Tak Cukup Menang Lawan PSM, Begini Hitung-hitungan PSMS Lolos Degradasi

Skuad PSMS musim lalu Foto : MO PSMS

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Sorot publik Medan pecinta PSMS akan tertuju pada laga kontra PSM Makassar di Stadion Mattoangin, Minggu (9/12/2018).


Pertandingan pamungkas Liga 1 musim ini akan menentukan banyak hal, meski harus bergantung pada hasil partai lain yang juga digelar serentak.

Laga menjadi sangat krusial sebab, sang tuan rumah juga punya misi menang demi gelar jawara. PSM memiliki 58 poin atau hanya selisih satu poin dari Persija yang berlaga kontra Mitra Kukar.

Bagi PSMS yang saat ini mengumpulkan poin 27, menang adalah harga mati. Kalah atau imbang jelas akan menjerumuskan PSMS ke Liga 2 tanpa harus menanti bagaimana akhir empat tim calon degradasi lainnya, PS Tira, Perseru, Sriwjaya dan Mitra Kukar yang sama-sama mengemas poin 39.


Ya, saat ini ada lima klub yang sedang dalam ancaman degradasi ke Liga 2 musim depan. Dan dari lima klub (PSMS, PS Tira, Perseru, Sriwjaya dan Mitra Kukar) zona degradasi ini akan ada tiga tim yang harus turun kasta hari ini.

Dari klasemen sementara ini, empat klub yaitu Mitra Kukar (peringkat ke-14), Perseru (15), Sriwijaya (16), dan PS TIRA (17), sama-sama memiliki poin 39. Sedangkan PSMS yang berada di posisi paling buncit baru mengoleksi 37 poin.

Hari ini, laga kelimanya digelar bersamaan kick off pukul 15.30 WIB, dimana Persija vs Mitra Kukar, PSM vs PSMS, Persipura Jayapura vs Perseru, Arema FC vs Sriwijaya dan Borneo FC vs PS TIRA.

Lantas, bagaimana hitung-hitungan peluang masing-masing klub tersebut lolos dari degradasi? Dilansir dari Goal Indonesia, begini caranya;

*Berdasarkan pasal 9 poin 4 regulasi Liga 1 2018, penentuan peringkat di klasemen ditentukan dengan urutan jumlah poin.

*Kemudian jika ada dua klub atau lebih memiliki poin yang sama, maka akan berlaku aturan head to head di antara klub terkait. Dengan urutan sebagai berikut:

*Jumlah poin yang lebih tinggi didapat masing-masing klub dari pertandingan yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait;

*Selisih gol yang lebih baik dari masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan diantara klub-klub terkait;

*Selanjutnya dilihat dari jumlah gol memasukkan masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait;

*Jumlah gol tandang masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan (gol tandang dikalikan dua) yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait.

*Jika masih sama, akan dilihat dari selisih gol klub-klub terkait dalam pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan, jumlah gol memasukkan dari masing-masing klub, dan yang terakhir melalui undian dengan mekanisme yang akan ditentukan oleh PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi.

Sehingga hitung-hitungan lolos atau degradasi para klub degradasi seperti ini;

1.Mitra Kukar terdegradasi, jika…
*Kalah atau imbang lawan Persija, sementara dua di antara Perseru, Sriwijaya, dan PS TIRA menang.

2. Perseru terdegradasi, jika…
*Kalah dari Persipura, sedangkan PSMS menang dan salah satu dari Mitra Kukar, Sriwijaya, serta PS TIRA tidak kalah.
*Imbang dengan Persipura, sementara PSMS dan Mitra Kukar/Sriwijaya/PS TIRA menang.

3. Sriwijaya FC terdegradasi, jika…
*Menang atas Arema FC, tapi di laga lain Mitra Kukar dan Perseru juga menang.
*Kalah atau imbang lawan Arema, sementara PSMS atau PS TIRA menang, serta Mitra Kukar atau Perseru minimal imbang.

4. PS TIRA terdegradasi, jika…
*Menang atas Borneo, sedangkan dua di antara Mitra Kukar, Perseru, dan Sriwijaya juga menang.
*Kalah dari Borneo FC.
*Imbang dengan Borneo, sementara dua di antara Mitra Kukar, Perseru, dan Sriwijaya minimal tidak kalah.

5. PSMS terdegradasi, jika…
*Menang atas PSM, namun dua di antara Mitra Kukar, Perseru, Sriwijaya, dan PS TIRA menang.
*Kalah atau imbang dengan PSM.

(goal/nin/pojoksumut)