Pelaksanaan UNBK SMA Dimajukan, Ini Jadwalnya

Foto Ilustrasi: Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
Foto Ilustrasi: Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

POJOKSULSEL.com – Perhelatan pesta demokrasi berupa Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 juga berdampak pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA sederajat. UNBK tahun pelajaran (tapel) 2018-2019 akan dimajukan.


Berdasarkan informasi yang diterima, pelaksanaan UNBK untuk SMK akan digelar pada akhir Maret. Sedangkan UNBK untuk SMA akan digelar awal April.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota Blitar dan Kabupaten Blitar, Trisilo Budi Prasetyo mengatakan berdasarkan dengan jadwal biasanya pelaksanaan UNBK tingkat SMA sederajat dilaksanakan pada akhir April.

“Namun untuk tahun 2019 ini, pelaksanaan UNBK dimajukan,” ungkapnya.


Dia menjelaskan untuk UNBK tingkat SMK akan digelar mulai tanggal 25 hingga 28 Maret. Sedangkan untuk UNBK SMA akan dimulai pada tanggal 1,2,4 dan 8 April dengan mata pelajaran mapel bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris dan pilihan.

“Untuk SMA UNBK digelar selama empat hari,” ujarnya.

Menurut dia untuk SMA negeri baik di Kota maupun di Kabupaten Blitar secara keseluruhan bakal menyelenggarakan UNBK secara mandiri. Sedangkan untuk beberapa sekolah swasta di kota maupun Kabupaten Blitar dalam penyelenggaraan UNBK akan menumpang ke sekolah lain.

Ini dikarenakan sekolah belum terakreditasi, belum memiliki sarana dan prasarana serta yang lainnya. “Untuk yang sekolah negeri dipastikan bisa menggelar UNBK sendiri,” jelasnya.

Majunya jadwal UNBK, praktis waktu yang tersisa tinggal sedikit. Untuk itu pihaknya berharap agar siswa-siswi yang akan mengikuti UNBK, memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mempersiapkan jelang UNBK.

“Gunakan waktu sebaik mungkin agar hasil UNBK bisa sesuai dengan ahapan,” imbuhnya.

(jpc/pojoksulsel)