis, upaya tersebut juga dapat membahayakan pengguna.

Apabila informasi di Facebook terungkap, maka peretas akan dapat dengan mudah mengambil alih semua akun yang terhubung dengan Facebook.

Gunakan password yang kuat

Disarankan untuk menggunakan password yang terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan karakter spesial agar sulit diterka.

Anda juga dianjurkan untuk tidak membagikan password ke orang lain, bahkan ke rekan dan kerabat terdekat.

Aktifkan autentikasi dua faktor

Otentikasi dua faktor merupakan sistem keamanan akun yang meminta pengguna melakukan verifikasi dua langkah saat masuk ke dalam akun tersebut. Umumnya, otentikasi tersebut berupa password akun dan kode khusus yang dikirim melalui SMS atau e-mail.

Instagram juga menyediakan fitur otentikasi dua faktor (2FA) yang bisa diaktifkan oleh pengguna. Caranya, buka aplikasi Instagram dan masuk ke menu profil yang terletak di sisi kanan bawah aplikasi.

Pilih akun tiga garis horizontal dan pilih menu settings. Pilih menu security > two-factor authentication > dan tekan tombol “Get Started”.

Ada tiga jenis metode 2FA yang bisa dipilih, yakni melalui aplikasi Instagram, WhatsApp, dan SMS.

Apabila memilih opsi SMS, maka Anda akan diminta untuk memasukkan enam digit kode yang dikirimkan melalui SMS. Kemudian, screen capture lima kode cadangan yang diberikan, untuk memulihkan akun apabila pengguna lupa dengan password yang digunakan.

Serupa dengan metode 2FA menggunakan SMS, pengguna yang memilih opsi WhatsApp juga akan menerima kode otentikasi yang akan dikirimkan melalui pesan di WhatsApp.

Nyalakan mode privasi pada akun Instagram

Ketika mode ini diaktifkan, maka pengguna lain yang belum mengikuti tidak dapat melihat profil Anda. Mode privasi dapat diaktifkan dengan mengikuti langkah berikut:

Login ke akun Instagram. Pilih settings > privacy. Geser toggle di sebelah kanan opsi “Private account” hingga berubah menjadi warna biru. Akun sudah masuk ke dalam mode privasi (Private).

Cara ini cukup praktis untuk digunakan lantaran Anda tak lagi perlu melakukan pendaftaran akun baru pada situs, aplikasi atau game yang hendak digunakan.

Sebelum masuk menggunakan akun Instagram, Anda harus dapat dengan bijak memilih apakah aplikasi tersebut berpotensi berbahaya atau tidak.

Login ke akun Instagram melalui browser komputer

Pilih settings > apps and websites. Pada menu ini, Anda bisa melihat daftar situs, aplikasi dan game yang telah menggunakan akses ke akun Instagram.

Apabila terdapat aplikasi yang mencurigakan, segera klik tombol revoke access untuk mencabut akses atau view and edit untuk melakukan penyesuaian.

Hindari klik link dari sumber yang tidak terpercaya

Terkadang Anda akan membuka artikel di internet yang turut mencantumkan tautan. Namun, Anda harus berhati-hati sebelum masuk ke tautan tersebut.

Pasalnya, tidak jarang peretas yang membuat halaman login palsu untuk menjebak pengguna dan mengambil alih akun dan password korban.

Demikian informasi seputar langkah untuk mencegah peretasan pada akun Instagram Anda. Pastikan Anda mengikuti langkah di atas demi keamanan akun Anda. Semoga bermanfaat.