Petugas Temukan Hewan Qurban Tak Layak Potong di Makassar

Petugas qurban memeriksa sejumlah hewan qurban
Petugas qurban memeriksa sejumlah hewan qurban

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1440 H, Pemerintah Kota Makassar menurunkan tim pemeriksa kesehatan hewan qurban sebanyak 125 Orang, Senin (5/08/2019).


Tim peneliti kesehatan hewan kurban terdiri dari sejumlah peneliti, seperti Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama Dinas Pertanian dan Perikanan (DP2) Kota Makassar.

Dari hasil laporan pemeriksaan kesehatan hewan Qurban 1440 H/ 2019 M, sesuai laporan Ante Mortem diakumulasi hingga hari ketiga. Untuk hewan Qurban jenis sapi sebanyak 2.418 ekor sapi terdapat 1.946 ekor layak untuk dipotong, sedangkan yang tidak layak potong untuk di qurbankan sebanyak 472 ekor.

Ketidaklayakan pada hewan qurban sapi berdasarkan keterangan 434 ekor belum mencukupi umur, 9 ekor cacat pada telinga, 14 ekor cacat mata (katarak) dan 15 ekor dalam keadaan kurus.


Sedangkan pada hewan qurban jenis kambing, sebanyak 40 ekor populasi yang layak untuk dipotong. Jumlah populasi terperiksa Sapi dan Kambing sebanyak 2.458 ekor.

Untuk jumlah kartu terpakai layak qurban sapi dan kambing sebanyak 1.986 lembar. Sedangkan pengambilan sampel sebanyak 170 slide.Rekapitulasi ini diambil sampai hari ketiga data dan laporan dari 5 tim wilayah pemeriksaan kesehatan hewan qurban.

(upiknyonk/pojoksulsel)