Dishub Makassar Tertibkan 60 Orang Pak Ogah, di Jalan Hertasning Paling Banyak

pak ogah makassar
Dishub Makassar Tertibkan 60 Orang Pak Ogah, di Jalan Hertasning Paling Banyak

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berkomitmen menertibkan pak ogah di sejumlah ruas jalan di Kota Makassar. Terbukti, sebanyak 60 pak ogah berhasil terjaring dalam sebulan operasi penertiban.


Berdasarkan keterangan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Muh Iqbal Asnan, penertiban dilakukan sejak 2 Januari sampai 2 Februari 2019 kemarin. Operasi dilakukan di enam ruas jalan.

“Total pak ogah yang sudah ditertibkan dari 2 Januari sampai 2 Februari 2019 sebanyak 60 orang,” kata Iqbal, Minggu (3/2/2019).

Pak ogah yang paling banyak ditertibkan berada di Jalan Hertasning yakni 18 orang. Jalan Sultan Alauddin tujuh orang, Jalan Urip Sumiharjo sembilan orang, Jalan A.P Pettarani 13 orang, Jalan Perintis kemerdekaan tujuh orang, dan enam orang di Jalan Veteran.


Iqbal sebelumnya mengatakan, pak ogah yang berhasil terjaring dalam razia bakal dibina kemudian dibuatkan surat pernyataan.

“Dibina sebagai orang tua kita harus menasehati jangan sampai nakal. Kita buatkan surat pernyataan sebagai alat bukti tidak akan mengulangi perbuatannya,” kata Iqbal saat dikonfirmasi, Sabtu 19 Januari lalu.

Iqbal mengungkapkan, pihaknya terus memaksimalkan personel Dishub Makassar dalam menertibkan keberadaan pak ogah yang dinilai kerap meresahkan pengguna jalan. Khususnya para pengendara roda empat.

“Intinya kita bergerak (menertibkan pak ogah) dengan memaksimalkan anggota yang ada,” tambah Iqbal.

Selain menertibkan pak ogah, Dishub Makassar juga terus menegakkan Peraturan Walikota nomor 64 tahun 2011 tentang larangan memarkir kendaraan di badan jalan. Beberapa kendaraan yang melanggar bakal digembok dan dilakukan penilangan.

“Anggota setiap hari terus bergerak dari pagi sampai jam 10 malam untuk operasi,” tukas Iqbal.

(muh aliyafid/pojoksulsel)