Kick Off Liga 2 Segera Bergulir, PSMS Rekrut Pemain dari Klub Liga 1

I Putu Gede, Pelatih PSMS.
I Putu Gede, Pelatih PSMS.

POJOKSUMUT.com, MEDANPSMS Medan bakal merekrut pemain dari klub Liga 1 jelang kick off Liga 2 musim 2022/2023 yang dijadwalkan 27 Agustus 2022.


Pelatih Kepala PSMS, I Putu Gede mengatakan sejumlah calon pemain baru tersebut akan segera merapat, dimana beberapa diantaranya dari klub Liga 1.

Putu Gede menyatakan pemain baru tersebut dipinjam dari sejumlah klub-klub Liga 1. “InsyaAllah ada. Iya (dari Liga 1). Kemungkinan Kamis (hari ini) sudah datang. Yang datang mungkin baru satu atau dua dulu ya,” ujarnya kepada wartawab media, Rabu (3/8/2022).


Dia mengatakan tim pelatih telah mengajukan beberapa nama pemain dari Liga 1 yang akan direkrut ke manajemen. “Yang kemarin kita ajukan ada tim tim, PSIS Semarang, Bhayangkara FC dan terakhir Persija,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Putu Gede menambahkan skuatnya akan melaksanakan pemusatan latihan kembali pasca tim diliburkan usai menjuarai Gubsu Edy Rahmayadi Cup 2022.

Putu menyebut skuat PSMS akan melakukan pemusatan latihan di daerah dataran tinggi, Berastagi, Kabupaten Karo serta mengagendakan sejumlah laga uji coba sebelum Liga 2 bergulir.

BACA JUGA : Penampilan Timnya Jauh dari Ekspektasi, Putu Gede Akui PSMS Juara Edy Rahmayadi Cup Karena Keberuntungan

Sementara itu, dari hasil manager meeting virtual dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator Liga disebutkan, kompetisi akan dimulai 27 Agustus 2022 dan berakhir 26 Februari 2023.

Direktur Operasional PT. LIB, Sudjarno menjelaskan Liga 2 untuk sementara ada dua opsi. Opsi pertama dengan dua wilayah, di mana wilayah barat 14 klub dan wilayah timur 14 klub. Sedangkan opsi kedua dengan tiga wilayah, di mana wilayah barat dan timur 9 klub, wilayah tengah 10 klub.

Untuk sistemnya, lanjut Sudjarno, di babak pendahuluan untuk kedua opsi tersebut menerapkan sistem kandang tandang alias home away.

Namun yang membedakan kedua opsi ini ada di babak selanjutnya. Di mana opsi 2 wilayah, juara masing-masing wilayah atau grup berhak langsung ke partai final (single match) sekaligus meraih tiket promosi ke Liga 1.

BACA JUGA : Taklukkan 10 Pemain Karo United, PSMS Juarai Edy Rahmadi Cup 2022

Sedangkan untuk perebutan tiket promosi terakhir alias juara ketiga, diambil dari runner-up masing-masing wilayah atau laga play-off (single match).

Sementara untuk opsi kedua dengan 3 wilayah, diambil 2 tim teratas (juara dan runner-up) dari masing-masing wilayah berhak masuk ke babak 6 besar yang dibagi lagi ke dalam 2 grup dengan kembali menerapkan sistem home away.

Lalu juara dan runner-up grup di babak 6 besar berhak melaju ke semi final yang tetap menerapkan home away. Kemudian pemenang semifinal otomatis raih tiket promosi ke Liga 1 sekaligus berhak ke partai final (home away), sedangkan yang kalah akan melakoni laga play off alias perebutan juara ketiga atau tiket promosi terakhir (single match).

BACA JUGA :Kritik Keras Wasit Laga PSDS vs PSAD, Syahril Efendi : Demi Allah, Ini Bukan Pertandingan Sepak Bola

Untuk degradasi, opsi 2 wilayah yang terdegradasi 4 tim peringkat terbawah dari masing-masing wilayah. Sedangkan opsi 3 wilayah, dua peringkat terbawah dari masing-masing wilayah otomatis terdegradasi.

Kemudian, sisa 2 degradasi dari format 3 wilayah ini diambil antara peringkat 7 wilayah barat dan wilayah timur serta peringkat 8 wilayah tengah. (nin/pojoksumut)