5 Makanan Wajib Khas Imlek, Dari Lumpia hingga Pangsit Serta Artinya

Perayaan Imlek di Tahun 2019
Perayaan Imlek di Tahun 2019

POJOKSULSEL.com – Pada Tahun Baru Tionghoa, ada sejumlah menu spesial yang diyakini membawa keberuntungan untuk tahun yang baru Imlek 2019.


Simbol keberuntungan dari makanan tradisional Tahun Baru Tionghoa ini didasarkan pada pengucapan atau penampilannya. Selain itu persiapan, cara melayani dan mengkonsumsinya juga menentukan makna itu sendiri, dilansir dari China Highlights, Selasa (5/2).

1. Ikan Kukus

Ikan kukus adalah salah satu resep Tahun Baru Tionghoa yang paling terkenal. Jenis Ikan yang biasanya disantap adalah Ikan Gurame Lumpur yang berarti hadiah, sehingga melambangkan harapan untuk keberuntungan. Selain itu Ikan Lele yang berarti tambahan rezeki.


Biasanya dua ikan ini bisa dihidangkan pada Malam Tahun Baru dan satu pada Hari Tahun Baru, sebagai makna harapan dan surplus tahun demi tahun.

2. Pangsit

Sejak lebih dari 1.800 tahun lalu, pangsit merupakan makanan klasik, dan hidangan tradisional yang dimakan pada malam tahun baru di Tiongkok. Pangsit Tiongkok dibuat seperti Ingots Perak Tiongkok. Pangsit memiliki makna membawa kekayaan dan harta, keinginan yang sangat besar untuk menghasilkan uang dan mengumpulkan banyak uang.

3. Lumpia

Lumpia merupakan hidangan yang sangat populer. Lumpia hadir dalam bentuk gulungan silinder diisi dengan sayuran, daging, atau sesuatu yang manis lalu digoreng dengan warna keemasan. Sebab lumpia goreng terlihat seperti batangan emas, makanan ini memiliki makna yaitu keinginan untuk kemakmuran.

4. Kue Beras Ketan

Kue beras ketan adalah resep tradisional Tahun Baru Tionghoa. Dalam bahasa Tiongkok, kue beras ketan memiliki makna semakin tinggi Anda semakin makmur bisnis Anda merupakan suatu peningkatan dalam kehidupan.

5. Mie

Mie melambangkan keinginan untuk umur panjang dan memakan mie merupakan simbol penghargaan terhadap kehidupan. Sebaiknya pilihlah mie yang panjang lebih dari mie normal. Dalam penyajiannya sebaiknya tidak dipotong, baik digoreng atau direbus. Agar lebih nikmat sajikan dalam mangkuk lengkap dengan kaldu.

(JPG/pojoksulsel)