Tugas Berat Menanti Darije Kalezic

Darije Kalezic
Darije Kalezic diperkenalkan sebagai pelatih baru PSM Makassar.

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Darije Kalezic dipilih menjadi pelatih PSM Makassar selama satu musim kedepan. Darije menggantikan posisi Robert Rene Alberts yang mundur dari kursi kepelatihan karena alasan kesehatan.


Darije Kalezic dipilih sebagai suksesor Robert lantaran dianggap memiliki pengalaman mumpuni untuk membawa PSM juara tahun ini. Karir kepelatihan yang pernah menangani sejumlah klub ternama diharapkan memberikan kontribusi positif bagi Pasukan Ramang.

Resmi dikontrak selama satu tahun, tugas berat pun menanti mantan pelatih PSV Eindhoven U21 ini. Pasalnya, CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin pun memberikan target khusus kepada Darije Kalezic.

Menurut Appi sapaan akrabnya, Darije Kalezic harus mampu meningkatkan prestasi tim. Baik di level nasional maupun di kancah Asia.


“Target (Liga 1) setegah musim di posisi tiga besar lah. Kalau AFC saya target lolos baru bicara selanjutnya,” kata Appi di Hotel Aryaduta, Sabtu (2/2/2019).

Meski begitu, pelatih berkebangsaan Bosnia-Herzegovinian ini pun tak tertekan dengan target juara yang dibebankan Manajemen Juku Eja musim ini. Pasalnya, Darije Kalezic sudah terbiasa dengan tekanan dan tuntutan baik dari manajemen maupun suporter.

“Setiap kali saya memulai pekerjaan sebagai pelatih, satu hal yang sangat jelas bahwa saya memiliki virus di dalam tubuh untuk menangkal tekanan. Jika kalian bilang PSM tidak mendapat gelar selama 18 tahun, kenapa saya harus tertekan karena itu?” ujar Darije Kalezic.

“Tapi saya datang ke sini (Makassar) karena satu alasan, untuk melakukan apapun itu untuk memenangkan trofi,” kata Darije menambahkan.

Meski belum mengetahui komposisi pemain tim Juku Eja, namun Darije Kalezic cukup optimistis membangun kekuatan dengan pemain yang ada saat ini. Tapi, kata dia, perlu adaptasi terlebih dahulu.

“Minggu depan saya akan mempelajari para pemain dan para staf, seiring waktu saya yakin kalau kita akan saling berkembang,” tukas Darije Kalezic.

(muh aliyafid/pojoksulsel)