Agar UMKM Terus Berkembang, Pastikan Gunakan Software Akuntansi untuk Proses Pembukuan

Aplikasi Software Akutansi Online by Mekari.
Aplikasi Software Akutansi Online by Mekari.

POJOKSUMUT.com – Membuat sebuah jurnal pasti memerlukan suatu pemahaman akan akuntansi yang sangat besar dan sesuai. Tentunya Anda dapat mencoba untuk memberikan banyak manfaat pada sebuah bidang usaha dan bisnis dengan cara membuat laporan bisnis yang baik.


Jurnal atau laporan bisnis yang baik akan sangat memberikan gambaran tentang sebuah bisnis itu berjalan dengan baik atau tidak karena dapat mengetahui bagaimana kesehatan dari kondisi keuangan dalam bisnis tersebut.

Tentu saja banyak sekali hal yang dapat Anda coba selesaikan dengan adanya pembukuan dan jurnal ini. Namun membuat jurnal atau pembukuan dengan akuntansi akan sangat mudah jika Anda menggunakan software akuntansi.


Apa yang Dimaksud dengan Software Akuntansi?

Software akuntansi adalah sebuah sistem atau perangkat lunak yang akan membantu Anda untuk dapat mengelola segala pembukuan akuntansi sederhana dengan sangat otomatis, cepat, minim kesalahan dan tentu saja akurat. Anda dapat menggunakan software akuntansi untuk dapat diaplikasikan dalam UMKM.

Software tersebut biasanya dapat dikembangkan sendiri oleh perusahaan atau juga dapat bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyediakan layanannya.

Bukan tanpa tujuan, adanya software akuntasi mampu memudahkan menyusun laporan akuntansi keuangan berupa neraca (balance sheet), laporan laba rugi (profit loss statement), cash flow, dan laporan akhir.

Anda harus melakukan input awal untuk data yang harus diproses pada software akuntasi. Kemudian Anda bisa menyusun di buku besar dengan kode dan nama yang jelas.

Baca Juga : 5 Manfaat Menggunakan Aplikasi Online Invoice untuk Bisnis

Sehingga nantinya buku besar harus memiliki pos-pos yang jelas pada tiap-tiap posisi laporan keuangan, neraca, laba rugi, manufaktur, dan biaya produksi.

Software akuntansi bekerja secara real-time dari berbagai divisi yang sudah saling berhubungan sebelumnya dan juga saling terintegrasi.

Maka dari itu, sebagai contoh Anda tidak perlu menunggu cukup lama untuk mendapatkan laporan laba rugi. Berbagai transaksi yang berjalan seperti penjualan, pembelian, produksi, stok opname, dan pengeluaran biaya di perusahaan akan secara otomatis masuk dalam jurnal dan selalu diperbarui setiap saat.

Hal inilah yang akan membantu segala proses pembukuan dan perhitungan akuntansi di perusahaan menjadi lebih otomatis dan mudah. Setelah mengetahui pengertian software akuntansi, berikut ini ada beberapa manfaat dari penggunaan software akuntansi.

Jurnal by Mekari adalah salah satu perusahaan penyedia jasa software akuntansi terbaik. Software ini dapat digunakan dengan sangat baik jika Anda dapat mengerti apa saja manfaat dan juga kegunaannya.

Banyak sekali manfaat dan tentu saja kegunaan yang Anda dapat dari software akuntansi yang dapat Anda gunakan dengan sangat mudah.
Manfaat Adanya Software Akuntansi

1. Mudah untuk Digunakan Siapa Saja

Software akuntansi merupakan suatu aplikasi untuk akuntansi yang dapat digunakan oleh siapa saja. Anda dapat menggunakan software ini sebagai salah satu cara dalam membuat jurnal UMKM Anda.

Segala bisnis, entah itu besar atau kecil dapat dengan mudah dibuat laporan dan juga jurnalnya sehingga memungkinkan untuk Anda dapat segera mempunyai banyak sekali kemudahan.

Bagi Anda yang baru saja belajar akuntansi akan sangat terbantu dengan adanya software akuntansi ini. Anda dapat menggunakannya dengan sangat mudah.

Perintah dan fiturnya sangat mudah untuk dipahami dan tentunya membuat jurnal dari bisnis Anda akan mudah selesai.

Baca Juga : Mengenal Aplikasi SAP Dan Manfaatnya Dalam Dunia Bisnis

2. Akurat, Rinci, dan Minim Salah

Selain mudah untuk digunakan, software akuntansi juga dapat memberikan laporan dengan sangat rinci, minim salah dan juga akurat.

Anda dapat menggunakan berbagai manfaat dan tentu saja pelayanan dari berbagai fitur dengan sangat mudah.

Jika dalam jurnal manual Anda banyak mengalami kesalahan, maka software akuntansi bisa membuat data secara detail, rinci dan juga sesuai dengan perhitungan.

Anda dapat mencoba untuk melakukan banyak sekali kesesuaian dalam software tersebut untuk dapat digunakan dalam rangkaian bisnis dan laporan bisnis Anda.

3. Mengelola Semua Proses dalam Pembukuan

Software akuntansi akan membantu Anda dalam mengelola semua yang berhubungan dengan pembukuan.

Anda dapat menggunakan strategi otomatis ini untuk dapat digunakan dalam laporan jurnal Anda. Semau proses akan dapat dibantu dengan sangat baik dan juga mudah sehingga dapat memberikan Anda banyak sekali penyesuaian.

Software akuntansi membuat Anda dapat mengelola bisnis dan penjualan dengan sangat mudah dan tentunya tidak membutuhkan banyak uang dan tenaga.

4. Transaksi di UMKM menjadi jelas

Segala transaksi yang terjadi dalam bisnis baik itu UMKM atau bisnis apapun akan sangat mudah tercatat secara detail di software akuntansi.

Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir mengenai segala ketakutan Anda mengenai perhitungan perusahaan Anda. Software ini akan sangat membantu pelayanan dan fitur menjadi sangat jelas.

Anda dapat menggunakannya sebagai salah satu langkah yang baik dalam mengelola akuntansi dan pembukuan di perusahaan Anda.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Time Attendance System Berbasis Web Terbaik 2022

5. Cocok untuk semua jurnal

Software akuntansi sangat cocok untuk semua jurnal. Dengan begitu akan sangat baik apabila Anda dapat menggunakan layanan dan juga fitur yang terdapat dalam software ini.

Anda dapat menggunakan segala jenis fitur yang pastinya dapat memuat segala hal yang Anda. Banyak sekali jurnal yang bisa dibuat dengan adanya software ini, tentu saja semua itu dapat dilakukan dengan sangat mudah.

6. Membuat Export Bisnis Mudah

Software akuntansi membuat export atau pengalihan bisnis Anda akan menjadi sangat mudah. Anda dapat mengalihkan bisnis dengan mudah karena semua Riwayat dan segala aktivitas dalam perusahaan Anda akan segera dapat Anda lakukan.

Segala Riwayat akan dapat tercatat dengan sangat baik dan tentunya dapat membantu Anda untuk mengalihkan bisnis Anda.

Export data dalam bisnis bisa saja dilakukan dan akan sangat mudah jika Anda menggunakan Software akuntansi dalam pelaksanaan pembuatan pembukuan dan juga jurnal harian.

Export bisnis yang biasanya sulit dilakukan akan bisa menjadi mudah karena segala laporan sudah terdapat dalam jurnal online Anda.

7. Laporan Dapat Dicek Berkala

Anda yang punya bisnis tentu perlu untuk selalu mengecek dan tentu saja membuat segala jenis kesesuaian untuk bisnis Anda.

Software akuntansi dapat membuat Anda mengecek laporan secara mudah dan cepat. Anda dapat menggunakannya dengan sangat mudah karena melalui software ini Anda dapat membuat laporan menjadi ringkas dan padat sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.

Software akuntansi membantu Anda mengecek laporan baik itu masuk keluar barang, transaksi, segala aktivitas dan masih banyak lagi yang lain sehingga akan sangat menguntungkan untuk Anda dan juga dapat membantu membuat pengelolaan akuntansi dalam bisnis dan UMKM Anda menjadi sangat mudah dilakukan.

Itulah beberapa manfaat software akuntansi yang bisa Anda rasakan untuk bisnis UMKM sehingga semakin maju dan punya jurnal laporan yang baik. Bisnis akan semakin berkembang dengan adanya jenis software ini.

Baca Juga : 5 Tips dan Trik Mempercepat Sirkulasi Barang di Gudang

Fitur-Fitur Wajib Software Akuntansi

Sebelum memilih software akuntansi yang cocok dan sesuai visi misi perusahaan Anda, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan tersebut salah satunya yaitu fitur-fitur software akuntansi yang harus dimiliki. Yuk, simak beberapa poin berikut ini.

1. Laporan Keuangan

Pada laporan keuangan adalah yang paling utama. Anda harus memperhatikan kemampuan software dalam melakukan proses akuntansi double entry dan akuntansi akrual.

Fitur lain yang penting adalah laporan neraca untuk menganalisis kondisi keuangan, laporan laba rugi, perubahan modal, arus kas, laporan jurnal, dan laporan buku besar.

2. Fitur Purchasing

Purchasing merupakan kegiatan yang akan selalu ada dalam setiap lini bisnis. Fitur ini akan membantu melihat status dan laporan transaksi seperti pembelian jatuh tempo, pelunasan, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, software akuntansi juga harus mampu memiliki fitur dalam pembuatan faktur dan retur pembelian, pembelian, dan pengiriman pada supplier produk.

3. Manajemen Utang Piutang

Fitur ini juga sangat penting dalam kegiatan bisnis Anda. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat laporan utang atau piutang dari pelanggan maupun supplier dan mengontrol kapan waktu jatuh tempo utang yang harus dibayar.

4. Financial Forecasting

Fitur satu ini termasuk salah satu fitur yang paling penting, karena dalam setiap jalannya bisnis menginginkan melakukan estimasi biaya pendapatan dengan tepat.

Nah fitur financial forecasting inilah yang dapat membantu dalam mengontrol keuangan dengan bijak karena dapat menghilangkan biaya yang tidak perlu dan keuntungan menjadi maksimal.

5. Budgeting

Dengan adanya fitur ini, Anda dapat mencatat segala laporan tentang budgeting yang telah dibuat seperti membuat anggaran bersisa atau tak bersisa yang dapat disesuaikan dengan periode aktivitas bisnis Anda. Fitur ini juga dapat digunakan sebagai untuk menghitung anggaran laba rugi.

Jurnal by Mekari, Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik

Software akuntansi Jurnal by Mekari merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai layanan Simple Online Accounting Software untuk menunjang kelancaran dalam bisnis Anda.

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet.

Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time.

Kelebihan lain dari Jurnal by Mekari juga telah memiliki keamanan berstandar tinggi, seperti sertifikasi ISO 27001 yang setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Baca Juga : Apa itu Perencana Keuangan, Manfaatnya Serta Penggunaan Aplikasi Keuangan untuk Perusahaan?

Fitur-fitur dari Jurnal by Mekari

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

• Fitur pembelian yang didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.

• Pembuatan faktur dan perhitungan pajak secara otomatis.

• Cash link.

• Manajemen Stok.

• Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara lebih mudah, kapan pun dan di mana pun. Anda bisa nikmati kesempatan free trial dari aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari. Jangan sampai ketinggalan, ya!***