Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa di Enrekang, Luthfi Mutty Tekankan Pengamalan Sila Pancasila

POJOKSULSEL.com, ENREKANG – Anggota DPR/MPR RI Muchtar Luthfi Mutty melakukan sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara di GOR Kaju Colo, Kelurahan Balla, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, Selasa (22/1/2019).


Sekitar 150-an orang peserta yang hadir pada acara sosialisasi tersebut sangat antusias mengikuti pemaparan dari Muchtar Luthfi Mutty terkait dengan unsur-unsur perekat kehidupan bernegara.

Pada kesempatan itu, legislator Partai NasDem ini kembali mengingatkan tentang empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

“Asas negara adalah Pancasila, jadi pengamalan sila-sila Pancasila harus ada dalam kehidupan keseharian. Utamanya menjaga persatuan dengan mengedepankan musyawarah. Dalam adat lokal, membudayakan sipakatau dan sipakainga’,” ujar Luthfi Mutty.


Luthfi Mutty menyebutkan, pengamalan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila akan membawa masyarakat untuk menghargai perbedaan, baik perbedaan pendapat, perbedaan pandangan politik, hingga perbedaan yang terkait dengan suku, ras dan agama.

Setelah sikap saling menghargai dan toleransi timbul menurut Luthfi Mutty, pada akhirnya akan tumbuh kesadaran warga negara untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan prinsip kebhinekaan yang menganut berbeda-beda tapi tetap satu jua akan abadi.

“Empat pilar berbangsa dan bernegara ini saling terkait satu sama lain, tak bisa dipisahkan. Tapi, sebagai asas atau dasar negara, pengamalan nilai-nilai pada sila yang terkandung pada Pancasila adalah pokoknya,” pungkas Luthfi Mutty.

(kin/pojoksulsel)