Tips: 3 Cara Bedakan Telur dari Ayam Sakit dan Sehat

Foto Ilustrasi: Telur Ayam
Ilustrasi

POJOKSATU.id, INGGRIS- Oxford Journal menunjukkan bahwa nutrisi dalam ayam memainkan peran penting dalam menghasilkan telur yang sehat. Dari ayam yang sehat, telur yang dihasilkan akan mengandung beta karotin yang lebih tinggi. Selain itu, ayam sehat juga dapat menghasilkan telur dengan kandungan asam lemak omega tiga yang lebih tinggi.

Sebaliknya, ayam yang hanya dikekang dalam kandang kecil sepanjang hidupnya cenderung tidak menerima vitamin dan mineral yang dibutuhkan telur. Untuk membedakan telur yang berasal dari ayam berkondisi baik dan tidak baik, Anda bisa mengecek tiga ciri telur baik pada telur yang akan Anda konsumsi seperti dilansir Health Tips Portal.

1. Cangkang Padat dan Keras
Telur yang berasal dari ayam sehat akan memiliki cangkang yang padat dan keras. Jika telur yang Anda gunakan terlalu mudah untuk pecah, maka telur tersebut tidak berkualitas baik. Pasalnya, ayam yang terjaga asupan makannya dan dalam kondisi sehat akan menghasilkan cangkang yang kuat dan tidak mudah pecah.

2. Warna Telur Pekat
Kuning telur yang pada umumnya ditemukan cenderung memiliki warna yang terang. Sayangnya warna kuning yang terang pada telur bukan warna yang sempurna. Pasalnya, warna ideal kuning telur yang berasal dari ayam sehat dan berkualitas baik ialah oranye pekat.


3. Kuning Telur Lebih Tebal
Selain warna, ketebalan dan bentuk kuning telur juga menentukan kualitas dari telur tersebut. Telur yang sehat akan memiliki kuning telur yang lebih tebal dan cenderung lebih bulat dibandingkan telur dengan kualitas kurang baik.