Bertemu Edy Rahmayadi, Menteri PUPR Janji Segera Wujudkan Sport Center Sumut

Sport Center Sumut
Edy Rahmayadi bertemu dengan Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono bahas realisasi Sport Center Sumut. Foto : Istimewa.

POJOKSUMUT.com, MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M Basuki Hadimuljono berjanji segera mewujudkan Sport Center Sumut, yang akan digunakan untuk PON 2024.


Janji pembangunan Sport Center Sumut itu diungkapkan Basuki saat menerima Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Basuki memberikan dukungan penuh dan akan membantu Sumut membangun Sport Centre terutama Stadion Utama.


Basuki sendiri telah memerintahkan Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk menindaklanjuti desain dasar pembangunan stadion yang disiapkan Pemprov Sumut.

Tak hanya untuk stadion, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya juga akan menyiapkan infrastruktur pendukung seperti jalan utama, drainase, sarana dan prasarana pendukung lainnya.

“Kita sudah meminta Dirjen Cipta Karya, ibu Diana untuk segera menindaklanjuti basic desain yang sudah disiapkan. Kita akan beri dukungan penuh dan stadion Sumut akan segera kita wujudkan,” ujat Basuki.

BACA JUGA : Buka Piala Gubsu Meski Tanpa Rekomendasi PSSI Sumut, Edy Rahmayadi : Ini Bukan Politik, Ini Murni Olahraga

Penyelesaian Stadion Utama Sport Centre Sumut memang menjadi fokus Edy Rahmayadi, karena akan menjadi venue utama PON 2024 Aceh-Sumut. Stadion tersebut rencananya akan dijadikan venue untuk cabang olahraga sepak bola putri dan penutupan PON 2024.

“Sumut sangat membutuhkan stadion utama dan infrastruktur dasar di sana. Utamanya adalah untuk PON, tetapi selanjutnya stadion dengan standar internasional ini akan menjadi stadion kebanggaan Sumut untuk event-event besar lainnya,” jelas Edy Rahmayadi usai pertemuan dengan Basuki Hadimuljono.

Sementara itu, Pemprov Sumut akan mempersiapkan sarana prasarana di lahan Sport Centre seluas 300 Ha di Desa Sena, Kabupaten Deliserdang, termasuk juga area komersial.

BACA JUGA : Lima Rumah di Belawan Hangus Terbakar, Empat Orang Satu Keluarga Tewas

Pemprov Sumut juga akan menyiapkan venue olahraga lainnya di kawasan Sport Centre, tujuannya agar kawasan ini tetap hidup setelah PON usai dan tidak membebani APBD dalam hal perawatan.

“Kementerian PUPR membantu penyelesaian stadion, jalan dan infrastruktur dasar lainnya. Kita akan menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, area komersial dan venue-venue lainnya (di Sport Center Sumut) agar kawasan ini terus hidup,” ungkap Edy Rahmayadi. (*/pojoksumut)