Larangan Mengaktifkan Ponsel Di Pom Bensin, Ini Alasannya!

POJOKSATU.id, JAKARTA- Larangan mengaktifkan ponsel di pom bensin ternyata ada alasannya. Terutama nenyangkut keselamatan nyawa.

Mengenai larangan merokok atau menyalakan api di pom bensin itu sudah jelas sebabnya, karena memang api bisa memicu kebakaran.

Berikut akibatnya jika mengaktifkan ponsel di Pom Bensin:

Sebagai alat komunikasi, smartphone atau handphone mampu mengeluarkan frekuensi tinggi. Dari frekuensi tinggi inilah yang akan memicu munculnya percikan bunga api. Tapi tahukah kamu bagian mana dari smartphone yang berbahaya saat di pom bensin?


Usut punya usut, yang membuat ponsel atau handphone dilarang digunakan di pom bensin adalah lampu LED-nya. LED yang digunakan untuk mengeluarkan cahaya di smartphone rupanya berbeda dengan yang digunakan komponen elektronik lain. Bedanya adalah bahwa LED pada HP itu ‘telanjang’ alias filamen dioda-nya mampu melakukan kontak langsung dengan udara bebas.

Pada saat LED ponsel menyala, akan muncul percikan bunga api. Nah, percikan bunga api inilah yang akan memicu kebakaran di pom bensin. Meski bunga apinya kecil, tapi di lingkungan pom bensin yang dipenuhi uap bensin (benzena C4H8O12) di udara terbuka, bunga api sedikit pun sangat sensitif untuk memicu kebakaran dan ledakan.

(Sikah/Pojoksatu)