Ivan Gunawan Puji Aksi Fans Jepang Bersih-bersih Stadion di Piala Dunia 2022, Berharap Berlaku di Sini

Fans Jepang bersih-bersih di stadion Piala Dunia Qatar
Ivan Gunawan. Foto : Instagram/@ivangunawan.

POJOKSATU.id, DESAINER dan presenter Ivan Gunawan memuji aksi fans Jepang yang membersihkan sampah di stadion usai tim Matahari Terbit itu berhasil mengalahkan Jerman pada laga Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022).


Ivan Gunawan mengunggah beberapa potret fans timnas Jepang yang viral karena aksi bersih-bersih venue Piala Dunia Qatar tersebut di laman Instagram-nya, Kamis (24/11/2022).

“Suka banget melihat foto ini,” tulisnya pada caption postingannya.

Igun-sapaan Ivan Gunawan menyebutkan alangkah indahnya jika aksi itu bisa ditiru penonton di Indonesia. Dia tak hanya bicara soal sepak bola, melainkan berbagai event dimana penontonnya harus cinta kebersihan.


“Kalau kita semua sadar akan kebersihan pasti event-event berjalan lancar. Memang menjaga kebarsihan enggak harus EO-nya terus. Kasihan kan sudah running event,” jelasnya.

BACA JUGA : Pamer Wajah Kekasihnya tanpa Sebut Nama dan Akun IG, Wika Salim : Ngeri, Soalnya Banyak Pelakor

Dia berharap penonton di sini, Indonesia memiliki rasa keperduliaan yang sama soal menjaga kebersihan.

“Semua yang merasa makan & minum musti bantu take care. Mari kita jaga kebersihan agar enggak kena denda,” ajaknya.

Seperti diketahui, fans atau suporter timnas Jepang viral karena tertangkap kamera tetap berasa di Stadion Internasional Khalifa usai Jepang mengalahakn Jerman. Mereka membawa plastik besar dan memungut sampah yang tertinggal di tribun penonton.

Pemandangan itu makin terasa saat para supoter mengenakan baju tim negeranya, sehingga mudah dikenali. Mereka menyusuri bangku penonton dan membersihkan segala bentuk sampah.

Pun demikian aksi bersih-bersih yang dilakukan suporter atau fans timnas Jepang bukan baru kali ini saja terlihat. Mereka juga membantu membersihkan usai laga Qatar vs Ekuador di Stadion Al Bayt, Al Khor yang digelar usai upacara pembukaan Piala Dunia 2022, Minggu (20/11/2022). (nin/pojoksatu)