Tekad Kiper PSM Reza Arya Tembus Skuad Timnas, Pantang Malu di Tanah Kelahiran

Kiper PSM Makassar Reza Arya Pratama

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Kiper muda milik PSM Makassar, Reza Arya Pratama punya mimpi besar dapat membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Unjuk gigi bersama PSM bisa menjadi modal buatnya agar bisa dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong.


Memiliki karir yang terbilang masih panjang, tentunya peluang untuk membela Timnas Indonesia terbuka lebar. Kuncinya adalah bermain konsisten di setiap laga yang dijalani.

“Semoga secepatnya, semua pemain bola pasti mau ke timans. Sama seperti saya, juga punya mimpi main di Timnas,” kata Reza Arya.


Reza, yang merupakan jebolan akademi PSM Makassar bergabung dengan skuad utama sebagai kiper pelapis keempat. Ketika itu, kiper senior seperti Rivki Mokodompit, Hilmansyah, dan Syaiful masih jadi pilihan utama tim pelatih.

Menit bermain sangat jarang dan bahkan kurang didapatkan oleh kiper kelahiran Parepare itu. Memasuki musim 2022, Reza Arya Pratama mulai diberikan kepercayaan gawani PSM Makassar.

Bermula sejak Laga uji coba melawan Persim Maros, OTP Mamuju dan Sulut United FC, Reza Arya Pratama menjadi langganan pelatih kiper Juku Eja. Memasuki ajang kompetisi pramusim, kiper berusia 22 tahun itu kembali dipercaya sebagai benteng terkahir PSM Makassar berlaga melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang.

Penampilannya di bawah mistar gawang hingga mengantar PSM Makassar menang atas Arema FC dibanjiri pujian. Aksi-aksinya cukup memukau menghalau gempuran para pemain Arema FC kembali mencuri perhatian.

Saat Liga 1 bergulir, Reza keudian menjadi pilihan utama pelatih Bernardo Tavares menjaga gawang PSM Makassar. Kiper 22 tahun itu bahkan menggeser seniornya, Rivky Mokodompit dan Harlan Suardi yang baru direkrut PSM musim ini.

Pada pekan pertama Liga 1, pemain jebolan akademi PSM Makassar ini menjadi salah satu pemain kunci kemenangan tim Juku Eja atas PSS Sleman. Bermain sejak menit awal, Reza Arya Pratama terhitung melakukan 5 penyelamatan penting, sehingga mengantarkan PSM Makassar mengamankan 3 poin di kandang lawang dengan kemenangan 2-1.

Hasil positif kembali diraih Reza Arya Pratama saat mengawal gawangnya PSM menghadapi Bali United di pekan kedua BRI Liga 1 musim 2022/2023. Reza sukses clean sheet dan PSM menang 2- 0 atas Bali United.

“Kalau pelatih (Bernardo Tavares) selalu memberikan kepercayaan mudah-mudahan bisa konsisten terus menerus,” jelasnya.

Sejak PSM Makassar bermarkas di Stadion Gelora BJ Habibie, motivasi Reza makin bertambah. Mengingat Parepare adalah tanah kelahirannya. Ia menegaskan tak ingin malu di tanah kelahiran. Bermain di hadapan suporter dan keluarga menjadi motivasi buatnya untuk menjaga gawangnya dari kebobolan.

“Motivasi tentu meningkat karena ada dukungan langsung dari suporter, keluarga dan teman-teman. Semoga saya selalu tampil terbaik dan membantu PSM menang,” terangnya.

Kiper 22 tahun itu mengaku tak gentar menghadapi striker-stiker calon lawan yang punya pengalaman dan jam terbang lebih banyak. Temasuk laga melawan Bali, ketika Spaso yang merupakan top skor Liga 1 musim lalu tak mampu menjebol gawang PSM.

“Sebetulnya semua tim sama, yang jelas siapa yang kerja keras di lapangan itu yang mendapatkan hasil,” yakinnya.

Terkait kepercayaan bermain yang diberikan kepadanya, Reza berkomitmen akan terus bekerja keras dan tampil konsisten. Yang terpenting buatnya adalah memastikan gawang yang dijaganya tidak kebobolan. (islamuddin dini/pojoksulsel)

Berikut ini adalah profil dan biodata Reza Arya Pratama:
Nama : Reza Arya Pratama
Tanggal Lahir : 18 Mei 2000
Tempat Kelahiran: Parepare
Usia : 22 Tahun
Tinggi : 188 cm
Posisi : Kiper
Kaki Terkuat : Kanan
Akun IG : @rezaaryapratama20