Pedagang Pasar Kampung Lalang Ultimatum Pemko Medan Serahterimakan Bangunan Bulan Ini

Pasar Kampung Lalang di pagi hari. Foto : IG/@abdi_5antoso

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Ratusan pedagang Pasar Kampung Lalang mengultimatum Pemko Medan untuk segera melakukan serah terima bangunan pasar yang telah direvitalisasi.


“Bulan ini juga Pemko harus serahterimakan bangunan Pasar Kampung Lalang. Kalau sampai ditunda-tunda lagi, kami siap mengelar aksi massal secara besar-besaran,” kata Ketua Pedagang Pasar Kampung Lalang, Erwina Pinem, Senin (10/12/2018).

Erwina mengaku, sudah 20 bulan lebih pedagang tak menempati kios atau lapak di Pasar Kampung Lalang. Terlebih, dalam waktu dekat akan berlangsung perayaan Natal dan Tahun Baru, dimana membutuhkan uang untuk membeli keperluan hari besar keagaaman tersebut. “Kami berharap sebelum Natal dan Tahun Baru sudah menempati kios atau lapak, sehingga dapat berjualan kami. Kalau masih tetap di pinggir jalan, pembeli sepi dan pendapatan jelas menurun drastis,” ujarnya.

Ia menyatakan, informasi yang diterima dari para pedagang, memang secara kasat mata bangunannya sudah selesai. Namun, jika dilihat ke dalam masih perlu dilengkapi lagi seperti paving blok. Akan tetapi, yang perlu dilengkapi tidak terlalu banyak atau tinggal finisihing saja.


“Kalau memang tinggal sedikit lagi pengerjaannya, langsung disegerakan serah terima karena sambil berjalan bisa dikerjakan. Tapi ini tidak, kita tak tahu sampai sekarang karena Pemko tertutup kepada pedagang bagaimana progres pembangunannya. Mereka terus memberi kepalsuan kepada kami,” sebutnya.

Lebih lanjut Erwina mengatakan, para pedagang sudah didata dan bahkan daftar ulang. Namun, setelah itu tidak ada tindak lanjutnya. Padahal, tinggal dibentuk panitia untuk pencabutan nomor kios/lapak dan selanjutnya serahterima.

“Sudah banyak pedagang yang mulai memindahkan barang-barang dari lapaknya karena janjinya, gedung baru mulai bisa dimasuki pada November. Namun ternyata para pedagang masih digantung juga, mau menerima janji palsu yang keberapa lagi? Kalau tahun ini pun enggak, sudahlah, kami ribut pun jadi,” kesal dia.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengaku, serah terima Pasar Kampung Lalang ditargetkan dapat dilakukan akhir tahun ini. “Targetnya tahun ini juga supaya cepat dimanfaatkan pedagang,” kata Akhyar baru-baru ini.

Akhyar menyataka, saat ini proses pembangunan dalam tahap finalisasi oleh kontraktor yang membangun. Apabila sudah rampung, selanjutnya diserahkan kepada Dinas Perkim-PR. “Setelah diserahkan ke Dinas Perkim-PR kemudian ke Bagian Aset. Lalu, ke PD Pasar dan pedagang. Pokoknya secepatnya dituntaskan,” tandasnya. (fir/pojoksumut)