Merokok di Kantor Gubernur Sulsel, Didenda Rp1 Juta

Hentikan Kebiasaan Merokok
Hentikan Kebiasaan Merokok

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tamu kini tidak lagi bisa bebas merokok sembarangan tempat di Kantor Gubernur Sulsel atau pun sejumlah kantor di lingkup Pemprov Sulsel.


Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman telah mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sulsel.

Sebelumnya diberitakan, surat edaran itu dikeluarkan setelah Andi Sudirman melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) dan mendapati salah satu ASN yang sedang merokok di kawasan tanpa rokok, di dalam gedung Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (7/2/2019) kemarin.

Namun, dirinya menampik hal tersebut. Andi Sudirman menjelaskan surat edaran hendak dikeluarkannya sejak lama.


“Sudah lama mau diedarkan tapi baru selesai. Jadi, hanya kebetulan dengan temuan ASN merokok di ruang kerja,” ungkap Andi Sudirman kepada Pojoksulsel, Sabtu (9/2/2019).

Menurutnya, surat edaran yang dikeluarkan bertujuan mengingatkan kembali aturan yang sudah berlaku terkait kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sulsel.

Apalagi, masih banyak ASN yang tidak mengikuti aturan dengan merokok dalam ruang kerja atau dalam kawasan bebas rokok.

Sebagaimana tertuang dalam PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Di dalam Perda ini, setiap oknum yang melanggar Perda tersebut, akan dipidana selama tiga bulan dan denda Rp 1 juta.

(andi maya da/pojoksulsel)