Mudah Lapor SPT Online, Ini Hal yang Harus Dipersiapkan

Lapor SPT Pajak Online by Mekari.
Lapor SPT Pajak Online by Mekari.

POJOKSUMUT.com – Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan biasanya ditutup pada tanggal 31 Maret bagi Wajib Pajak Orang Pribadi. Bagi wajib pajak yang belum melapor, diharapkan segera untuk lapor spt online baik secara langsung maupun online.


Dikutip dari laman, indonesia.go.id, setiap warga negara berpenghasilan dan telah terdaftar sebagai wajib pajak ditandai dengan kepemilikan nomor pokok wajib pajak (NPWP) diharuskan melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh) setiap tahunnya.

Rutinitas ini dilakukan untuk melaporkan pendapatan dan pajak yang telah dipotong kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Setiap wajib pajak diharuskan mengisi SPT dengan benar, lengkap, dan jelas.


Ketentuan tersebut diatur dalam Undang-Undang nomor 6 tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Dilansir dari laman www.pajak.go.id, pelaporan SPT PPh tahun 2020 sudah dimulai sejak 1 Januari dan ditutup pada 31 Maret untuk wajib pajak pribadi. Sedangkan bagi wajib pajak badan pelaporannya diterima paling lambat 30 April.

Baca Juga : e-Billing Pajak: Aplikasi Bayar Pajak Online Begini Cara Membuatnya!

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Lapor SPT Online?

Untuk lapor SPT online, wajib pajak baik badan maupun orang pribadi harus memiliki EFIN (Electronic Filing Identification Number) dan dokumen SPT yang akan dilaporkan. Biasanya, wajib pajak orang pribadi memegang dua jenis dokumen SPT yakni:

● SPT/Formulir 1770 S untuk penerima kerja yang memiliki penghasilan lebih dari Rp 60 juta dalam setahun.

● SPT/Formulir 1770 SS untuk penerima kerja dengan penghasilan kurang dari Rp 60 juta dalam setahun.

● SPT/Formulir 1770 untuk orang pribadi yang memiliki bisnis atau pekerjaan bebas.

● SPT/Formulir 1771 untuk bentuk badan usaha seperti PT (Perseroan Terbatas), CV (Comanditer Venture), UD (Usaha Dagang), Yayasan, Organisasi, atau Perkumpulan.

Penyampaian SPT

Secara umum, penyampaian laporan SPT tahunan PPh dapat dilakukan dengan mengisi formulir kertas (hardcopy) di kantor pajak, lewat jasa PT Pos Indonesia atau jasa ekspedisi swasta.

Atau melalui mitra DJP yakni penyedia jasa aplikasi perpajakan (PJAP) dan terakhir secara daring lewat aplikasi DJP Online atau e-Filing.

Pelaporan SPT dengan cara daring atau disebut sebagai SPT online ini memudahkan warga karena tidak perlu antri terlebih saat pandemi seperti sekarang ini, di mana pemerintah membatasi kerumunan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Jika ingin lapor SPT online, tetapi belum mempunyai akun DJP Online, atau sudah punya tapi lupa kata sandinya (password), wajib pajak hanya memerlukan Electronic Filing Identification Number atau EFIN.

Nomor EFIN bisa dipakai untuk membuat akun DJP Online atau mengubah (reset) kata sandi. Khusus wajib pajak yang baru terdaftar, atau yang belum pernah melaporkan SPT tahunan online, bisa datang ke kantor pajak untuk mendapat EFIN.

Lupa EFIN

Tetapi jika sudah punya EFIN namun lupa nomornya, maka cara ini bisa dilakukan, yaitu menghubungi DJP melalui Kring Pajak di nomor 1500200 dengan menyiapkan NPWP dan data diri seperti kartu tanda penduduk (KTP).

Atau dapat melakukan secara daring melalui surat elektronik (surel). Berikut langkah-langkahnya:

Buka surel dan pesan baru. Di kolom tujuan, isi alamat surel kantor pajak sesuai tempat NPWP terdaftar. Untuk melihat alamat surel semua kantor pajak, silakan buka laman www.pajak.go.id/unit-kerja.

Lalu, isi kolom subjek surel dengan kalimat “Permintaan Nomor EFIN”.Di kolom pesan surel, tulis data Nomor NPWP, nama lengkap, nomor KTP, alamat tempat tinggal dan nomor telepon seluler.

Lalu, unggah attachment foto diri dengan memegang KTP dan kartu NPWP.Kemudian, kirim pesan pada surel. Setelah itu, kantor pajak akan mengirim pesan surel berisi nomor EFIN.

Baca Juga : Mengenal Komponen Gajian serta Faktor yang Menentukan Besarannya

Cara Lapor SPT Online SPT Tahunan Pribadi

Bagi wajib pajak yang ingin melaporkan pajak tahunan melalui e-filing, tanggal 31 Maret adalah batas akhir waktu lapor spt online Anda. Jika melaporkan SPT lewat dari tenggat tersebut, maka wajib pajak akan dikenakan denda senilai Rp 100.000.

Nah, agar tidak kena denda, yuk, lapor SPT Online kalian melalui cara berikut ini:

1. Siapkan Formulir 1721 (bukti potong).

2. Buka situs www.pajak.go.id dan klik “Login” di sudut kanan atas. Atau buka situs www.djponline.pajak.go.id.

3. Isikan nomor NPWP dan kata sandi untuk login (jika belum punya akun, registrasi dulu pakai nomor EFIN). Isikan juga kode keamanan dan klik “Login”.

4. Jika sudah masuk dashboard layanan digital perpajakan, klik “Lapor”. Lalu, klik ikon “e-Filing”.

5. Selanjutnya, klik ikon “Buat SPT” dan akan ada sejumlah pertanyaan yang harus dijawab. Jika jawaban yang diberikan benar, akan muncul tombol “SPT 1770 SS”.

6. Lalu, wajib pajak akan masuk halaman formulir SPT. Isi data formulir (tahun pajak, status SPT, Pembetulan). Klik ikon “Selanjutnya”.

7. Sistem akan mendeteksi otomatis jika ada data pembayaran pajak dari pihak ketiga. Gunakan data pembayaran itu untuk pengisian SPT, dengan klik “Iya”. Jika tidak, bisa menggunakan formulir 1721 (bukti potong) untuk acuan pengisian SPT.

8. Kemudian di bagian A, isikan sejumlah data sesuai instruksi. Isi data penghasilan bruto selama setahun di poin 1. Di poin 2, isi data pengurang (biaya jabatan, iuran pensiun, atau iuran Jaminan Hari Tua/Tunjangan Hari Tua, dan lain sebagainya).

9. Di poin 3, pilih “Penghasilan Tidak Kena Pajak”. Lalu sistem akan otomatis menghitung nilai pajak.

10. Di poin 6, isikan nilai Pph yang telah dipotong perusahaan. Setelah itu, akan diketahui status SPT, apakah nihil, kurang bayar, atau lebih bayar.

11. Jika status nihil, klik “Lanjut ke B” (pengisian di bagian B). Jika SPT kurang bayar, akan ada pertanyaan lanjutan dan jika belum bayar, akan ada perintah untuk pembuatan e-Billing. Jika sudah bayar, isi nomor transaksi serta tanggal dan jumlah pembayaran. Jika SPT lebih bayar, silakan unggah dokumen pendukung. Dokumen bisa berupa bukti pemotongan pajak dari perusahaan atau lainnya.

12. Di bagian B, isikan sejumlah data sesuai sesuai instruksi. Isikan data penghasilan final maupun yang tidak kena pajak.

13. Kemudian lanjut ke bagian C dan isi data sesuai instruksi. Isi data nominal dan utang.

14. Saat masuk ke bagian D, silakan centang “Setuju” jika yakin data sudah benar. Selanjutnya, isi kode verifikasi yang akan dikirim oleh DJP ke surel wajib pajak dan salin kode verifikasi tersebut. Silakan paste kode di kolom paling akhir dan klik “Kirim SPT”.

15. Setelah SPT terekam pada sistem milik DJP, maka bukti penerimaan elektronik akan dikirimkan kantor pajak melalui surel wajib pajak.

Baca Juga : Software Attendance Management Bahasa Indonesia Yang Wajib Diketahui

Mudah Lapor SPT Online di Klikpajak

Selain melaporkan SPT Tahunan Pribadi melalui eFiling pribadi, Klikpajak.id juga memiliki fitur lengkap yang dapat membantu Anda menghitung kewajiban pajak Anda dengan akurat, membayar pajak dan berbagai aktivitas pajak lainnya dengan mudah.

Mekari KlikPajak merupakan platform berbasis website untuk lapor, kelola, dan melakukan pembayaran pajak secara daring untuk wajib pajak badan maupun pribadi.

Sebagai salah satu PJAP mitra resmi dari DJP, Mekari KlikPajak berkomitmen untuk memberikan kemudahan akses bagi wajib pajak untuk melakukan pelaporan pajak dengan mudah, aman, dan terpercaya, apalagi di masa lapor SPT online ini.

Sejak 2018, Mekari KlikPajak telah membantu sekitar 50,000 pemilik bisnis di Indonesia dalam pengelolaan pajak melalui fitur seperti e-filing, e-billing, e-faktur, dan e-bupot yang diperbarui secara berkala sesuai dengan ketentuan dan pembaruan dari DJP.

Dengan adanya pandemi saat ini, Mekari KlikPajak menjadi solusi yang relevan dan alternatif yang tepat bagi wajib pajak untuk taat lapor SPT online secara tepat waktu tanpa perlu cemas tatap muka.

Kemudahan yang Diberikan Klikpajak

Beberapa kemudahan yang dihadirkan Mekari KlikPajak untuk wajib pajak badan dalam melakukan lapor SPT Online dan mengelola perpajakan dengan lebih efektif dan efisien, antara lain:

1. Penerapan teknologi berbasis cloud yang terintegrasi

Dengan teknologi cloud, wajib pajak bisa langsung melaporkan SPT dengan mudah dan seluruh dokumen langsung tersimpan dalam fitur arsip pajak.

Hal ini akan memudahkan wajib pajak badan untuk mengelola dokumen perpajakan, sehingga saat waktunya lapor SPT online tidak lagi mencari dokumen yang tercecer.

2. Fitur – fitur yang sesuai dengan sistem dari DJP

Sebagai mitra resmi DJP, Mekari KlikPajak memastikan selalu comply dengan pembaruan fitur sesuai dengan sistem yang diterapkan DJP.

Fitur – fitur yang dimiliki oleh Klikpajak antara lain e-filing, e-faktur 3.0, e-bupot, dan e-billing terbaru yang membantu wajib pajak badan membuat kode billing dan melakukan pembayaran billing secara langsung melalui Virtual Account dari bank terpilih yang telah terintegrasi dengan Klikpajak.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Aplikasi Catatan Penjualan Terbaik

3. Keamanan data wajib pajak

Mekari KlikPajak memastikan database wajib pajak badan tersimpan secara aman dan terpusat, didukung oleh sertifikasi ISO 27001 yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Klikpajak.id juga terintegrasi dengan aplikasi laporan keuangan online Jurnal.id yang semakin membuat pengelolaan pajak dan keuangan usaha efektif serta efisien.

Anda dapat menarik data transaksi dalam laporan keuangan untuk langsung dibuatkan Faktur Pajaknya maupun Bukti Potong Pajaknya secara langsung, dan saat diperlukan untuk melaporkan SPT pajaknya dengan cepat dalam satu platform.

Integrasi dengan Mekari Jurnal ini merupakan teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian keuangan (accounting) lebih cepat dan mudah.

Selain itu wajib pajak badan bisa menggunakan fitur – fitur lain selain lapor SPT Online yang ada di platform Mekari KlikPajak secara gratis selama 14 hari.

Untuk mulai berlangganan dan mendapatkan informasi serta tutorial penggunaan fitur Klikpajak secara komprehensif dapat diakses di www.klikpajak.id.

Mengandalkan aplikasi perpajakan ternama ini membuat lapor SPT online menjadi lebih mudah. Klikpajak telah membantu banyak pengusaha dan wajib pajak orang pribadi karena fitur-fiturnya yang sangat bermanfaat.

Mekari KlikPajak dapat menyiapkan pengembalian pajak tahunan atas nama bisnis dan individu yang berusaha untuk mengajukan pajak mereka secara offline.

Kunjungi Klikpajak.id untuk menggunakannya secara gratis dan lakukan lapor SPT online Anda dengan mudah. Pajak adalah kewajiban yang harus dibayar oleh penduduk suatu negara.

Semua orang menginginkan pendidikan yang lebih baik, infrastruktur jalan yang lebih baik, layanan publik yang lebih baik, dan layanan pemerintah lainnya, yang semuanya membutuhkan biaya.

Ketika orang menuntut lebih banyak barang dan jasa dari pemerintah, pemerintah menghadapi tuntutan untuk meningkatkan layanan mereka.

Penyediaan layanan membutuhkan pendanaan dari pajak yang dikenakan oleh pemerintah daerah. Ajukan lapor SPT online Anda dan mulailah membayar pajak Anda hari ini! ***