Tradisi Pawai Obor Sambut HUT Kemerdekaan RI di Gowa

Tradisi Pawai Obor Sambut HUT Kemerdekaan RI di Gowa
IST

POJOKSULSEL.com, GOWA – Tradisi pawai obor digelar dalam upacara Taptu menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Gowa.


Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga mengatakan, tradisi itu bertujuan mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai semangat yang terkandung dalam kemerdekaan, termasuk di dalamnya semangat para pejuang.

“Kita harapkan akan terbangun semangat yang menyala dalam diri masyarakat untuk mempertahankan Kemerdekaan RI dengan seluas mungkin. Semangat dalam hati ini harus bisa kita bangun dan dikobarkan kepada orang-orang disekitar kita. Termasuk mengenang bagaimana perjuangan para pejuang dalam merebut Kemerdekaan RI,” kata Shinto Silitonga usai bertindak sebagai Inspektur Upacara Taptu di halaman Kantor Bupati Gowa, Jumat (16/8/2019).

Dalam upacara tersebut juga dihadiri Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni, Sekretaris Kabupaten Gowa H. Muchlis, Ketua DPRD Gowa Muh. Ishak, jajaran Pimpinan Forkopimda Gowa dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.


Pada momentum Kemerdekaan RI ini mengambil tema “SDM Unggul Indonesia Maju”, dengan itu diharapkan pembangunan nasional kearah kompetensi manusia. Sehingga pembangunan SDM nya bisa menjadi unggul dan hal ini juga bisa dilakukan secara merata khususnya di Kabupaten Gowa.

“Semua instansi dan komponen bergerak untuk meningkatkan kompetensi itu dan yakinlah kita dapat memajukan Indonesia dengan SDM unggul seperti itu,” terangnya.

Upacara Taptu dan pawai obor sendiri diikuti anggota TNI/Polri, Rindam, Satpol PP, Dishub dan anggota Pramuka. Rute yang dilalui rombongan pawai obor yakni Jalan Masjid Raya, Jalan Tinggimae, Jalan Kacong Dg Lalang, Jalan Andi Tonro, Jalan Agus Salim dan kembali ke halaman Kantor Bupati Gowa sekaligus menutup upacara Taptu.

Selama pawai rombongan terlihat menyanyikan sejumlah lagu-lagu kemerdekaan RI. Setelah Upacara Taptu akan dilanjutkan dengan malam renungan suci yang digelar di Taman Makam Pahlawan Romang Lompoa.

(mas/pojoksulsel)