Profil Marthino Lio, Pemenang Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2022

FFI 2022
Marthino Lio. Foto : Instagram/marthinoli.

POJOKSATU.id, AKTOR Marthino Lio memenangkan penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2022. Berkat perannya sebagai Ajo Kawir di film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas.


Marthino Lio meraih piala FFI 2022 menyingkirkan aktor-aktor pesaing di nominasi tersebut yaitu Bio One, Kevin Ardilova, Okan Antara, Vino G Bastian.

Ini merupakan penghargaan pertama pemilik nama lengkap Rafael Guiliano Marthino Lio di ajang FFI.

Selain punya skill akting, Marthino yang lahir 26 Januari 1989 juga bisa bernyanyi juga model.


Dia pertama kali merintis karirnya di dunia entertainment saat mengikuti pemilihan cover boy untuk majalah Aneka Yess! pada tahun 2004. Dimana dia keluar sebagai juara kedua.

Selanjutnya, tahun 2005, dia menyandang gelar Putra Bahari setelah menjuarai ajang Putra Putri Bahari.

BACA JUGA : Profil Ladya Chery, Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2022, Tersohor dari AADC, Sempat Vakum dan Tinggal di AS

Tak banyak yang tahu, pada tahun 2016, Marthino adalah penyanyi lagu untuk film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2 yang berjudul Ratusan Purnama bersama Melly Goeslaw.

Marthino sempat bercerita bagaimana dia mempelajari bagaimana karakter Ajo Kawir. “Mulai cara jalannya, cara ngomongnya,” ujarnya di YouTube Paralis Film.

Di film ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’, Ajo Kawir adalah jagoan yang tak takut mati. Di tengah adegan perkelahian, ada kisah asmara dengan Iteung yang diperankan Ladya Cheryl.

Selain sukses di dunia filmnya, Marthino juga menyandang status suami dari Delia Husein. Dikabarkan ini pernikahan keduanya, sedangkan mantan istrinya adalah nita Fauziah dan mendapat dua orang anak.

Usai diumumkan sebagai pemenang di FFI, Marthino Lio mengucapkan terima kasih atas dukungan sang istri, Delia. “My muse, my rock when i am in the middle of a crowd having an anxiety attack. Thanks for keeping me sane and insane at the same time,” tulisnya di Instagram-nya, Rabu (23/11/2022). (nin/pojoksatu)