Dollah Mando Tutup Bimbingan Manasik JCH Sidrap Tahun 2022, Ini Pesannya

POJOKSULSEL.com, SIDRAP – Bupati Sidrap, Dollah Mando memberi nasehat dan wejangan kepada ratusan jamaah calon haji (JCH) Sidrap tahun 2022 yang pertengahan bulan ini akan berangkat ke tanah suci.


Hal itu disampaikan Dollah Mando saat menutup Bimbingan Manasik Haji tingkat Kabupaten Sidenreng Rappang di Aula PLHUT (Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu) Kantor Kemenag Sidrap, Kamis (2/6/2022).

“Ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan menjadi salah satu ibadah yang memiliki kekhususan tersendiri. Tidak semua orang berkesempatan melaksanakannya,” ungkap Dollah.


Karenanya, lanjut Dollah, sebuah kebahagiaan yang harus disyukuri ketika kita dapat memenuhi panggilan Allah Subhanahu Wata’ala melaksanakan ibadah haji.

Dollah berharap kepada JCH Sidenreng Rappang agar senantiasa meningkatkan kesabaran dan mengikhlaskan semata karena Allah SWT, serta disiplin mengatur waktu dengan sebaik-baiknya.

“Jaga kesehatan dan dan pelihara ukhuwah sebaik-baiknya,” sambungnya.

Selanjutnya atas nama pemerintah daerah ia menyampaikan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh jamaah calon haji.

“Semoga perjalanan bapak, ibu, saudara, saudari dapat berjalan dengan lancar hingga selesainya seluruh rangkaian ibadah haji dan selamat sampai kembali ke tanah air,” tuturnya.

Kepada para petugas haji, Dollah juga meminta agar tetap serius dan fokus mengurus para jamaah.

“Berikanlah pelayanan dengan sebaik-baiknya, anda diberikan amanah oleh pemerintah sekaligus amanah dari Allah SWT,” pesannya.

Sementara itu Kakan Kemenag Sidenreng Rappang, Muhammad Idris Usman mengungkapkan, tahun 2022 ini jumlah JCH Kabupaten Sidenreng Rappang sebanyak 116 orang,

“Terdiri dari 20 laki-laki dan 96 perempuan yang tergabung dalam kloter 2 bersama Gowa dan Maros, kita diterima di Asrama Haji Sudiang pada hari jumat tanggal 17 Juni 2022 dan berangkat menuju Madinah pada tanggal 18 Juni 2022,” paparnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri, Kabag Kesra, Patriadi, unsur TNI-Polri, pejabat Kemenag Sidrap, dan seluruh jemaah calon haji Kabupaten Sidenreng Rappang. (PemkabSidrap/pojoksulsel)