Tahap Pertama Vaksinasi Covid-19 Sasar 3.008 Nakes di Polewali Mandar

Kepala Bidang Penanggulangan Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Polman, Haedar
Kepala Bidang Penanggulangan Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Polman, Haedar. FOTO/IST

POJOKSULSEL.com, POLEWALI MANDAR – Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) siap menyukseskan tahap pertama vaksinasi Covid-19 di tahun 2021.


Kepala Bidang Penanggulangan Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan, Haedar mengatakan, vaksinasi Covid-19 tahap pertama akan menyasar 3.008 (nakes) di Polewali Mandar. Kelompok tenaga kesehatan (nakes) itu terdiri dari bidan, perawat dokter, hingga cleaning service.

Setelah itu, pada tahap selanjutnya akan menyasar masyarakat pada kelompok usia 18 tahun hingga 59 tahun. Ia mengatakan, kelompok usia untuk vaksinasi tersebut diperkirakan dapat mencakup 50 persen dari jumlah penduduk Polewali Mandar

“Pada pelaksanaan di lapangan ada registrasi , screening, pemberian imunisasi, sehingga tidak ada kejadian hal yang tidak diinginkan, yang kita hindari pasca imunisasi vaksin, ” kata Haedar dilansir dari Warta Kominfo SP Polman, Selasa (12/1/2021).


Ia menjelaskan, ada 24 fasilitas kesehatan (faskes) yang akan membuka layanan vaksinasi Covid-19 di Polewali Mandar, yang terdiri dari rumah sakit dan puskesmas.

Ia menambahkan, mekanisme pelaksanaan imunisasi vaksin Covid-19 di puskesmas berupa pembentukan pos-pos pelayanan.

Nantinya, kata dia, ada tiga sesi pelayanan dalam sehari, atau setiap sesi 15 orang , dengan total 45 orang per hari menerima vaksin.

Pada tahap kedua vaksinasi, kata Haedar, akan menyasar petugas keamanan seperti TNI dan Polri. Termasuk menyasar masyarakat lanjut usia (lansia). Namun, hal itu akan menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin.

“Masyarakat diharapkan dapat merespons vaksin tidak perlu khawatir karena pelayanan imunisasi vaksin mencegah hal yang tidak diinginkan di masa pandemi. Masyarakat sebisanya ikut bersama cegah Covid ini, ” ungkap Haedar seperti diberitakan Warta Kominfo SP Polman.

 

Petugas Puskesmas Dilatih

Ilustrasi Vaksin Covid-19
Ilustrasi Vaksin Covid-19.

 

Kepala Puskesmas Anreapi, drg Indrawati Rahim mengatakan, pihaknya sudah melatih 3 petugas puskesmas untuk melakukan penyuntikan vaksin. Ada juga 2 dokter pendamping pelaksanaan imunisasi vaksin Covid-19.

Selain itu, kata Indrawati, peralatan pun sudah tersedia sesuai dengan standar. Ia menjelaskan, pihak puskesmas bersama lintas sektoral akan melakukan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat terkait keamanan vaksin Covid-19 tersebut.

Ia pun meminta kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat agar, tidak terpengaruh pada informasi-informasi hoaks terkait vaksinasi Covid-19.

“Sebab vaksinasi salah satu cara untuk hidup normal seperti sedia kala tentunya dengan imunisasi vaksin Covid-19,” kata Indrawati.

(fly/pojoksulsel)