Dinas Dukcapil Makassar Layani KTP Elektronik Setiap Hari Sabtu

KTP Elektronik di Makassar, Disdukcapil Makassar
Kadisdukcapil Makassar Aryati Puspasari Abady

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar membuka pelayanan administrasi kependudukan khusus untuk perekaman maupun pengambilan KTP Elektronik setiap Hari Sabtu.


Langkah tersebut merupakan komitmen Pemerintah Kota Makassar dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang maksimal bagi masyarakat. Meski begitu, pelayanan KTP el juga tetap dibuka Senin sampai Jumat.

Kepala Dinas Dukcapil Aryati Puspasari Abady mengatakan, pihaknya membuka pelayanan Hari Sabtu karena melihat tren masyarakat yang datang ke Kantor Dukcapil cukup tinggi. Rata-rata 600 sampai 800 antrean untuk pengurusan KTP-el.

“Makanya kami buka hari Sabtu. Ini juga untuk mengantisipasi masyarakat yang memang memiliki kesibukan di Hari Senin sampai Jumat,” terang Puspa sapaan akrabnya di Kantor Dinas Dukcapil Makassar, Jalan Teduh Bersinar, Sabtu (9/2/2019).


Sejak dibuka hari ini, kata Puspa, sekitar 150 warga telah mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan KTP-el. Rencananya pelayanan KTP-el di Hari Sabtu bakal terus dibuka Dinas Dukcapil Makassar.

“Kalau administrasi yang lain baik akte dan KK kita anggap cukup pelayanannya di hari-hari biasa,” lanjut Puspa.

Menurut Puspa, sejauh ini persentase warga Makassar yang telah merekam KTP el berada di angka 95 persen dari total warga wajib KTP. Sementara warga yang belum melakukan perekaman diperkirakan sekitar 48 ribu jiwa.

“Itu termasuk yang diblokir data kependudukan dan sebagaian juga anak-anak yang baru berumur 17 tahun,” tukas Puspa.

(muh aliyafid/pojoksulsel)