Antisipasi KLB DBD, Danny Pomanto Pimpin Fogging di Kecamatan Mariso

Antisipasi KLB DBD, Danny Pomanto Pimpin Fogging di Kecamatan Mariso
Antisipasi KLB DBD, Danny Pomanto Pimpin Fogging di Kecamatan Mariso

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Walikota Makassar Danny Pomanto memimpin pelaksanaan fogging dan penyerahan bubuk abate untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (BDB) di Kelurahan Kampung Buyang Kecamaran Mariso.


Menurut Danny Pomanto, hal itu merupakan langkah awal untuk menekan perkembang biakan jentik nyamuk di setiap sudut kota Makassar. Meskipun, Kota Makassar belum memasuki zona Kejadian Luar Biasa (KLB) pada korban DBD.

“Kota masih berada dizona aman dibandingkan awal tahun 2018 lalu. Untuk itu antisipasi ini sangat berguna dilakukan untuk menjaga masyarakat dari penyakit mematikan itu,” kata Danny Pomanto.

Hal senada juga dikatakan Camat Mariso Juliaman. Menurutnya, fogging dilakukan sebagai langkah penanggulangan mengingat di beberapa daerah telah terjadi Kejadian Luar Biasa DBD meski dalam status aman.


“Untuk mengantisipasi DBD harus dilaksanakan pelaksanaan Fogging di Wilayah Mariso. Sasarannya pemukiman warga padat penduduk,” kata Juliaman saat ditemui di sela-sela acara BLPBJ Kota Makassar di Hotel Claro, Senin (4/2/2019).

Sejauh ini, kata Juliaman, ada dua warga di Kecamatan Mariso terjangkit penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti tersebut.

“Untuk saat ini sudah ada dua yang terkena di Kecamatan Mariso. Tapi sudah ditangani dengan baik,” lanjut Juliaman.

Meski begitu, Juliaman meminta peran serta masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran nyamuk Aedes Aegypti dilingkungan masing-masing dengan memberantas sarang nyamuk. Pasalnya, fogging hanya membunuh nyamuk dewasa saja.

“Masyarakat harus turut berperan aktif dalam penanggulangan DBD,” ujar Juliaman.

(muh aliyafid/pojoksulsel)