6 Manfaat Penggunaan Software Payroll Indonesia dan Kriteria Terbaiknya

Aplikasi Payroll by Mekari.
Aplikasi Payroll by Mekari.

POJOKSULSEL.com – Semakin besarnya sebuah bisnis, membuat seorang pelaku usaha tidak bisa mengerjakannya sendirian. Oleh karena itu, mereka harus mencari pegawai baru untuk membantu menyelesaikan semua bisnisnya.


Apabila terus berkembang hingga ke skala yang lebih besar, bukan tidak mungkin, Anda harus memiliki sebuah sistem kantor yang teratur, seperti pegawai, staff hingga bagian HRD.

Masalah baru muncul ketika Anda telah memiliki staff untuk mengembangkan usaha Anda, yakni bagaimana cara memberikan sistem penggajian karyawan yang efektif? biasanya, tugas ini memang diurus oleh HRD.

Akan tetapi, sudah banyak cara mudah untuk membuat pembayaran gaji pegawai dengan lebih mudah, salah satunya adalah dengan software payroll Indonesia.


Baca Juga : Software Attendance Management Bahasa Indonesia Yang Wajib Diketahui

Keberadaan software payroll Indonesia sangat membantu untuk para HRD yang kebingungan mengurus tagihan gaji para pegawai.

Sistem penggajian karyawan seperti ini juga meringankan HRD yang mempunyai banyak tugas lain, seperti merekap absensi, membuat SOP pegawai hingga mencari calon potensial pegawai baru.

Apa itu payroll system?

Payroll merupakan sebuah sistem penggajian karyawan yang mana tidak perlu menggunakan selembaran kertas lagi sebagai bukti transaksinya. Jadi, setiap pegawai bisa langsung mendapatkan gaji setiap bulannya, tergantung sebuah kebijakan perusahaan.

Misalnya, jika Anda biasa membayar gaji setiap tanggal 25, software payroll Indonesia dari bank akan secara otomatis mengirimkan tanpa ada penundaan waktu.

Keberadaan sistem ini memudahkan pihak HRD yang akan membutuhkan waktu lama apabila harus menghitungnya secara manual. Jika perusahaan Anda memiliki pegawai mencapai 100 orang, bayangkan seorang pegawai HRD harus menghitung gaji pokok, tunjangan, uang makan dll.

Hal tersebut pasti akan memakan waktu yang lebih banyak dari biasanya. Dan yang lebih penting, waktu mereka juga tidak terbuang secara sia-sia.

Lebih lanjut, sebagian besar bank di Indonesia juga telah menerapkan software payroll Indonesia jadi Anda bisa memilih manapun yang Anda inginkan.

Tak perlu khawatir sebab setiap bank telah memiliki sistem yang akurat jadi mereka tidak mungkin salah memasukkan nominal angka.

Manfaat Penggunaan Software Payroll Indonesia?

Ada beberapa alasan mengapa software payroll Indonesia sudah marak digunakan saat ini, yaitu:

1. Mengurangi kesalahan

Uang adalah suatu hal yang sangat sensitif. Anda tidak mau bermain-main dengan gaji karyawan, yang bisa mengakibatkan kekecewaan mereka.

Sama seperti kalkulator yang sedikit lebih baik dalam matematika daripada otak manusia kita, software payroll otomatis lebih baik dalam menghitung pemotongan, gaji lembur, dan komisi yang mempengaruhi gaji karyawan.

Selain itu, jika Anda tidak memasukkan data secara manual, tidak ada risiko salah mengetik nomor atau menyalin data dengan tidak benar. Dengan software payroll, perusahaan Anda dapat meminimalisir human error.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Aplikasi Catatan Penjualan Terbaik

2. Menghemat waktu

HRD, personalia, manajer payroll atau siapa pun dalam perusahaan Anda yang bertanggung jawab terhadap penggajian karyawan, memiliki tugas lain.

Mengotomatiskan beberapa tugas tersebut dengan bantuan software payroll dapat menghemat banyak waktu, bahkan sampai lima jam kerja.

3. Meningkatkan keamanan

Dokumen dan spreadsheet bukanlah tempat yang sangat aman untuk menyimpan data penggajian penting Anda. Dengan sistem payroll otomatis, data Anda dienkripsi dan dilindungi kata sandi, jadi tidak ada orang (selain Anda dan tim Anda) yang dapat mengaksesnya dengan mudah.

4. Menciptakan laporan dengan mudah

Membuat keputusan penggajian strategis atau memprediksi biaya tenaga kerja lebih mudah dengan sedikit bantuan otomatis. Yang tidak mudah adalah menggali semua pekerjaan manual Anda untuk melacak informasi penggajian Anda dan menyusunnya menjadi laporan dengan tangan.

Banyak platform software payroll otomatis akan memberi Anda laporan yang dapat diunduh, sehingga Anda dapat yakin bahwa semuanya berjalan lancar dan Anda membuat keputusan yang tepat untuk organisasi Anda.

5. Menyederhanakan pengarsipan pajak

Pengarsipan dan penghitungan pajak bisa menjadi sangat rumit. Mengikuti semua perubahan ini bisa memakan waktu dan sangat mahal jika Anda salah.

Sistem payroll otomatis melacak pembaruan ini dalam kebijakan pajak, memastikan Anda memenuhi semua tenggat waktu yang benar, dan menghitung pemotongan pajak untuk masing-masing karyawan. Dengan cara ini, Anda dapat merasa yakin bahwa pajak Anda diajukan dengan benar dan tepat waktu.

6. Menghemat uang

Anda mungkin ragu untuk menggunakan sistem payroll otomatis, tetapi American Payroll Association memperkirakan bahwa otomatisasi dapat mengurangi biaya pemrosesan penggajian Anda hingga 80 persen.

Banyak dari manfaat payroll bagi perusahaan yang disebutkan sebelumnya berkontribusi pada biaya keseluruhan yang lebih rendah untuk organisasi Anda.

Jika Anda menghilangkan kesalahan yang paling mahal, Anda dapat menurunkan biaya dalam jangka panjang. Plus, seperti yang mereka katakan, waktu adalah uang yang terutama berlaku untuk bisnis. Tentu dengan begitu perusahan Anda dapat lebih efisien dalam keuangannya.

Kriteria Software Payroll Indonesia Terbaik

Software payroll Indonesia adalah sebuah proses penggajian yang telah terintegrasi dengan sistem komputerisasi melalui software payroll Indonesia.

Penggajian sendiri adalah proses yang wajib dilaksanakan setiap perusahaan untuk memberikan gaji atas pekerjaan yang telah dilaksanakan karyawan. Sehingga perusahaan yang baik dan berkualitas adalah perusahaan yang memiliki sistem penggajian terbaik.

Penggunaan Aplikasi software payroll Indonesia merupakan kewajiban agar perusahaan dapat menjamin kualitas sistem penggajian, namun perusahaan juga seharusnya paham dalam memilih aplikasi software payroll Indonesia yang tepat dan berkualitas.

Ada beberapa kriteria aplikasi software payroll Indonesia yang seharusnya perusahaan pahami dalam memilih aplikasi software payroll Indonesia, antara lain:

1. Pastikan Aplikasi software payroll Indonesia Mendukung Kultur Perusahaan Anda

Setiap perusahaan memiliki budaya kerja masing-masing. Begitu pula dalam hal HR dan Penggajian, setiap perusahaan memiliki sistem penilaian sendiri.

Hal ini menjadi salah satu faktor terpenting bagi perusahaan menentukan aplikasi software payroll Indonesia yang akan dipilih untuk proses payroll system mereka.

Ada banyak software HRD ataupun software payroll system yang beredar sekarang, mulai dari harga yang murah hingga mahal.

Sebaiknya anda jangan fokus pada harga, pastikan anda fokus para fitur-fitur yang disediakan. Jangan anda membeli software HRD yang ternyata tidak sesuai dengan kultur perusahaan anda.

Baca Juga : Ingin Lapor PPN dengan Praktis, Klikpajak.id Memberi Anda Solusinya

2. Kecepatan Proses Aplikasi / Software Tersebut

Kecepatan proses adalah lama proses yang dibutuhkan oleh sebuah software hrd/payroll system dalam mengelola data dan menjalankan proses penggajian.

Biasanya jika sebuah software HRD memiliki waktu proses yang sangat lama akan menyebabkan mundurnya waktu gajian dan pastinya akan merugikan karyawan perusahaan anda.

Maka dari itu penting bagi anda untuk memastikan bahwa software HRD yang akan dibeli memiliki teknologi yang bagus dengan kecepatan yang tinggi.

3. Keamanan

Tentunya anda tidak ingin jika data anda di curi atau dapat di sabotase oleh orang yang tidak memiliki tanggung jawab, apalagi jika telah berkaitan dengan data perusahaan.

Telah banyak berita masalah terjadi kebocoran dan sabotase data oleh orang yang tak bertanggung jawab yang akar permasalahannya terjadi pada keamanan software HRD. Maka dari itu Anda perlu memilih dengan teliti software payroll dengan sistem keamanan data terbaik.

4. Kevalidan Hasil Proses

Tujuan menggunakan software payroll Indonesia pastinya untuk mempermuda HR dalam proses pengajian dan juga untuk menghasilkan data yang valid.

Lantas bagaimana bila ternyata software yang anda gunakan tidak menghasilkan data valid, tentunya terasa sia-sia membelinya.

5. Pelayanan dari provider Software

Biasanya dalam penggunaan software HRD yang telah kita beli, terkadang kita butuh penyesuaian diri dalam menggunakannya. Dan pada masa itu, kita kerap kali masih membutuhkan provider software yang membuat software HRD untuk membantu kita.

Sehingga jika pelayanan yang diberikan oleh provide software tidak baik maka dipastikan anda akan merasa tidak nyaman.

Rekomendasi Software payroll Indonesia Terbaik

Mekari Talenta adalah software salah satu software payroll Indonesia berbasis aplikasi yang mudah digunakan dan mudah terintegrasi dengan software-software lainnya. Jadi anda tidak perlu melakukan perombakan sistem ulang yang membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing.

Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan.

Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Baca Juga : Tata Cara Mudah Menggunakan E-Filing Pajak Melalui KlikPajak

Kelebihan Mekari Talenta:

1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Mekari Talenta ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah.

Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Mekari Talenta ini, berikut ini detail fiturnya.

• Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.

• Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.

• Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.

• Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

Kesimpulan dari artikel ini adalah tidak semua Software HR/Penggajian/Payroll cocok untuk perusahaan anda. ***