Respon Rencana Wagub Sulsel, Pemerintah Akan Buka Pusat Perbenihan di Luwu

sudirman sulaiman
Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Direktur Jenderal Perbenihan Perkebunan Kementerian Pertanian kabarnya akan segera membuka pusat perbenihan di daerah Luwu Raya.


Itu dilakukan menyusul sejumlah program pertanian Pemprov Sulsel yang digagas oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Program tersebut menurut Andi Sudirman Sulaiman, bertujuan untuk menyokong agenda mengembalikan kejayaan kakao di daerah Luwu Raya. Sehingga, pemerintah akan menyiapkan inovasi berteknologi maju.

“Sebagai kunci variabel didalamnya adalah benih itu sendiri khususnya komoditas kakao,” ujar Dirjen perbenihan Perkebunan Ir Muhammad Anas saat menghadiri Hari Perkebunan ke-61 di Bandung, Senin, (10/12/2018).


Anas menambahkan, rencana menyokong produktivitas kakao itu juga akan dilakukan di daratan Sulawesi secara umum, bahkan daerah di sekitarnya. Pemerintah akan menyuplai benih untuk peremajaan tanaman-tanaman kakao yang sudah tua.

“Dengan adanya ketersediaan benih ini akan tersaji penyediaan benih gratis kepada masyarakat yang bersertifikat unggul akan dijamin keunggulannya,” papar Anas.

“Tingkat produksi nantinya akan mencapai 2 hingga 3 ton, sehingga tanaman-tanaman kakao yang sudah tua ini diganti dengan varietas unggul dan bersertifikat dipastikan Sulsel, dan kami dari Kementerian Pertanian melalui penegasan bapak Menteri, akan mendukung sepenuhnya program tersebut,” tandas Anas.

(gunawan songki/pojoksulsel)