Tangis Haru Iriana hingga Sang Menantu Bobby Nasution Iringi Prosesi Sungkeman dan Siraman Kaesang Pangarep

Siraman Kaesang
Prosesi siraman Kaesang Pangarep oleh Presiden Jokowi dan keluarga. Foto : Instagram/@bobbynst.

POJOKSATU.id, PRESIDEN Jokowi Widodo beserta keluarga telah selesai melaksanakan rangkaian prosesi siraman Kaesang Pangarep di Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022).


Siraman Kaesang yang dilaksanakan sehari sebelum pernikahan dengan Erina Gudono itu diwarnai dengan tangis haru bahagia anggota keluarga. Diantaranya, Ibu negara Iriana, juga sang menantu Bobby Nasution.

Presiden Jokowi mengatakan prosesi siraman putra bungsunya yang besok melepas masa lajangnya itu berjalan lancar.

Jokowi juga mengungkapkan dalam prosesi siraman itu Kaesang sampai menangis. “Tadi nangis enggak mas (Kaesang)? Nangis-nangis. Tadi Ibu Iriana juga nangis. Mas Bobby aja nangis juga tadi,” ujar Jokowi dilansir dari Radar Solo.


Iriana menambahkan tangis putranya serta sang menantu adalah luapan kebahagiaan. “Nangis senang, nangis bahagia,” timpalnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengenakan pakaian adat Jawa warna magenta. Sedangkan Iriana mengenakan kebaya corak bunga warna pink dan hijau muda. Bleketepe menggambarkan kesepakatan melangsungkan pernikahan dengan adat Jawa.

BACA JUGA : Pernikahan Kaesang-Erina Disiarkan Live di TV, Ini Jadwal Rangkaian Acaranya

Jokowi bersama Iriana kemudian membuka tuwuhan atau pisang raja dihiasi janur dan kelapa cengkir gading yang ada di sebelah kanan dan kiri pintu masuk rumah kediamannya.

Acara dilanjutkan dengan sungkeman. Kaesang Pangarep meminta doa restu kepada orang tua sebelum dilaksanakan siraman dengan air yang diambil dari tujuh mata air. Yakni dari Keraton Kasunanan, Mangkunengaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan rumah kediaman Solo.

Sementara itu, Kaesang Pangarep mengakui menangis saat sungkeman kepada kedua orang tua. “Saya sempat menangis terharu dan bahagia saat sungkeman dengan ibu dan bapak,” ucap Kaesang.

Jokowi mengatakan acara sungkeman dan siraman Kaesang berjalan lancar. Dia berharap akan sama dengan berbagai proses pernikahan Kaesang termasuk acara utama akad nikah, resepsi dan ngunduh mantu.

“Harapan kami agar ke depan keluarga Mas Kaesang dan Mbak Erina bisa menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

Setelah siraman ini, Jumat malam akan dilanjutkan dengan midodareni yang akan digelar di rumah pihak perempuan. Kemudian ijab kabul dan resepsi bakal digelar di Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). Lalu acara ngunduh mantu dan tasyakuran pernikahan di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (11/12/2022).

Jokowi juga memohon maaf apabila acara mengganggu kenyamanan warga. “Kami sekeluarga mohon maaf sebesar-besarnya terutama masyarakat Solo dan Jogjakarta,” ucapnya. (ves/ria/pojoksatu)