Mengenal Aplikasi SAP Dan Manfaatnya Dalam Dunia Bisnis

Aplikasi SAP dan Manfaatnya Bagi Dunia Bisnis by Mekari.
Aplikasi SAP dan Manfaatnya Bagi Dunia Bisnis by Mekari.

POJOKSULSEL.com – Tak hanya berpengaruh pada kehidupan sosial, perkembangan teknologi yang melahirkan inovasi digital juga menjadi faktor penting yang mempengaruhi perkembangan bisnis.


Apalagi inovasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pelayanan konsumen hingga kepentingan. Misalnya saja menerapkan Aplikasi SAP. Lantas, apa itu platform SAP? Yuk simak informasinya disini.

Sekilas Tentang Platform SAP


SAP atau System Application and Processing merupakan sebuah platform khusus yang dirancang untuk mengakomodir semua pelaku dalam organisasi bisnis.

Termasuk tenaga kerja, pemasok, tenaga finansial hingga para pelanggan. Tak ayal jika platform ini dapat menjadi fondasi yang kokoh, terbuka dan lincah.

Platform SAP bahkan bisa memberikan visibilitas yang jelas dalam dunia bisnis. Terlebih lagi platform ini sudah dihadirkan berbasis cloud.

Dengan demikian, SAP Platform dapat mengintegrasikan berbagai aplikasi secara kompleks dalam dunia bisnis. Platform ini pun sangat cocok digunakan oleh perusahaan kecil, menengah hingga besar.

Tentu saja, Aplikasi SAP dapat digunakan untuk mengatur sistem perusahaan dengan baik. Platform ini bahkan bersifat terbuka dan transparan sehingga memiliki fungsi pengawasan dengan baik.

Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan SAP untuk mendorong transformasi digital agar bisa berkembang secara kompetitif.

Baca Juga : Ini Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Mengelola Data Karyawan dengan Baik

Manfaat SAP Platform

Manfaat utama yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan SAP adalah sifatnya yang bisa mengintegrasikan berbagai model dalam satu kendali.

Jika dijabarkan, Anda bisa mengemas data dalam satu sumber. Kemudian, data-data tersebut bisa dimanfaatkan untuk memecahkan berbagai masalah di semua lini operasional perusahaan. Menarik, bukan?

Tentu saja, inovasi teknologi yang melahirkan platform ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas kerja.

SAP Cloud yang disajikan dengan tampilan sederhana memiliki halaman antarmuka yang mudah dipahami. Kecepatan inovasinya bahkan sangat lincah dan mudah diakses oleh berbagai pelaku bisnis terkait.

Anda juga tak perlu khawatir akan ancaman kejahatan cyber dan hacker. Lazimnya, Aplikasi SAP yang sudah dibekali dengan keamanan yang canggih bisa meminimalisir risiko masalah yang satu ini.

Hal ini bahkan dibuktikan dengan pembagian sistem akses yang bisa Anda atur secara pribadi hingga menambahkan kode pin agar tidak disalahgunakan oleh pihak terkait.

Selain itu, manfaat lain yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan platform ini terletak pada kebutuhan biaya yang tergolong lebih terjangkau.

Sajian aplikasi cloud dapat membantu menyelesaikan kinerja perusahaan dari berbagai tempat dalam sekaligus.

Anda bahkan bisa merasakan penawaran biaya murah dari platform ini dengan perbandingan infrastruktur on premise.

Demikianlah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui tentang Platform SAP. Lazimnya, platform ini sudah terbukti bagus untuk mengakomodir dan meningkatkan kinerja perusahaan dengan baik.

Keunggulan dari Produk SAP Talenta by Mekari

● Merupakan nilai tambah bagi perusahaan dimana perusahaan bisa menggabungkan dan mengembangkan semua modul aplikasi yang diperlukan oleh perusahaan.

● Aplikasi SAP menghubungkan semua lini produksi dan seluruh departemen perusahaan. SAP dapat dimodifikasi sesuka hati menggunakan bahasa pemrograman ABAP yang diperlukan perusahaan.

● SAP mempunya modul yang saling terintegrasi, dapat dibuat serta dapat dipecah sesuai kebutuhan perusahaan.

● Desain Aplikasi SAP juga dapat dibuat dengan bahasa pemrograman lain seperti java, php, visual basic, asp, vb.net, lotus script, Delphi.

● Aplikasi SAP sekarang telah menguasai pasar SAP pada saat ini.

● Aplikasi SAP telah mendukung transaksi e-commerce melalui internet dengan menggunakan Supply Chain Management.

Baca Juga : 9 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Aplikasi Pengelolaan Keuangan

Walaupun terdapat banyak keunggulan, tapi juga memiliki kelemahan yaitu:

● Biaya investasi dan maintenance yang lebih mahal daripada produk lainnya.

● Dalam implementasi, harus ada kelengkapan data entry dan batas waktunya yang mengharuskan para user disiplin kerja.

● Perangkat lunak yang memiliki tingkat kompleksitas dalam pelaksanaannya sendiri.

● Biaya perangkat lunak yang mahal jika menggunakan jasa profesional.

● Pelaksana implementasi aplikasi yang relatif memiliki risiko tinggi.

● Harga perawatan perangkat lunak serta biaya upgrade software yang relatif lebih mahal dari biasanya.

● Modifikasi yang signifikan pada aplikasi SAP, membutuhkan waktu implementasi yang lama.

3 Contoh Sistem dari Aplikasi SAP

1. Human Resource Management

Aplikasi atau software yang satu ini membantu dalam meningkatkan efisiensi departemen SDM di dalam perusahaan. Ini akan membantu dalam mengelola informasi pegawai.

Misalnya saja penilaian dari kinerja pegawai, keterampilan, kehadiran dan lain-lainnya. Salah satu yang paling penting dari aplikasi ini adalah manajemen penggajian yang mempunyai fungsi untuk mengelola gaji dari karyawan dan lain sebagainya.

2. Sales

Aplikasi yang satu ini bisa membantu menangani kerja dari perusahaan seperti penawaran hingga sales order.

Integrasi aplikasi ini akan membantu dalam mempercepat siklus penjualan serta mendapatkan keuntungan untuk perusahaan yang lebih besar.

3. Inventory

Aplikasi ini mempunyai manfaat untuk membantu melacak serta mengelola barang inventaris di perusahaan. Aplikasi inventaris ini pun bisa membantu dalam memantau tingkat persediaan hingga membuat laporan inventaris.

Penggunaan dari aplikasi atau software atau sistem SAP yang bagus tentu akan memungkinkan untuk terjadinya integrasi aplikasi dengan barcode atau SKU scanner. Aplikasi ini juga menjadi lebih efektif apabila terintegrasi dengan modul pembelian.

Demikian pembahasan di artikel ini tentang SAP itu apa dan contoh-contohnya. Dengan mengetahui mengenai SAP dan contohnya, tentu diharapkan akan membantu Anda yang masih baru dalam hal ini untuk lebih memahami tentang SAP dan tidak lagi ragu untuk menggunakannya.

Pentingnya Aplikasi SAP bagi Perusahaan

Berkembangnya perusahaan atau organisasi membuat produktivitas meningkat adalah tantangan di dunia bisnis, bukan hanya merupakan kesempatan yang dapat membuat bisnis semakin besar, akan tetapi hal itu tidak tidak lepas dari ketepatan, kedisiplinan serta efisiensi produksi perusahaan sangatlah diuji.

Oleh sebab diperlukan lebih dari sistem manual agar berkembangnya perusahaan dapat optimal dan lebih cepat disitulah Aplikasi SAP hadir.

Aplikasi SAP adalah aplikasi yang mendukung integrasi proses bisnis untuk perusahaan besar, menengah ataupun kecil.

Beberapa perusahaan yang sudah menggunakan Aplikasi SAP adalah Astra International dan Blue Bird serta masih banyak lagi.

Mengapa Perusahaan Harus Menggunakan Aplikasi SAP?

• Sales Distribution

Modul ini akan membantu dalam peningkatan efisiensi proses operasional tentang pengelolaan customer order (mulai dari proses sales, shipping sampai billing).

• Materials Management

Modul ini akan sangat membantu dalam hal proses pembelian dan pengelolaan inventory perusahaan.

• Production Planning

Modul ini membantu proses perencanaan dan kontrol kegiatan yang berhubungan dengan produksi
suatu perusahaan.

• Quality Management

Modul ini akan membantu proses dalam hal mengecek kualitas proses dalam keseluruhan rantai logistik pada perusahaan.

• Plant Maintenance

Modul ini akan membantu perusahan mengenai perencanaan proses administrasi dan perbaikan sistem secara teknis.

• Human Resource Management

Modul ini akan membantu perusahaan dalam hal mengintegrasikan proses Human Resource dari aplikasi pendaftaran, administrasi pegawai serta manajemen waktu, dan juga pembiayaan untuk perjalanan sampai hal proses pembayaran gaji pegawai.

Baca Juga : Yuk Kenalan Peran Aplikasi komputer akuntansi, Manfaat dan Kegunaannya untuk Bisnis

• Financial accounting

Modul ini akan membantu perusahaan untuk standard accounting cash management, general ledger dan konsolidasi untuk financial reporting.

• Controlling

Modul ini bekerja untuk cost accounting dan mulai dari cost center accounting serta cost element accounting sampai analisa profitabilitas.

• Asset Management

Modul ini membantu dalam hal pengelolaan semua fixed assets dan meliputi proses asset accounting tradisional serta technical assets management sampai dengan investment controlling.

• Project System

Modul ini bekerja mengintegrasikan semua proses perencanaan project, pengerjaan, dan kontrol pada suatu perusahaan.

Rekomendasi Aplikasi SAP Terbaik

Talenta adalah salah satu merk HRIS (Human Resources Information System), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia.

Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut sebagai mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing.

Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi secara detail, sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan.

Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Menggunakan Talenta by Mekari

Adapun kelebihan Talenta by Mekari yang dapat Anda dapatkan, yakni sebagai berikut:

1. Fitur yang Disajikan Sangat Berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah.

Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya:

Baca Juga : Apa itu Perencana Keuangan, Manfaatnya Serta Penggunaan Aplikasi Keuangan untuk Perusahaan?

• Fitur Payroll

Fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.

• Fitur Manajemen Waktu

Tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.

• Fitur Absensi Mobile

Seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.

• Fitur Database Karyawan

Membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang Sangat Terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

Hingga saat ini, sudah lebih dari 185.000 slip gaji karyawan yang telah didistribusikan setiap bulannya, loh!

Selain kostumisasi, Anda juga dapat mensinkronkan data secara otomatis yang dapat dilakukan secara real-time hanya dengan satu klik saja.

Baca Juga : 5 Tips dan Trik Mempercepat Sirkulasi Barang di Gudang

3. Tim Support yang Efektif dan Responsif

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home (WFH), menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal.

Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Yul, coba Talenta sekarang juga!***