Laode Amijaya Raih Gelar Doktor di UNM, Ini Disertasinya

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Laode Amijaya Kamaluddin bidang Administrasi bidang Administrasi Publik, berhasil mempertahankan disertasinya untuk meraih gelar Doktor pada rapat senat terbuka di Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar (UNM), Kamis (6/12/2018).


Laode Amijaya mempersentasikan disertasinya yang bertajuk ‘transformasi organisasi pada Perum Bulog, topik utama yang dianalisis pada karya penelitian ini adalah proses pergeseran perilaku dan budaya SDM Perum Bulog yang selama ini berjiwa birokrat dan paternalistik, kurang memiliki sense of business dan sense of entrepreneurship mesti bertransformasi menjadi SDM yang lebih visioner di mind of bussines’ di hadapan salah satu Penguji Prof. Amir imbaruddin.MDA.Phd.

Dalam pemaparannya, Laode Amijaya menjalaskan, Beras dan dan Keutuhan NKRI Posisi pangan ternyata bukan hanya sekedar sumber keberlanjutan hidup bagi manusia.

“Tetapi keberlanjutan sebuah bangsa juga sangat bergantung pada pangannya sehingga negara melalui pemerintah wajib berhati- hati dalam kebijakan panganya, demikian halnya bangsa Indonesia, beberapa peristiwa besar dan gerakan rakyat di negeri dipicu oleh masalah pangan,” ungkap Laode.


“Sebuah bangsa boleh menunda, teknologi untuk rakyat, boleh menunda Industri untuk rakyat, Tapi tidak boleh menunda Beras untuk rakyat, tidak akan mampu pemerintah menstabilkan negara apabila beras yang bermasalah,” tambah Laode Amijaya.

Sehingga, kata Laode Amijaya, Perum Bulog sembagai Lembaga negara yang mengatur manajemen perberasan perlu bertransformasi dengan berorientasi pada costumer driven yang memastikan keterjangkauan masyarakat terhadap beras.

“Mudah didapatkan setiap waktu, menjamin ketersedian stok pangan dan lainnya,” beber Laode Amijaya.

“Perubahan Bulog yang dulunya Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) menjadi PERUM, bukan hanya tranfsformasi simbolik tetapi perubahan yang menyuluruh pada Budaya organisasi,” sambung Laode Amijaya.

Terpantau, beberapa undangan yang hadir pada acara ini diantaranya Kadivreg Bulog Prov. Sulawesi Selatan, Wakil Bupati Konawe Selatan dan Guuru Besar Ilmu Sosial Unhalu Kendari Prof. Laode Murjani.

(gunawan songki/pojoksulsel)