Putihkan Kulit Ketiak dengan 5 Resep Rumahan

deodoran menyebabkan kanker
Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Tak hanya iritasi dan bau tak sedap, masalah lain yang sering dihadapi pria maupun perempuan pada bagian ketiaknya adalah noda hitam. Yup, kulit ketiak yang hitam kadang memang mengganggu rasa percaya diri. Tapi, jika terlanjur hitam, apakah kulit ketiak bisa kembali putih atau normal?


Seperti dilansir dari laman Romper, Kamis (15/8/2019), sebuah studi dalam Indian Dermatology Online Journal, mengungkapkan, sekitar 74 persen orang mendapati kulit ketiaknya gelap dikarenakan beberapa faktor. Seperti usia, berat badan, dan ras.

Tapi, ada juga faktor lainnya yang memengaruhi perubahan warna pada kulit ketiak. Antara lain penggunaan pisau cukur yang salah sehingga mengiritasi kulit. Atau memang sisa mencukur sehingga rambut ketiak yang muncul pada permukaan menimbulkan kesan gelap.

Selain itu, hitamnya kulit ketiak bisa juga disebabkan karena hormon. Ketidakseimbangan dalam produksi hormon dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Penggunaan deodorant yang tidak tepat juga bisa mengiritasi sehingga membuat kulit ketiak jadi hitam.


Dokter Kulit dr. Rachel Nazarian yang berbasis di New York, menerangkan, kulit ketiak yang hitam pada dasarnya tidak berhubungan dengan masalah medis. Namun ia menggarisbawahi, ketika warna kulit ketiak berubah menjadi lebih tebal, Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

“Mereka yang hanya memiliki penggelapan di kulit, tetapi tidak ada perubahan lain, biasanya dapat memperbaiki kulit dengan bercukur yang lebih lembut dan menggunakan krim pemutih seperti yang mengandung asam Kojic, ekstrak akar licorice, atau bahkan menggunakan bahan lembut untuk memperbaiki atau membersihkan ketiak,” ungkap dr. Rachel.

Nah, untuk itu, ada 5 resep alami alias bahan-bahan rumahan yang bisa digunakan untuk mengatasi ketiak hitam seperti dilansir dari Style Craze. Caranya pun mudah dan bisa langsung dipraktikkan di rumah.

1. Lidah Buaya

Kandungan Aloesin yang ditemukan dalam gel lidah buaya bisa menghambat aktivitas enzim pigmentasi kulit. Dengan menghambat aktivitas enzim ini, lidah buaya dapat meringankan ketiak yang berubah warna. Ini juga bersifat antibakteri dan menenangkan bagi kulit yang meradang.

Caranya:

Potong daun lidah buaya dan ambil gelnya. Lalu oleskan bagian gel ini pada ketiak dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Jika ingin hasil yang optimal, lakukan perawatan ini tiap hari.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal karena sifatnya yang melembapkan dan memberi nutrisi bagi kulit. Selain itu juga kaya akan antioksidan. Nah, agar hasil lebih maksimal, Anda bisa campurkan brown sugar. Gula ini akan bertindak sebagai pengelupas sehingga mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Caranya:

Siapkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan brown sugar. Campurkan dua bahan hingga rata lalu gosok selama dua menit pada ketiak. Setelah itu, diamkan 5 menit sebelum dibalas dengan air hangat.

3. Kunyit

Kunyit memang telah lebih dulu dikenal sebagai bahan untuk masker wajah. Tentunya ini karena sifat kunyit yang bisa mencerahkan warna kulit dan juga menghilangkan bintik-bintik. Sehingga, menggunakannya apda ketiak dipercaya bisa mencerahkan bagian yang hitam.

Caranya:

Siapkan 1 sendok teh bubuk kunyit, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok teh madu. Lalu, campur semua bahan dan oleskan pasta pada ketiak. Biarkan mengering selama 10-12 menit lalu bilas. Gunakan masker pada ketiak dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Minyak Almond

Almond mengandung phytochemical kuat yang berfungsi untuk mencerahkan kulit ketiak gelap hanya dalam beberapa kali penggunaan. Mereka adalah zat pemutih alami. Selain itu, vitamin E yang terkandung di dalamnya akan membuat kulit Anda tetap muda.

Caranya:

Pijat area ketiak dengan minyak almond selama 5-10 menit. Ulangi ini setiap hari.

5. Perasan Lemon

Jus lemon memiliki konsentrasi asam sitrat yang tinggi, yang merupakan pengelupas kulit alami dan pemutih. Sehingga dipercaya dapat bekerja sebagai agen pemutih ketiak yang sangat baik.

Caranya:

Potong lemon menjadi irisan tebal dan gosok pada ketiak selama 2-3 menit. Biarkan perasan lemon yang keluar selama 10 menit sebelum dibilas. Lakukan secara teratur 3-4 kali seminggu.

(jpc/pojoksulsel)