BSI Siap Dukung Pelaksanaan Festival Sandeq 2022

POJOKSULBAR.com, JAKARTA – Pj Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik bertemu dengan Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI) Arief Rosyid Hasan di Jakarta, Senin (25/7/2022) malam.


 

Pada pertemuan itu, BSI melalui Arief Rosyid menyatakan siap mendukung pelaksanaan Festival Sandeq yang akan digelar akhir tahun ini di Mamuju, Sulawesi Barat.


 

“BSI sebagai salah satu lembaga keuangan terkemuka sudah menyatakan siap mendukung pelaksanaan Festival Sandeq 2022. Support ini akan sangat membantu upaya menyukseskan Festival Sandeq yang merupakan kebanggaan masyarakat Sulbar,” ujar Akmal Malik.

 

Festival Sandeq rencananya akan diikuti sekitar 34 perahu Sandeq dan akan berlayar mengarungi selat Makassar. Akmal Malik menyatakan, 34 perahu Sandeq merupakan simbol jumlah provinsi di Indonesia dan merupakan wujud kalau Indonesia mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara.

 

Pada kesempatan pertemuan antara Akmal Malik dan Arief Rosyid, keduanya juga membahas tentang rencana kerjasama antara BSI dan Pemprov Sulbar untuk membangun ekositem ekonomi syariah di Sulawesi Barat dengan melibatkan kalangan milenial sebagai generasi terdepan dalam pembangunan.

 

“Secara keseluruhan, kami siap mendukung pelaksanaan Festival Sandeq 2022 dan juga membangun kerjasama strategis khususnya di bidang ekonomi syariah dengan Pemprov Sulbar yang saat ini dipimpin Pak Akmal,” jelas Arief Rosyid.

 

Diketahui, Festival Sandeq 2022 akan mengambil rute dari Mamuju, Sulawesi Barat menuju Ibu Kota Negara (IKN). Pembukaan festival perahu tercepat tanpa mesin di dunia itu diagendakan pada awal September 2022.

 

Simbolisasi dukungan 34 provinsi untuk pembangunan IKN itu dibungkus dengan budaya mandar melalui Festival Sandeq. Akmal menjelaskan, kearifan lokal budaya Mandar sangat bagus sebagai simbol hubungan Indonesia terhadap IKN.

 

Event sandeq race pada festival ini akan diikuti 34 peserta dengan rincian 20 Sandeq lomba, 10 Sandeq pallarung dan 4 Sandeq parroppong. Ada enam etape yang dilalui mulai dari Tanjung Silopo di Polman hingga finis di Balikpapan Super Blok (BSB) di Balikpapan, Kalimantan Timur dengan membelah Selat Makassar.

 

Pihak panitia pelaksana diketahui juga melakukan koordinasi dengan Angkatan Laut RI untuk menyiapkan dua kapal mengawal pada Pa’sandeq ketika melintasi Selat Makassar. Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan Pa’sandeq sebagai syarat utama kegiatan Festival Sandeq 2022 ini. (***)