Ini Daftar Makanan Wajib Bagi Ibu Menyusui

makanan ilustrasi
makanan, ilustrasi

POJOKSATU – Menyusui adalah kewajiban seorang ibu kepada anaknya agar sang anak dapat mendapatkan asupan nutrisi yang sehat. Dengan memberikan nutrisi yang sehat maka sang anak pun diharapkan akan tumbuh berkembang dengan baik.

ASI dari sang ibu kepada sang anak sangatlah penting. Karena itu memang merupakan makanan terbaik sang bayi. Masa-masa menyusui bagi ibu tentunya juga harus didukung dengan asupan bergizi juga bagi ibu yang sedang menyusui. Hal itu agar ASI yang akan dihasilkan berkualitas dan banyak tentunya. Sehingga sang bayi tidak akan kekurangan dari ASI.

Ibu yang menyusui hendaknya menjaga kualitas ASI nya dengan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu kondisi tubuh juga harus dijaga. Berikut ini beberapa makanan sehat untuk ibu menyusui antara lain:

1. Telur


“Untuk sarapan, Anda ingin memulai dengan makan yang benar-benar hangat,” kata seorang ahli kebugaran pra dan pasca kelahiran, Leah Keller, seperti dikutip JPNN.com dari Fox News, Rabu (4/2).

Telur adalah sumber protein yang sangat mudah didapatkan. Pastikan juga Anda makan kuning telur karena studi menunjukkan tubuh kita tidak memetabolisme protein tanpa itu. Jangan khawatir tentang kolesterol karena telur tidak akan meningkatkan kolesterol darah anda. Plus, setelah melahirkan tubuh Anda mengkalibrasi hormon dan kolesterol yang membantu mengatur hormon seks dan hormon reproduksi.

2. Kacang

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekitar 9 persen dari wanita usia subur kekurangan zat besi atau anemia yang dapat menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Buncis dan kacang-kacangan adalah sumber zat besi dan juga diisi dengan protein dan serat yang membuat energi anda tetap stabil.

3. Susu rendah lemak

Susu memiliki banyak sekali manfaat selain membuat kita lebih sehat, susu juga mampu membuat ASI menjadi lebih berkualitas dan juga dapat membuat tubuh lebih indah dan kurus. Jangan lupa susu juga banyak sekali mengandung kalsium sehingga sangat baik untuk perkembangan tulang bayi.

4. Sayuran hijau

Ada banyak sekali macam-macam dari sayuran hijau antara lain bayam, brokoli, kangkung. Sayuran hijau banyak sekali mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu sayuran hijau juga mampu meningkatkan daya ingat. Banyak sekali kandungan yang ada pada sayuran hijau seperti zat besi, vitamin c, antioksidan.

5. Salmon

Ikan salmon sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui karena selain mampu membuat kita sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Ternyata ikan salmon jiga mengandung Asam Amino dan Omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak buah hat

6. Sereal

Sereal mampu memberikan asupan energi yang baik untuk tubuh. Untuk itu makanlah sereal gandum untuk mengembalikan kekuatan anda setelah semalan anda mengurus sang buah hati. (fny/jpnn/zul)