Kaji Rencana Keluar dari AFF, PSSI Segera Buat Keputusan

Timnas Indonesia U-16 untuk sementara unggul 2-0 atas Filipina U-16 pada laga perdana Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion MAguwoharjo Sleman, Minggu (31/7) malam. Foto: pssi
Timnas Indonesia U-16 untuk sementara unggul 2-0 atas Filipina U-16 pada laga perdana Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion MAguwoharjo Sleman, Minggu (31/7) malam. Foto: pssi

POJOKSULSEL.com – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terus mengkaji rencana untuk keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan bergabung dengan EAFF.


Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat menyaksikan Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo pada Minggu (31/7/2022) malam.

“Berkaitan dengan keluar dari AFF kami akan diskusikan karena ini memerlukan kajian dengan seksama, apa untung ruginya,” kata Iwan Bule, sapaan akrabnya.

Komisaris Jenderal Polisi itu mengatakan perlu adanya kecermatan sebelum mengambil keputusan untuk bergabung dengan EAFF.


“Kalau di AFF berapa pertandingan dalam setahun, kalau di EAFF berapa kali dan sebagainya, ada plus minusnya,” jelas ketum PSSI.

Dirinya mengungkapkan bakal memberikan pengumuman terkait hal tersebut pada minggu depan.

“Kami putuskan nanti. Yang jelas nanti kami diskusikan dengan exco sehingga kami memutuskan betul-betul telah mengkaji dan mempelajari,” jelasnya.

Wacana keluar dari AFF tersebut mencuat ketika Timnas Indonesia U-19 gagal melangkah ke babak selanjutnya karena dugaan permainan tidak fair play ditunjukkan Vietnam dan Thailand.

Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1 di laga penentuan tersebut. Akan tetapi, di sepuluh menit laga tersisa kedua negara tersebut tampak tak bernafsu mencetak gol.

Para pemain kedua kesebelasan hanya mengoper bola menunggu peluit panjang dibunyikan. PSSI telah melaporkan dugaan kecurangan itu kepada pihak AFF. (mcr25/jpnn/pojoksulsel)