Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil

hamil
ilustrasi
Ilustrasi hamil rambut rontok
Ilustrasi hamil rambut rontok

POJOKSATU – Selama masa kehamilan, sebagian besar wanita memiliki keluhan rambut rontok. Mengapa bisa terjadi demikian? Memang rambut rontok adalah hal yang biasa terjadi pada masa kehamilan, helaian rambut anda yang cenderung berada dalam fase istirahat.

Namun, fenomena itu bisa tidak berhenti saat hamil. Setelah melahirkan rambut Anda justru lebih sering mengalami kerontokan. Mengapa hal itu bisa terjadi?

“Jawabannya adalah bahwa rambut tumbuh begitu baik selama kehamilan karena perempuan membuat banyak hormon estrogen,” kata profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale Medical School, Mary Jane Minkin, MD, seperti dilansir laman Women’s Health Magazine.

“Saya tidak benar-benar yakin bagaimana estrogen mungkin terkait dengan pertumbuhan rambut tapi saya tahu bahwa estrogendapat merangsang folikel. Secara umum, orang sering tidak menyadari berapa banyak peran estrogen dalam kehamilan. Itu pula yang memberikan tubuh anda pesan untuk mengisi payudara dengan susu, dan juga membantu memicu pelepasan susu itu setelah bayi lahir, ” kata Minkin lebih lanjut.


Ketika anda melahirkan, anda mendorong plasenta keluar setelah bayi, yang mengakibatkan anda kehilangan semua estrogen ekstra yang anda dapatkan selama berbulan-bulan.

Minkin menduga bahwa penurunan mendadak hormon bisa menjadi penyebab kerontokan rambut setelah melahirkan.

“Sekitar 3 hingga 5 persen wanita memiliki rambut rontok lebih parah dari biasanya setelah kehamilan. Dalam hal ini, saya akan melakukan tes untuk memeriksa fungsi tiroid karena hormon yang dapat terlibat,” pungkas Minkin. (jpnn/fny/zul)