Keren… SMP Negeri 4 Sendana Peringati Hari Pahlawan Nasional dengan Tanam Mangrove

SMP Negeri 4 Sendana Peringati Hari Pahlawan Nasional dengan Tanam Mangrove
SMP Negeri 4 Sendana memperingati Hari Pahlawan Nasional dengan menanam mangrove.

POJOKSULBAR, MAJENE – Momentum Hari Pahlawan Nasional 2022 diperingati SMP Negeri 4 Sendana, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, dengan mengajak siswa-siswi menanam mangrove.


Penanaman mangrove dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional tahun 2022, dilakukan di Pantai Leba-Leba, Desa Tammerodo Utara, Kecamatan Tammerodo Sendana, dengan melibatkan 270 siswa-siswi, guru-guru, beserta tenaga kependikan.

Sebanyak 5 ribuan lebih bibit mangrove ditanam pada lahan seluas satu hingga dua hektare di Pantai Leba-Leba. Tidak hanya itu, penanaman mangrove pada peringatan Hari Pahlawan Nasional juga melibatkan NGO di antaranya Mangrove Learning Center atau MLC, mahasiswa Kehutanan Unsulbar, dan mahasiswa KKN UNM.

Kepala SMP Negeri 4 Sendana, Hairil Anwar S.Pd.I mengatakan, penanaman mangrove untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional 2022 diprakarsai oleh Sispala SMP Negeri 4 Sendana, dengan melibatkan lembaga pendidikan.


“Kemudian yang luar biasa pada tahun ini memperingati Hari Pahlawan, karena kita bisa membangun komunikasi dan kerja sama dengan teman-teman di lembaga pendidikan,” kata Anwar, Kamis 10 November 2022.

Baca juga : Polman Diperkuat Eks Kiper PS Sandeq di Piala Gubernur Sulbar

Anwar menjelaskan, penanaman mangrove di Pantai Leba-Leba diawali dengan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional, dengan berbagai prosesi, di antaranya menyanyikan lagu Indonesia Raya dan menyampaikan 10 pesan pahlawan nasional. Kemudian dilanjutkan dengan bimbingan teknis penanaman mangrove.

Anwar mengatakan, pesan yang ingin disampaikan oleh SMP Negeri 4 Sendana lewat menanam mangrove sebagai bentuk memperingati Hari Pahlawan, adalah bagaimana momentum tersebut tidak sekadar acara seremoni belaka. Melainkan, harus menyampaikan pesan lewat aksi.

Menurutnya, pelestarian lingkungan dengan menanam mangrove adalah aksi nyata, yang bisa menjadi pelajaran bagi siswa-siswi SMP Negeri 4 dan masyarakat. “Bahwasanya bentuk penghormatan dan penghargaan pahlawan itu tidak harus selama ini dilakukan dengan tujuan atas prosedur. Tapi upaya pelestarian lingkungan adalah harapan kita semua, dan harapan pahlawan kita,” urai Anwar.

Baca juga : Akmal Malik: Butuh Enterpreneur Mengenalkan Sulbar

Selama ini, kata Anwar, SMP Negeri 4 Sendana terus mengedepankan pembiasaan kepada para siswa-siswi. Misalnya, jika berbicara pelestarian pantai, maka siswa harus didekatkan dengan pantai untuk melihat dan merasakan langsung suasana pantai.

“Kemudian melakukan kegiatan-kegiatan yang memang mengarah pada upaya pelestarian, di antaranya penanaman mangrove untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional tahun 2022,” ungkap Anwar.

(fadli/pojoksulbar)