5 Manfaat Menggunakan Aplikasi Online Invoice untuk Bisnis

Aplikasi Online Invoice untuk Bisnis by Mekari.
Aplikasi Online Invoice untuk Bisnis by Mekari.

POJOKSUMUT.com – Dalam dunia bisnis ada begitu banyak istilah-istilah akuntansi yang begitu umum didengar, salah satunya adalah invoice.


Perlu Anda tahu, keberadaan invoice ini berperan penting dalam merekam barang atau jasa apa saja yang telah dibeli pelanggan.

Kedepannya, invoice bisa menjadi acuan untuk menghitung laba rugi perusahaan.


Supaya lebih jelas, berikut penjelasan singkat mengenai apa itu invoice, fungsi invoice, hingga jenis-jenis invoice.

Apa Itu Invoice?

Menurut keterangan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), invoice adalah daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan keterangan nama, jumlah, harga yang harus dibayar.

Selain memuat perincian pembelian, invoice seringkali digunakan sebagai alat tagihan antara penjual kepada pembeli.

Adapun tenggat waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran yang tertera dalam invoice biasanya akan disesuaikan dengan kesepakatan pada purchase order.

Pembuatan invoice umumnya dilakukan sebanyak tiga rangkap, satu untuk pembeli, yang kedua disimpan oleh penjual sebagai lampiran penagihan, dan yang ketiga disimpan di dalam buku faktur.

Tidak ada format baku dalam pembuatan invoice, akan tetapi ada beberapa komponen yang harus Anda cantumkan di dalam sebuah invoice. Apa saja?

Baca Juga : Mengenal Aplikasi SAP Dan Manfaatnya Dalam Dunia Bisnis

● Nama pelanggan sebagai tujuan penagihan

● Identitas penjual

● Nomor invoice

● Daftar barang yang dibeli, termasuk jumlah pemesanan, harga satuan, total tagihan, dan jumlah pajak yang harus dibayar

● Diskon dan biaya pengiriman (bila ada)

● Sistem pembayaran. Apabila pembayaran dilakukan secara transfer rekening bank, sebagai penjual Anda perlu mencantumkan nomor rekening perusahaan.

Bagi sebagian orang, invoice tampak sama dengan kwitansi. Padahal, keduanya punya fungsi yang berbeda, lho. Jadi apa perbedaan keduanya?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, invoice adalah sebuah dokumen transaksi yang berisi perhitungan penjualan dengan pembayaran di kemudian hari yang diserahkan oleh penjual kepada pembeli. Umumnya, pembeli sudah bisa menerima invoice setelah pemesanan.

Sementara itu, kuitansi merupakan tanda bukti yang diserahkan penjual kepada pembeli setelah pembayaran dilakukan dan dibubuhi tanda tangan penerima uang. Jadi, kwitansi akan diberikan setelah adanya penyerahan sejumlah uang.

Fungsi Invoice dalam Bisnis

Setelah memahami pengertian invoice, berikut ini sejumlah fungsi atau manfaat invoice bagi bisnis Anda:

• Fungsi utama dari invoice adalah memuat perincian pembelian dan termin pembayaran yang digunakan untuk menagih konsumen agar segera melakukan pembayaran.

• Bila ada kasus ketidaksesuaian dalam pembayaran tagihan atau pengiriman barang, invoice bisa menjadi rujukan yang sah.

• Invoice bisa menjadi alat untuk memudahkan para pebisnis dalam memantau perkembangan bisnis yang sedang dirintis.

• Invoice bisa mempermudah pembuatan pembukuan keuangan. Melalui pembukuan keuangan, Anda pun dapat memantau bagaimana perkembangan bisnis setiap waktu.

• Sebagai acuan yang sah apabila ingin menjual kembali barang yang dibeli kepada pihak lain.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Time Attendance System Berbasis Web Terbaik 2022

Mengenal Jenis-Jenis Invoice

Ada 3 jenis invoice yang umum digunakan dalam bisnis atau perusahaan. Berikut jenis-jenis invoice beserta penjelasannya.

1. Invoice biasa

Invoice biasa banyak ditemukan dalam transaksi sehari-hari karena sifatnya yang sederhana.

Sebuah invoice biasa umumnya memuat mengenai perincian item yang dibeli/pesan, jumlah, harga satuan barang/jasa, serta total harga yang harus dibayar.

2. Invoice konsuler

Invoice konsuler merupakan faktur yang diberikan saat melakukan transaksi internasional. Jadi, bila Anda melakukan aktivitas ekspor-impor harus dilengkapi dengan invoice jenis ini.

Dalam praktiknya, invoice konsuler harus disahkan serta mendapat izin dari negara yang menerima impor dan kedutaan negara asal pengekspor.

3. Invoice proforma

Apabila barang yang dibeli nantinya dikirimkan secara bertahap, maka penjual akan memberikan invoice proforma sebagai invoice sementara.

Setelah seluruh barang yang dipesan/dibeli dikirim secara keseluruhan, maka penjual akan mengganti invoice proforma dengan invoice biasa.

Kelola Invoice Menggunakan Aplikasi Online Invoice

Anda tentu selama ini masih menggunakan invoice atau faktur yang masih manual bukan?

Dalam aplikasi jurnal saat ini menawarkan banyak sekali keunggulan yang bisa anda rasakan ketika menggunakan aplikasi online invoice. Apa itu aplikasi online invoice dan bagaimana cara kerjanya?

Aplikasi online invoice sendiri adalah sebuah perangkat lunak yang akan anda dapatkan dan juga rasakan ketika digunakan dalam pembuatan laporan.

Aplikasi online invoice akan membantu anda untuk dapat mengelola invoice untuk berbagai kebutuhan pada bisnis anda dan juga pembukuan dalam perusahaan. Dapat mengirim laporan secara otomatis dan juga dapat membuat pengiriman menjadi lebih mudah.

Aplikasi online invoice akan memberikan anda berbagai fitur yang sangat menarik dan pastinya berbeda hasilnya jika anda hanya menggunakan cara yang biasa, anda dapat menjadikan tugas – tugas perusahaan menjadi lebih cepat selesai, lebih aman dalam pelaporan, akurat dan data juga aman.

Apa saja yang menjadi manfaat dan fungsi dari aplikasi online invoice ini?

Baca Juga : 5 Tips dan Trik Mempercepat Sirkulasi Barang di Gudang

1. Duplikasi transaksi menjadi mudah

Aplikasi online invoice dari jurnal ini memang sangat bermanfaat untuk anda yang punya usaha dalam perusahaan.

Anda akan dapat membuat duplikasi berbagai transaksi dengan cara yang sangat mudah. Anda dapat menjadikan berbagai laporan anda dapat selesai dan dengan waktu yang sangat cepat.

2. Memilih mata uang

Aplikasi online invoice bisa sangat mudah dipahami alur perhitungannya karena memang dapat memilih mata uang anda sendiri.

Anda dapat menggunakan berbagai cara ini untuk dapat mengerjakan pekerjaan dengan lebih mudah. Anda tidak perlu sibuk mengganti mata uang karena sudah anda pilih mata uang yang ingin anda gunakan.

3. Meninjau kembali invoice

Aplikasi online invoice bisa membantu anda mengurangi kesalahan saat pelaporan atau memberikan invoice kepada pelanggan karena dapat meninjau kembali apabila ada laporan yang memang perlu perbaikan.

Dengan nada fitur untuk meninjau sebelum dikirimkan maka anda sangat membantu jika anda kesalahan atau kekeliruan.

4. Laporan dapat diupdate dengan instan

Biasanya ketika menggunakan invoice yang manual sangat sulit untuk dapat memperoleh update dan juga laporan yang terkini pada saat itu juga.

Dengan memakai aplikasi online invoice maka anda dapat memperoleh laporan dengan sangat mudah dan tentunya bisa digunakan untuk semua kebutuhan laporan faktur anda.

5. Integrasi data menjadi mudah

Memakai aplikasi online invoice sama halnya dengan membuat pekerjaan perusahaan dan laporan menjadi sangat mudah.

Aplikasi online invoice membuat integrasi laporan akan sangat mudah untuk dilakukan. Anda juga dapat membuat segala laporan sangat tepat waktu selesai sehingga dapat menghemat waktu anda.

Kemudian fitur aplikasi online invoice juga dapat mengecek riwayat transaksi perusahaan aman dan lengkap.

Dengan adanya berbagai fitur yang lengkap ini, maka aplikasi online invoice memang sangat tepat untuk coba anda buat dan tentunya meringankan segala pekerjaan yang berkaitan dengan invoice.

Aplikasi online invoice sendiri memang sangat dibutuhkan untuk segala pekerjaan, terutama memang bisnis dan perusahaan yang berhubungan dengan pelanggan.

Banyak sekali transaksi jual dan beli yang membutuhkan adanya faktur atau invoice sebagai bukti dan biasanya laporan ini akan menjadi transaksi perusahaan.

Aplikasi online invoice ini bahkan dapat membantu anda untuk membuat faktur yang berulang.

Kwitansi jurnal akan dapat memberikan duplikasi dan juga laporan yang bisa anda buat kapan saja dan dimana saja. Aplikasi online invoice membuat segala pekerjaan akan sangat mudah dan selesai dalam waktu yang sangat cepat.

Bagi anda yang penasaran apakah aplikasi online invoice ini aman untuk disimpan dan sebagai data perusahaan, maka anda tidak perlu lagi penasaran karena aplikasi online invoice ini akan sangat aman dan disimpan dalam server di cloud jurnal.

Anda tidak akan kehilangan data penting dan juga laporan selama dalam kurun waktu bisnis berjalan. Dengan begitu segala transaksi dan laporan yang berjalan akan dengan sangat mudah anda cek kembali.

Aplikasi online invoice selain dapat memberikan invoice yang sangat dibutuhkan dalam bisnis, juga akan memberikan anda kemudahan ketika menghitung pajak dan juga menghitung faktur anda.

Segala laporan dapat digunakan dengan sangat mudah dan tentu saja sangat berguna untuk jalannya bisnis anda.

Aplikasi online invoice akan dapat anda sesuaikan dengan format perusahaan anda sehingga anda tidak perlu khawatir atau mengubah laporan dengan format lain.

Dengan begitu segala pekerjaan akan cepat selesai dengan format perusahaan anda dan tentunya semakin memudahkan layanan dan juga perusahaan yang anda yang sedang berjalan.

Banyak sekali kemudahan dan juga hal yang bisa anda peroleh dari segala macam fitur yang terdapat di aplikasi online invoice.

Dengan adanya aplikasi online invoice ini maka anda dapat lebih memperhatikan dan fokus pada perusahaan.

Baca Juga : Apa itu Perencana Keuangan, Manfaatnya Serta Penggunaan Aplikasi Keuangan untuk Perusahaan?

Invoice akan dengan sangat mudah dilakukan sehingga tidak akan lagi menyita banyak waktu anda sering mengalami kesalahan dalam pelaporan.

Pakai aplikasi online invoice dalam bisnis dan perusahaan anda sekarang juga dan lihat bagaimana kemudahan yang akan anda rasakan.

Itu tadi 5 manfaat dari invoice, untuk memudahkan Anda dalam membuat invoice dapat memanfaatkan software akuntansi seperti Jurnal by Mekari.

Jurnal by Mekari merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet.

Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time.

Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Baca Juga : Yuk Kenalan Peran Aplikasi komputer akuntansi, Manfaat dan Kegunaannya untuk Bisnis

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:

• Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.

• Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.

• Cash link.

• Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.

• Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapanpun dan di manapun.

Download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari. Yuk daftar di link berikut ini https://www.jurnal.id/id/fitur/invoice-faktur/. ***