Ini Manfaat Tidur Miring ke Kanan

Tidur dalam posisi berbaring ke kanan. Foto: Istimewa
Tidur dalam posisi berbaring ke kanan. Foto: Istimewa
Tidur dalam posisi berbaring ke kanan. Foto: Istimewa

POJOKSATU – Tidur adalah kegiatan yang penting dalam hidup ini, karena dengan kualitas tidur yang baik mampu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Posisi tidur juga harus diperhatikan karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Tidur dengan posisi yang baik akan membuat kesehatan kita menjadi lebih baik.

Ternyata posisi tidur miring ke kanan adalah posisi yang paling baik dan benar, karena ukuran paru-paru sebelah kiri lebih kecil daripada ukuran paru-paru sebelah kanan, sehingga mengurangi beban jantung karena jantung menahan beban yang lebih sedikit.

Dengan posisi tidur miring ke nanan membuat liver berada dalam kondisi stabil dan tidak menggantung, lambung pun berada di posisi yang baik sehingga membantu mempercepat proses pengosongan lambung yang dapat membantu mengistirahatkan lambung.


Menurut para ahli kedokteran, tidur dengan posisi miring ke kanan merupakan terapi paling mutakhir untuk mengatasi gangguan paru-paru dan ginjal.

Selain itu, manfaat lain dari tidur miring ke kanan, yaitu dapat mengistirahatkan otak sebelah kiri, meningkatkan  waktu penyerapan gizi, mengistirahatkan kaki kiri, serta merangsang buang air besar (BAB) di pagi hari. (zul)