Rahmat Shah Ingin Kelola Kebun Binatang Medan, Ini Sikap PD Pembangunan

Rahmat Shah saat Ultah ke-82 Taman Satwa Siantar. Di sinilah, Rahmat Shah mengungkap niatnya mengelola Kebun Binatang Medan.

POJOKSUMUT.com, MEDAN-PD Pembangunan Kota Medan selaku pengelola Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo mengaku terbuka jika Rahmat Shah ingin bekerja sama mengelola kebun binatang tersebut. Apalagi, menjadikannya destinasi wisata bertaraf internasional.


“Tentu kita sangat welcome untuk bekerja sama. Jadi, dibutuhkan prosedur atau regulasi-regulasi peraturan yang kita pedomani,” kata Dirut PD Pembangunan Kota Medan, Putrama Alkhairi mengomentari pernyataan Rahmat Shah yang ingin mengelola Medan Zoo akhir pekan ini.

Menurut Putrama, dalam memajukan Kebun Binatang Medan perlu duduk bersama membicarakan pengembangannya. “Pada 21 Desember 2018, kita ada acara peduli satwa. Kita akan undang Rahmat Shah, Gubernur Sumatera Utara dan Wali Kota Medan,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu, akan membahas seperti apa pola kerja samanya dan bagaimana memajukannya. “Sebenarnya obsesi kita sama untuk memajukan agar bertaraf internasional,” aku Putrama.


Diutarakan dia, karena Medan Zoo merupakan aset Pemko Medan, maka pola kerja sama jangan sampai seperti menjual. Sebab, sudah diatur dalam regulasi dan nantinya bisa terkena dalam hal aspek hukum.

“Kalau salah, nanti bisa kena hukum karena sudah diatur dalam undang-undang dan Perda tentang aset-aset perusahaan daerah,” tandas Putrama.

Sebelumnya, Pemilik Taman Hewan Pematang Siantar, Rahmat Shah mengaku siap mengelola Kebun Binatang Medan agar bisa dipermak menjadi lebih baik bertaraf internasional sehingga menambah daya tarik wisatawan.

“Jika nantinya kita dikasih mengelola, akan kita bagusin. Jika ada lebih di Taman Hewan Pematang Siantar akan kita tukar ke sana (Kebun Binatang Medan), begitu juga sebaliknya,” ujar Rahmat Shah kepada wartawan di Medan beberapa waktu lalu.

Tak main-main, Rahmat sudah memiliki rencana yang cukup banyak untuk Kebun Binatang Medan. “Kalau kita ambil alih, akan kita buat kereta api mini, kapal-kapal di air, ada macam-macamlah. Bus juga kita bangun di dalam. Juga permainan anak-anak yang modern. Kita pastikan orang yang akan berkunjung pasti happy, kita juga akan buat restoran yang layak,” jelasnya. (fir/pojoksumut)