Yuk Kenalan Peran Aplikasi komputer akuntansi, Manfaat dan Kegunaannya untuk Bisnis

Aplikasi komputer akuntansi by Mekari.
Aplikasi komputer akuntansi by Mekari.

POJOKSULSEL.com – Mencari aplikasi komputer akuntansi terbaik ini menjadi sesuatu yang menantang karena setiap software memiliki keunggulannya masing-masing.


Aplikasi komputer akuntansi sendiri merupakan salah satu perangkat lunak yang paling banyak dibutuhkan tidak hanya untuk perusahaan besar saja namun perusahaan kecil pun juga membutuhkan software ini.

Tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan aplikasi komputer akuntansi mengingat akuntansi ini menjadi bagian bisnis yang paling penting.

Sayangnya jika masih ditangani dengan cara manual human error bisa terjadi dan proses perhitungannya lebih lama dibandingkan dengan menggunakan bantuan software atau aplikasi.


Oleh sebab itu perusahaan saat ini harus mulai menggunakan aplikasi komputer akuntansi yang mana disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Mengenal Aplikasi Komputer Akuntansi

Aplikasi komputer akuntansi adalah seperangkat sistem yang dirancang untuk mendukung kegiatan akuntasi dengan berbasis modularitas yang saling terhubung dengan meliputi modul pembelian account payable, penjualan account receivable, buku besar, penggajian, dan sebagainya.

Software tersebut biasanya dapat dikembangkan sendiri oleh perusahaan atau juga dapat bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyediakan layanannya.

Bukan tanpa tujuan, adanya aplikasi komputer akuntansi mampu memudahkan menyusun laporan akuntansi keuangan berupa neraca (balance sheet), laporan laba rugi (profit loss statement), cash flow, dan laporan akhir.

Baca Juga : 9 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Aplikasi Pengelolaan Keuangan

Anda harus melakukan input awal untuk data yang harus diproses pada aplikasi komputer akuntansi. Kemudian Anda bisa menyusun di buku besar dengan kode dan nama yang jelas. Sehingga nantinya buku besar harus memiliki pos-pos yang jelas pada tiap-tiap posisi laporan keuangan, neraca, laba rugi, manufaktur, dan biaya produksi.

Aplikasi komputer akuntansi bekerja secara real-time dari berbagai divisi yang sudah saling berhubungan sebelumnya. Maka dari itu, sebagai contoh Anda tidak perlu menunggu cukup lama untuk mendapatkan laporan laba rugi.

Berbagai transaksi yang berjalan seperti penjualan, pembelian, produksi, stok opname, dan pengeluaran biaya di perusahaan akan secara otomatis masuk dalam jurnal dan selalu diperbarui setiap saat.

Hal inilah yang akan membantu segala proses pembukuan dan perhitungan akuntansi di perusahaan menjadi lebih otomatis dan mudah. Setelah mengetahui pengertian aplikasi komputer akuntansi berikut ini ada beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi komputer akuntansi.

Tujuan Aplikasi Komputer Akuntansi Serta Manfaat & Kegunaan Bagi Bisnis

Seperti yang Anda telah ketahui, pekerjaan yang dilakukan oleh seorang akuntan sangatlah banyak meliputi laporan keuangan, laporan neraca dan lain sebagainya.

Terlebih semua pekerjaan itu dilakukan secara manual menggunakan kertas kerja. Walaupun terkadang mereka menggunakan bantuan Microsoft Excel.

Dalam segi waktu, hal ini tentu saja tidak efisien. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi, semua pekerjaan pun sudah semakin mudah. Apa lagi sekarang sudah banyak aplikasi komputer akuntansi yang beredar seperti Jurnal by Mekari.

Akuntansi merupakan seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterprestasikan keuangan. Terutama keuangan perusahaan Anda. Karena itulah bidang ini bisa dibilang sangat penting untuk menunjang kemajuan perusahaan Anda.

Baca Juga : Ini Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Mengelola Data Karyawan dengan Baik

Peran Aplikasi komputer akuntansi Serta Manfaat & Kegunaan Bagi Bisnis

Aplikasi komputer akuntansi merupakan sebuah aplikasi atau program yang dirancang khusus untuk memudahkan serta mempercepat perhitungan laporan keuangan, neraca dan berbagai bentuk laporan keuangan dalam suatu perusahaan.

Dengan banyaknya transaksi jual beli yang ada, belum lagi jika ditambah dana operasional produksi, semuanya membutuhkan suatu perhitungan yang cermat, cepat namun tetap akurat.

Karena itulah aplikasi komputer akuntansi ini akan sangat membantu sebuah perusahaan dalam mengolah laporan keuangannya.

Apalagi aplikasi komputer akuntansi saat ini telah mengembangkan teknologinya dengan menggunakan cloud system dimana dengan menggunakan teknoloi tersebut, Anda dapat mengakses data akuntansi kapan dan dimana saja dengan data yang ditampilkan secara up-to-date atau real time seperti Jurnal by Jurnal by Mekari misalnya,

Berbagai manfaat dapat Anda dapatkan dengan aplikasi komputer akuntansi Jurnal by Mekari. Tentunya dengan adanya bantuan software ini, kita akan mendapatkan beberapa manfaat yang akan langsung dapat kita rasakan diantaranya:

1. Dapat mengakses langsung ke informasi keuangan

Adanya aplikasi komputer akuntansi, memudahkan Anda dalam mengakses informasi keuangan usaha Anda. Hal ini berlaku, ketika Anda sudah menginput informasi keuangan sebelumnya.

Kemudahan ini memiliki peran besar dalam dunia bisnis, di mana sangat memungkinkan para wirausahawan dalam membuat keputusan dengan cepat dan tepat. Sehingga membuat usaha atau bisnis yang dijalankan menjadi lebih efektif.

2. Dapat dikerjakan kapanpun dan dimanapun

Digitalisasi ini dapat memudahkan penggunanya, para pengusaha dapat menjalankan bisnisnya kapan pun dan di mana pun mereka berada.
Sekaligus hadirnya teknologi digital dapat menghubungkan satu dengan yan lainnya. Hal ini membuktikan bahwa menjalankan bisnis dapat dikendalikan dari mana saja.

Sementara itu, aplikasi komputer akuntansi cloud ini juga dapat diakses dari smartphone Anda. Sehingga ketika tidak membawa laptop atau tidak ingin menggunakan komputer di kantor Anda cukup dengan smartphone saja. Asalkan Anda memiliki koneksi internet, maka akses ke cloud ini dapat dijalankan.

Baca Juga : Alasan Mengapa Menggunakan Aplikasi Database Karyawan Penting untuk Perusahaan

3. Dapat melakukan pelaporan dan analisis dengan cepat

Dengan cloud ini, memudahkan Anda dalam membuat laporan dengan cepat, tepat dan mudah disesuaikan atau sinkronisasi kapan saja.

Aplikasi komputer akuntansi cloud terbaik, memiliki sarana pelaporan yang lengkap. Data yang dihasilkan bisa berupa grafik, laporan varians, dan masih banyak lagi fitur yang dapat digunakan guna membentuk dasbor keuangan bagi perusahaan Anda.

Dasbor yang baik, dapat disesuaikan sesuai kebutuhan untuk membantu semua pengguna untuk menganalisi data, membaca informasi laporan, dan memudahkan pengambilan keputusan bisnis.

4. Dapat mengatur link ke pihak tertentu

Dalam hal ini, link laporan ditujukan kepada penasihat, investor dan dewan direksi pada perusahaan Anda. Karena memiliki penasihat terpercaya adalah kunci dalam pengelolaan keuangan dalam sebuah perusahaan.

Dengan memberikan akses atau mengatur link yang ditujukan langsung ke pihak-pihak ini, Anda bisa bekerja lebih cepat, baik dalam mengelola dan menentukan kebijakan dalam bisnis.

Selain itu, dengan adanya link tersebut juga akan memudahkan untuk menyampaikan informasi mengenai keuangan perusahaan. Hal ini sangat membantu dewan direksi dan para investor.

5. Dapat melakukan alokasi data secara otomatis

Tidak peduli seberapa banyak transaksi yang Anda lakukan, aplikasi komputer akuntansi cloud ini dapat mengalokasikan data secara mudah dan otomatis.

Ketika Anda memasukkan data yang salah, maka secara otomatis software ini akan memberikan sebuah peringatan. Tidak ada lagi keraguan atau ketakutan saat menginput data, karena sudah ada yang bisa membantu mengurangi human error.

Nantinya, pekerjaan pembukuan akan berkurang, pengusaha akan bisa fokus berbisnis, bukan mencatat lagi. Seorang akuntan akan dapat fokus pada nilai tambah dan penasehat daripada menangkap transaksi.

6. Keamanan data lebih terjamin

Adanya teknologi cloud ini dapat menjamin keamanan data terjaga dengan bantuan enkripsi. Anda dapat mengizinkan atau tidaknya seseorang dalam mengakses data dalam cloud tersebut.

Kini, pebisnis cenderung menginginkan aksesibilitas data yang instan, tanpa adanya hambatan untuk mengakses informasi keuangan utama. Selain itu, adanya teknologi cloud ini mengurangi segala resiko yang terjadi, seperti komputer atau laptop yang rusak.

Mengingat, untuk mengakses software ini bisa melalui smartphone, komputer, dan laptop lain selagi masih ada koneksi internet.

Berbeda ketika Anda tidak menggunakan teknologi cloud. Jika data yang Anda simpan diletakkan di memori komputer atau laptop, ketika perangkat tersebut rusak, Anda tidak bisa lagi melanjutkan pekerjaan Anda.

Selain itu, resiko terburuknya adalah data-data penting perusahaan juga ikut hilang. Namun, ketika Anda menggunakan aplikasi komputer akuntansi cloud, hal ini tidak akan pernah terjadi di bisnis Anda.

Baca Juga : Apa itu Software Slip Gaji Karyawan, Fungsi, Aturan, dan Manfaatnya

7. Dapat menghemat waktu dan mengurangi kesulitan

Sudah sangat jelas, ketika menggunakan cloud ini akan sangat menghemat waktu Anda dalam mengerjakan dan mendapatkan informasi keuangan. Selain itu, tidak lagi ada yang namanya kesulitan yang dialami seperti sebelum Anda menggunakan cloud ini.

Proses penyimpanan data pun menjadi lebih mudah, mengurangi penggunaan kertas dan ruang di kantor untuk meletakkan dokumen-dokumen penting.

Hanya dengan memasukkan kata kunci dari data yang ingin Anda ambil, maka Anda bisa langsung mendapatkannya dengan mudah.

Fitur-Fitur Wajib Aplikasi komputer akuntansi

Sebelum memilih aplikasi komputer akuntansi yang cocok dan sesuai visi misi perusahaan Anda, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan tersebut salah satunya yaitu fitur-fitur aplikasi komputer akuntansi yang harus dimiliki. Yuk simak beberapa poin berikut ini.

1. Laporan Keuangan

Pada laporan keuangan adalah yang paling utama. Anda harus memperhatikan kemampuan software dalam melakukan proses akuntansi double entry dan akuntansi akrual.

Fitur lain yang penting adalah laporan neraca untuk menganalisis kondisi keuangan, laporan laba rugi, perubahan modal, arus kas, laporan jurnal, dan laporan buku besar.

2. Fitur Purchasing

Purchasing merupakan kegiatan yang akan selalu ada dalam setiap lini bisnis. Fitur ini akan membantu melihat status dan laporan transaksi seperti pembelian jatuh tempo, pelunasan, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, aplikasi komputer akuntansi juga harus mampu memiliki fitur dalam pembuatan faktur dan retur pembelian, pembelian, dan pengiriman pada supplier produk.

3. Manajemen Utang Piutang

Fitur ini juga sangat penting dalam kegiatan bisnis Anda. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat laporan utang atau piutang dari pelanggan maupun supplier dan mengontrol kapan waktu jatuh tempo utang yang harus dibayar.

4. Financial Forecasting

Fitur satu ini termasuk salah satu fitur yang paling penting, karena dalam setiap jalannya bisnis menginginkan melakukan estimasi biaya pendapatan dengan tepat.

Nah fitur financial forecasting inilah yang dapat membantu dalam mengontrol keuangan dengan bijak karena dapat menghilangkan biaya yang tidak perlu dan keuntungan menjadi maksimal.

Baca Juga : Mengenal Performance Management System dan Manfaatnya untuk Produktivitas Bisnis

5. Budgeting

Dengan adanya fitur ini, anda dapat mencatat segala laporan tentang budgeting yang telah dibuat seperti membuat anggaran bersisa atau tak bersisa yang dapat disesuaikan dengan periode aktifitas bisnis Anda. Fitur ini juga dapat digunakan sebagai untuk menghitung anggaran laba rugi.

Untuk merasakan betapa menyenangkan manfaat aplikasi komputer akuntansi cloud ini, Anda bisa mencoba Jurnal by Mekari. Aplikasi ini merupakan aplikasi komputer akuntansi yang dapat Anda gunakan untuk memudahkan pekerjaan akuntnasi Anda.

Software ini juga menawarkan beberapa fitur yang dapat memudahkan pekerjaan Anda dalam hal akuntansi dan keuangan. Sehingga dengan Jurnal by Mekari, pekerjaan Anda menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

• Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.

• Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.

• Cash link.

• Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.

• Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Nikmati kesempatan free trial aplikasi komputer akuntansi Jurnal selama 14 hari.***