Ribuan Orang Ditangkap Soal Kasus Narkotika, Ini Data Ditresnarkoba Polda Sulsel Tahun 2022

Polisi Tangkap Warga Makassar Miliki Sabu 1 Kilogram
Barang bukti sabu 1 kilogram di Makassar. (ist)

POJOKSULSEL, MAKASSAR – Ribuan orang ditangkap karena tersandung kasus narkotika periode Januari-September 2022. Data kasus narkotika di Sulsel tahun 2022 didominasi barang bukti sabu, yakni 65 kilogram.


Data yang dirilis Ditresnorkoba Polda Sulsel terdapat 1.564 laporan kasus narkotika. Adapun tersangka sebanyak 2.114 orang, dengan rincian 1.941 laki-laki dan 173 perempuan.

Dirresnarkoba Polda Sulsel Kombes Dodi Hermawan mengatakan, barang bukti narkotika yang disita dari para tersangka, yakni sabu 65 kilogram, ganja 13,354 kilogram, ekastasi 3.652 butir, obat daftar G 370.184 butir, dan
tembakau sintetis 1,2 kilogram.

“Rincian barang bukti yang berhasik kami sita periode Januari-September paling banyak memang jenis sabu yakni 65 kg,” kata Dodi Hermawan, Senin 19 September 2022.


Kasus terbaru adalah ditangkapnya warga Makassar bernama Sultan yang memiliki sabu 1 kilogram. Sultan ditangkap di rumahnya di Jalan Poros Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya.

Baca juga :

Sultan Tidur Saat Didatangi Polisi Tengah Malam, Ternyata Simpan Sabu 1 Kilogram

Penangkapan yang dipimpin Kanit Timsus Ditresnarkoba Polda Sulsel Kompol Andi Sofyan dilakukan pada Kamis, 15 September 2022 dini hari. STL menyimpan barang bukti 1 kilogram sabu di lantai tiga rumahnya.

Dirresnarkoba Polda Sulsel Kombes Dodi Rahmawan membernarkan penangkapan SLT yang menguasai sabu 1 kilogram di Kota Makassar. “Betul, masih terus dalam pengembangan lidik kelompok sindikat jaringannya,” kata Dodi Rahmawan, Senin, 19 September 2022.

Penangkapan Sultan yang menguasai sabu 1 kilogram berawal dari laporan masyarakat bahwa akan ada transaksi sabu dalam jumlah besar. Laporan masyarakat dilidik oleh Unit Timsus 3 Ditresnarkoba dibantu Resmob Polda Sulsel.

Baca juga :

Polisi Tangkap Warga Makassar Miliki Sabu 1 Kilogram

Gabungan personel mendatangi rumah Sultan pada Kamis dini hari. Saat penggerebekan, Sultan sedang tidur di lantai dua. Polisi lalu menggeledah rumah SLT hingga ditemukan barang bukti sabu 1 Kilogram di lantai 3.

Paket sabu 1 kilogram itu disembunyikan di samping tembok. Sabu 1 kilogram dikemas dalam kemasn teh warna hijau. Dalam paket itu, terdapat 20 saset sabu dengan berat total 1,003 gram.

Baca juga :

Warga Makassar Tewas Dikeroyok Setelah Diteriaki Pencuri

Sabu 1 kilogram itu diakui Sultan adalah miliknya yang rencananya akan dijual kepada pembelinya. Paket sabu itu dikirim ke laboratorium.

Terduga pemilik sabu 1 kilogram disangkakan pasal 114 ayat (2) Sub Pasal 112 ayat (2) Undang-undang Narkotika nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

(muhammad fadli/pojoksulsel)